Article

Homepage Article Fashion Design Memilih Hakpen Yang Sesuai…

Memilih Hakpen Yang Sesuai Dengan Benang Rajut

Seperti kita ketahui hook, hakken, atau hakpen merupakan salah satu peralatan paling penting yang dibutuhkan dalam kegiatan merajut. Hampir setiap benang rajut yang digunakan untuk membuat berbagai macam produk fashion design memiliki label yang menjelaskan pada ukuran hakpen berapa yang sebaiknya digunakan. Ukuran hakpen tersebut biasanya dinyatakan dalam satuan milimeter atau bilangan pecahan dalam satuan inci. 

Jarum Rajut

Sumber : http://funincrochet.blogspot.co.id/

Semakin tebal hakpen atau hakken yang digunakan maka semakin tebal pula ukuran benang yang diperlukan. Oleh sebab itulah penggunaan hakpen tersebut sebaiknya disesuaikan dengan ukuran benang. Penggunaan hakpen yang terlalu kecil akan membuat hasil rajutannya menjadi terlalu rapat dan kaku. Begitu juga sebaliknya apabila hakpen terlalu besar maka hasil rajutannya akan terlihat besar dan longgar.

Jarum Rajut

Sumber : https://flobie.wordpress.com/

Berikut beberapa panduan sederhana yang dapat anda terapkan dalam memilih bahan dan ukuran hakpen yang disarankan dalam kegiatan merajut.

  • Gunakan hakken dengan nomor 1/0 untuk merajut benang katun ukuran 5.
  • Gunakan hakken dengan nomor 2/0 - 3/0 untuk merajut benang katun nomor 10, benang rayon, benang wol 2 ply, benang wol lokal.
  • Gunakan hakken dengan nomor 4/0 - 5/0 untuk merajut benang katun nomor 10 - 30, benang wol 4 ply, benang softly cotton 4 ply.
  • Gunakan hakken dengan nomor 5/0 - 6/0 untuk merajut benang softly cotton 5 - 6 ply, benang katun nomor 30.
  • Gunakan hakken dengan nomor 6/0 - 7/0 untuk merajut benang softly cotton 8 ply.
  • Gunakan hakken dengan nomor 7/0 - 8/0 untuk merajut benang wol katun tebal (soft worsted yarn, benag bulky 10-12 ply).

Jarum Rajut

Sumber : https://www.youtube.com/

Meskipun tidak ada aturan pasti yang dapat dijadikan acuan dalam memegang sebatang hakpen atau hakken, namun setidaknya anda bisa mencoba menggunakan hakpen dengan posisi over-the hook atau posisi under the hook. Memegang hakpen dengan cara yang kurang tepat dapat mengakibatkan tangan anda mengalami kram.

Jarum Rajut

Sumber : http://belajarcaramerajut.com/

Posisi Over-The Hook

Pegang hakpen sehingga gagangnya berada dalam genggaman telapak tangan anda, seperti halnya cara memegang pensil. Posisikan ibu jari di atas hakpen dan biarkan jari telunjuk serta jari tangan anda yang tersisa untuk menggenggamnya.

Jarum Rajut

Sumber : http://funincrochet.blogspot.co.id/

Posisi Under The Hook

Pegang hakpen layaknya spatula/kape (alat untuk mendempul) atau pisau. Posisikan ibu jari di bawah hakpen dan tempatkan jari telunjuk serta jari lain yang tersisa seperti contoh berikut ini. 

Jarum Rajut

Sumber : http://funincrochet.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.