Article

Homepage Article Desain Fesyen Maksimalkan Gaya Busana…

Maksimalkan Gaya Busana Anda Dengan Vest

Siapa yang tidak mengenal vest atau waistcoat. Sebagian dari anda pasti sudah sangat familiar dengan item fashion yang satu ini. Meski pada awalnya hanya digunakan sebagai pelengkap setelan jas dan celana (suits) namun saat ini vest telah banyak digunakan secara unisex untuk semua kalangan baik pria maupun wanita.

Vest

Sumber : https://www.pinterest.com/

Jika ditelusuri lebih jauh lagi vest dahulunya dibuat berlengan dan panjangnya selutut. Pada perkembangannya vest tersebut kemudian mulai diubah ke dalam bentuk yang lebih pendek (sebatas pinggang) dan bagian lengannya dimodifikasi menjadi sleeveless.

Vest

Sumber : http://www.ebay.com/

Berdasarkan bentuk, struktur dan penggunaannya vest yang kita kenal hingga saat ini sebenarnya dapat dikelompokkan ke dalam dua macam varian yaitu vest untuk keperluan formal dan vest untuk keperluan non formal. Lantas apa yang membedakan kedua jenis vest tersebut?. Cari tahu jawabannya yuk. 

Vest

Sumber : http://hespokestyle.com/

Secara keseluruhan vest yang termasuk ke dalam kategori formal umumnya mempunyai ciri-ciri khas sebagai berikut.

  1. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan mahal.
  2. Memiliki saku dalam yang bentuknya sama persis seperti kantung jas. Beberapa dilengkapi dengan tutup atau kelepak tetapi ada juga yang tidak.
  3. Pemilihan wana vest biasanya disesuaikan dengan warna setelannya.

Vest

Sumber : http://www.gievesandhawkes.com/

Revere waistcoat, shawl collar waistcoat, assymetric waistcoat, dan noched lapel waistcoat termasuk kedalam jenis vest formal yang dapat dikenakan langsung tanpa jas. Sedangkan backless waistcoat yang didesain tanpa kerah dan terbuka pada bagian punggungnya lebih sesuai jika digunakan dengan setelan jas.

Vest

Sumber : https://www.askandyaboutclothes.com/

Tidak seperti vest yang memang sengaja didesain untuk keperluan formal, vest yang termasuk ke dalam kategori non formal umumnya lebih banyak dibuat dari berbagai jenis bahan pilihan yang bervariasi bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaian.

Vest

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Untuk keperluan memancing misalnya sahabat Fitinline bisa mengenakan fishing waistcoat atau down waistcoat yang dilengkapi dengan banyak kantung. Kalau untuk sekedar pelengkap gaya berbusana anda bisa mengenakan no collar waistcoat yang berpotongan paling simple.

Vest

Sumber : https://id.pinterest.com/

Terlepas dari berbagai fakta di atas, dalam memilih vest ada baiknya jika anda juga selalu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

  1. Pilihlah vest yang simple baik dari segi warna, bahan, motif, corak serta modelnya.
  2. Sesuaikan vest dengan kemeja, celana, rok atau apapun yang dikenakan, jangan sampai terkesan salah kostum.
  3. Utamakan kenyamanan dalam memilih vest supaya tidak mengganggu ruang gerak anda.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain yang berkualitas untuk membuat jas atau blazer?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Bahan Kain

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.