Article

Homepage Article Fashion Design 4 Model Kerah Baju Pada…

4 Model Kerah Baju Pada Jersey Olahraga

Kerah baju merupakan salah satu elemen yang memiliki fungsi cukup penting untuk menambah rasa nyaman dan memperindah tampilan jersey olahraga. Selain pilihan bahannya cukup bervariasi, bentuk dan model kerah baju yang dapat diaplikasikan pada jersey olahraga ternyata juga sangat beragam lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jersey Olahraga

Jersey olahraga merupakan sejenis pakaian berkualitas tinggi yang nyaman dipakai untuk berolahraga. Untuk menunjang aktifitas olahraga, baju jersey inipun umumnya dapat dijumpai dalam berbagai model yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan jenis aktivitas olahraga.

Model Kerah Baju Jersey Olahraga

Dari beberapa model baju tersebut tidak jarang ada juga jersey olahraga yang bentuk leher atau kerahnya dibuat berbeda sehingga terlihat lebih menarik. Beberapa model kerah baju yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kerah O-Neck

Kaos dengan lubang leher O-neck termasuk ke dalam jenis kaos yang paling standar. Sesuai dengan namanya, bentuk lubang leher atau kerah yang diaplikasikan pada kaos ini sebenarnya memiliki bentuk yang sangat simple menyerupai huruf “O”.

  • Kerah O-neck merupakan model kerah baju yang paling sering dipilih pada hampir setiap jersey.
  • Selain simple kerah dengan bentuk ini juga menunjukan kesan santai dan rapi.
  • Jersey olahraga yang menggunakan baju jersey model O-neck atau round neck biasanya berupa jersey futsal, sepak bola dan voli.

Untuk pilihan modelnya kerah O-neck sendiri dapat dibedakan lagi ke dalam dua kategori, yakni O-neck standar dan O-neck kombinasi.

  • Kerah O-Neck Standar

O-neck standar merupakan model kerah baju yang paling sering dipakai pada industri konveksi kaos.

Model Kerah Baju

Sumber : https://www.zxmall.pw/

  • Kerah O-Neck Kombinasi

O-neck kombinasi merupakan model kerah baju yang berbentuk huruf O, namun diberi tambahan variasi di bagian tengah depan, misalnya saja variasi resleting ataupun rib yang berlainan warna.

Model Kerah Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

Adapun bahan kain yang digunakan untuk membuat kerah O-neck ini bisa mengguankan rib karet bisa juga menggunakan bahan yang sama dengan baju jersey.

  • Rib sendiri merupakan semacam kain rajut yang dibentuk oleh dua bagian jarum dari bak jarum (two needle bed) pada saat yang bersamaan.
  • Semakin rapat jeratan yang terbentuk maka semakin elastis rib yang didapatkan.

Untuk mengetahui cara mudah memasang rib, simak kembali pembahasan mengenai cara Memasang Rib Pada Garis Leher T-Shirt.

2. Kerah V-Neck

Model kerah baju selanjutnya yakni berupa kerah V-neck yang memiliki bentuk “V” pada bagian lehernya. Bentuk “V” pada kaos ini sebenarnya didapat dari dua garis ribs yang bertemu di sekitar dada atas.

Untuk aplikasinya pada jersey olahraga, kerah V-neck ini biasanya banyak digunakan pada jersey basket, jersey sepeda dan jersey tenis.

Sama halnya dengan kerah O-neck kerah V-neck inipun dapat dibedakan lagi ke dalam dua kategori utama, yakni berupa kerah V-neck standar dan kerah v-neck kombinasi.

  • Kerah V-Neck Standar

Kerah V-neck standar merupakan model kerah yang biasa dibuat dalam bentuk V tanpa tambahan apapun. Hanya saja sudut pertemuan kedua ujung ribs bisa dibuat bervariasi tergantung selera produsen maupun permintaan pasar.

Beberapa variasi yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kerah V-neck standar dengan ujung lancip di bagian leher depan (sisi kiri dan sisi kanan kerah menyatu di bagian tengah ujung rib).

Model Kerah Baju

Sumber : https://yellowauthor.com/

  • Kerah V-neck standar dengan jahitan menyamping. Bagian rib kanan lurus menimpa rib bagian kiri dan dijahit di ujung bagian bawah.

Model Kerah Baju

Sumber : https://yellowauthor.com/

  • Kerah V-Neck standar dengan jahitan  lurus di bagian bawah.

Model Kerah Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kerah V-Neck Kombinasi

Berikutnya ada kerah V kombinasi yang hampir mirip dengan kerah V standar hanya saja pada bagian tengahnya diberi variasi sambungan yang memisahkan rib kiri dan rib kanan.

  • Kerah V kombinasi dapat dibuat dari bahan yang sama dengan bahan jersey ataupun rib karet.
  • Kerah V kombinasi biasanya banyak diciptakan dalam dua warna yang berbeda sehingga tampilannya terkesan lebih menarik.

Model Kerah Baju

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Bentuk lain dari kerah V-neck kombinasi yakni berupa kerah V standar yang diberi tambahan kerah polo shirt dari bahan rajutan.

Model Kerah Baju

Sumber : https://www.ebay.com/

3. Kerah Polo Shirt

Kerah polo shirt merupakan sejenis kerah baju jersey yang umum di pakai untuk olahraga badminton, tennis dan polo. Meskipun di pakai untuk aktifitas olahraga, jersey yang dilengkapi dengan kerah ini akan menampilkan kesan rapi dan sporty saat dilapangan.

Model Kerah Baju

Sumber : https://www.indiamart.com/

Tidak jauh beda dengan kerah jersey yang lainnya kerah polo shirt secara keseluruhan banyak dibuat dari bahan rajutan maupun bahan yang sama dengan bahan kaos. Sementara untuk warnanya biasanya senada dengan bahan utama kaos.

4. Kerah Shanghai

Kerah shanghai merupakan model kerah baju yang polos dan memiliki bentuk tegak sejajar tepat pada bagian leher. Jenis kerah ini secara umum juga memiliki ciri sangat khas yakni berbentuk bulat dan tidak dapat diturunkan.

Model Kerah Baju

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Pada jersey olahraga, kerah shanghai sendiri biasanya dikombinasikan dengan placket dan beberapa buah kancing seperti yang ada pada polo shirt. Pemilihan warna kerah dan placket untuk lubang kancing bisa disesuaikan dengan bahan utama kaos.

Untuk keperluan olahraga, baju jersey yang dilengkapi dengan kerah shanghai kebanyakan berupa jersey bola dan jersey futsal. Meski demikian tidak menutup kemungkinan jika perkembangannya banyak juga jersey lain yang mengadopsi kerah ini.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah model kerah baju yang banyak dipakai pada jersey olahraga. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan kalau selain memiliki model yang beragam, bentuk kerah yang dapat diaplikasikan pada jersey ternyata juga berbeda-beda.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jersey olahraga?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

Kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang model kerah yang dapat diaplikasikan pada jenis baju yang lainnya simak juga pembahasan tentang 20 Macam Variasi Kerah Yang Sesuai Untuk Berbagai Jenis Pakaian.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.