Article

Homepage Article Fashion Design 5 Cara Mudah Merawat Vest…

5 Cara Mudah Merawat Vest Rajut Supaya Tidak Mudah Rusak

Punya sejumlah koleksi vest rajut kekinian dalam almari pakaian anda?. Untuk memastikan agar vest rajut yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, pastikan anda selalu rutin untuk merawat outer rajut tersebut dengan cara yang baik dan benar ya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Vest Rajut

Vest rajut dapat dikategorikan ke dalam salah satu produk pelengkap fashion yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni benang rajut. Dalam hal ini jenis benang rajut yang dipakai untuk membuat vest bisa berupa benang rajut katun, benang wool dan benang rajut rayon.

  • Karakteristik bahannya yang tebal dan hangat menjadikan outer rajut yang didesain dalam bentuk vest sangat cocok bila dikenakan didaerah yang dingin.
  • Selain dijadikan sebagai pakaian hangat, vest rajut juga dapat kenakan sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari karena dapat menyerap keringat.

Vest Rajut

Sumber : https://shopee.co.id/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion modern, outer rajut yang didesain dalam bentuk sendiri pada prinsipnya bisa dipakai untuk berbagai macam gaya penampilan. Tidak hanya terbatas untuk hangout saja tapi vest rajut bisa juga diandalkan sebagai outfit ke kantor.

Vest Rajut

Sumber : https://shopee.co.id/

Buat anda yang mau mencoba memakai vest rajut, simak kembali pembahasan mengenai Tips Padupadan Vest Rajut Untuk Berbagai Gaya.

Dengan karekateristik bahannya yang unik dan berbeda dengan bahan pakaian pada umumnya, vest rajut memang dapat dipilih sebagai pakaian tambahan yang praktis karena didesain tanpa adanya lengan dan juga kerah. Tapi ingat kalau anda ingin memiliki vest yang tahan lama perhatikan juga cara perawatannya.

Tips Merawat Vest Rajut

Berbicara mengenai vest rajut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawatnya agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya?. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan mungkin anda bisa menerapkan beberapa tips merawat outer rajut berikut ini.

1. Mencuci Vest Rajut

Biasakan untuk membersihkan vest rajut sesegera mungkin jika terkena noda, jika dibiarkan terlalu lama yang ada noda pada vest rajut akan semakin meresap ke dalam serat kain dan sulit dihilangkan.

  • Mencuci vest rajut dengan tangan tetap menjadi pilihan terbaik yang bisa anca coba kecuali untuk vest rajut berlabel “dry clean only”.
  • Supaya hasilnya lebih maksimal gunakan hanya setengah dari jumlah detergen yang biasa anda gunakan, kemudian secara bertahap tingkatkan jumlahnya jika vest masih tidak bersih.
  • Untuk membersihkan noda yang membandel anda bisa merendam dulu pakaian selama beberapa saat kemudian kucek bagian yang bernoda hingga benar-benar bersih.

Sebisa mungkin hindari penggunaan sikat untuk membersihkan noda membandel yang menempel pada pakaian anda supaya serat benangnya tetap terjaga dengan baik.

  • Menyikat dan mencuci vest rajut dengan cara yang salah dapat merubah bentuk dan tekstur baju.
  • Selain itu penggunaan sikat pada vest rajut juga bisa menyebabkan timbuknya bulu yang merusak tampilan vest.

Selesai melakukan pencucian, usahakan untuk tidak memeras vest rajut terlalu kuat karena hal semacam ini hanya akan membuat vest menjadi longgar dan serat-serat kainnya menjadi kasar.

  • Setelah air diperas, letakkan vest rajut diatas handuk berwarna putih untuk mencegah vest menjadi luntur.
  • Gulung handuk dan vest rajut secara perlahan sambil ditekan-tekan untuk menghilangkan air yang tersisa.

Jika terpaksa anda mau mencuci vest rajut dengan mesin, sebaiknya gunakan washing bag agar vest rajut tidak mengalami kontak langsung yang kuat dengan mesin cuci.

2. Menjemur Vest Rajut

Untuk mengeringkan vest rajut anda bisa mengangin-anginkan vet rajut ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab panas yang dipancarkan dari matahari tersebut dikhawatirkan akan membuat benang rajut atau bahan rajut berkerut.

  • Hindari menjemur vest rajut di bawah sinar matahari secara langsung untuk mencegah penyusutan dan penggumpalan pada outer rajut.
  • Untuk mempercepat proses pengeringan anda bisa menjemur vest rajut dengan menempatkan kipas angin di dekatnya.

Hindari pula kebiasaan menggantung vest rajut yang masih basah. Sebab cara seperti ini dapat merusak bentuk pakaian rajut anda dan membuat ukuran bahu menjadi turun. Menggantung vest rajut yang masih basah juga akan melonggarkan tenunan pada vest.

Vest Rajut

Sumber : https://www.walmart.com/

3. Menyimpan Vest Rajut

Setelah dikeringkan, sebaiknya segera simpan vest rajut anda di tempat yang bersih, jauh dari debu dan terhindar dari lembab karena bahan dasar pembuatan vest rajut umumnya terkenal cukup kuat dalam menyerap kelembaban.

Simpan vest rajut dalam keadaan benar-benar kering 100% agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

  • Jika vest masih setengah kering yang ada bahannya akan jadi mudah bau dan berjamur.
  • Selain itu kebiasaan melipat vest rajut dalam kondisi setengah basah juga akan meninggalkan bekas yang merusak keseluruhan tampilan vest.

Vest Rajut

Sumber : https://blueskyfibers.com/

4. Merapikan Vest Rajut

Untuk meraoikan vest rajut yang seratnya sudah mulai berantakan, gunakan pisau cukur untuk membuatnya kembali rapih seperti baru. Caranya "cukur" serat kain yang menempel pada vest hingga membentuk gumpalan di permukaan kain kemudian angkat gumpalan tersebut dengan hati-hati.

  • Siapkan pisau cukur dan letakkan di ujung atas vest rajut.
  • Tarik pisau cukur ke bawah dengan lembut kemudian angkat dan lepaskan serat yang terbawa.
  • Gunakan pisau cukur untuk membersihkan bagian lainnya dengan menariknya ke bawah dan berhentilah setiap beberapa saat untuk membuang serat yang terbawa.

Vest Rajut

Sumber : https://loveyarnshop.com/

5. Memperbaiki Vest Rajut

Bila ada benang rajut pada vest yang terlepas jangan ditarik atau digunting karena cara semacam ini hanya akan membuat benang rajut yang lepas menjadi semakin panjang. Sebagai gantinya selipkan saja benang rajut tersebut mengikuti jelujur sebelumnya menggunakan jarum jahit.

Vest Rajut

Sumber : https://www.thespruce.com/

Cara serupa juga bisa anda lakukan untuk memperbaiki benang yang lepas pada outer rajut yang lainnya, seperti cardigan dan sweater.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai bebrapa tips sederhana untuk merawat vest rajut dan outer rajut lainnya yang bisa anda coba sendiri si rumah. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk merawat vest rajut agar tampilannya senantiasa bagus dan tampak seperti baru lagi.

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai pelengkap gaya penampilan jangan lupa untuk selalu merawat outer rajut dengan cara yang tepat. Sebab ketahanan sebuah pakaian tidak hanya ditentukan oleh kualitas bahannya tapi juga cara perawatan yang diterapkan pada pakaian itu sendiri.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.