Article

Homepage Article Fashion Design Arti Unisex dan 5 Model…

Arti Unisex dan 5 Model Baju Yang Termasuk di Dalamnya

Merasa cukup familiar dengan istilah unisex atau justru ini kali pertama bagi anda menjumpai kata tersebut. Buat anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang arti unisex dan contoh produk yang banyak menerapkan konsep tersebut langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Arti Unisex

Unisex dalam konteks fashion biasa digunakan untuk menyebut sebuah baju yang dibuat tanpa memandang gender dari pemakainya. Secara tersirat arti unisex ini juga memberi tanda bahwa fashion dapat menjadi salah satu gerbang untuk mewujudkan kesetaraan.

Istilah unisex sendiri konon pertama kali digunakan pada tahun 1968 di sebuah majalah Amerika bernama “Life” yang terbit setiap minggu dari tahun 1883 hingga 1972. Seiring berjalannya waktu konsep tersebut lantas diadopsi oleh berbagai brand besar seperti Zara dan Gucci.

Beberapa ciri khas yang membedakan fashion item unisex dengan produk lain diantaranya:

  • Konsep unisex mencerminkan sebuah produk yang tidak mementingkan gender pemakainya.
  • Produk unisex bisa digunakan oleh siapapun baik itu pria maupun wanita.
  • Konsep unisex dapat diterapkan pada berbagai macam produk fashion.

Fashion Item Bertema Unisex

Untuk pilihan modelnya berikut beberapa contoh produk fashion yang banyak mengadaptasi konsep unisex tersebut.

1. Kaos Oblong

Kaos oblong merupakan baju unisex yang paling versatile yang sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai jenis fashion item lain untuk pelengkap gaya casual. Secara konvensional, kaos oblong untuk pria dan wanita sendiri memiliki model dan potongan yang berbeda.

  • Kaos oblong untuk pria biasanya agak longgar dan berpotongan lurus dari dada ke pinggang.
  • Sedangkan kaos oblong untuk wanita cenderung memiliki lekukan di bagian pinggang.

Arti Unisex

Sumber : https://www.graphixking.com/

2. Kaos Polo

Fashion item berikutnya yang juga termasuk ke dalam jenis baju unisex yakni berupa kaos polo yang dapat digunakan dalam berbagai kesempatan formal maupun casual. Ciri paling khas yang membedakan kaos polo dengan model kaos yang lain diantaranya:

  • Kaos polo biasa dibuat dengan tambahan kerah di bagian leher.
  • Kaos polo memiliki placket yang terletak di bagian depan.
  • Kaos polo biasa dilengkapi dengan 2 hingga 3 buah kancing di bagian depan.
  • Kaos polo banyak dibuat dengan tambahan kantong di sebelah kiri dan hiasan bordir.

Arti Unisex

Sumber : https://m.made-in-china.com/

Untuk ukuran panjangnya kaos polo yang diciptakan sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita pun dapat dijumpai dalam berbagai potongan yang berbeda, ada yang lengannya dibuat pendek ada juga yang panjang.

Download Pola Kaos Polo Dewasa dari kami jika anda ingin mencoba untuk membuat kaos polo sendiri dengan pola yang sudah jadi.

3. Sweater

Sweater merupakan sejenis baju berlengan panjang yang dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Untuk pilihan modelnya baju unisex yang satu ini secara umum dapat dijumpai dalam berbagai model dan potongan yang berbeda-beda.

Arti Unisex

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Berdasakan bentuk kerahnya sweater yang didesain untuk pria dan wanita secara keseluruhan dapat dibedakan dalam tiga kategori utama.

  • Pertama yakni berupa sweater O-neck yang memiliki lubang leher bulat sehingga tampilannya terkesan sangat simple.
  • Kedua yakni berupa sweater V-neck yang memiliki lubang leher berbentuk huruf V dengan sudut siku di dada atas tengah.
  • Ketiga yakni berupa sweater turtleneck yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan.

4. Jaket

Jaket merupakan sejenis outer yang dapat dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Untuk pilihan modelnya, jaket yang termasuk ke dalam kategori baju unisex antara lain berupa:

  • Jaket bomber yang memiliki ciri khas menggembung atau bulky dan dilengkapi saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.

Arti Unisex

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Jaket parka yang biasa dibuat dalam ukuran lumayan panjang hingga bagian lutut. Beberapa ada yang dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan manset, serta hoodie untuk menutup kepala.

Arti Unisex

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Jaket puffer yang memiliki ciri khas berupa lapisan empuk yang dan bergelombang pada tiap jahitan jadi tampilannya terkesan lebih bervolume.

Arti Unisex

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Jaket varsity dengan kancing di bagian depan dan memiliki dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan. Jaket ini dilengkapi pula dengan bur yang berwarna sama pada bagian leher, ujung lengan dan bagian bawahnya.

Arti Unisex

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Jaket sukajan yang memiliki ciri khas berupa motif bordir ditambah warna-warna kontras yang mencolok.

Arti Unisex

Sumber : https://japantoday.com/

  • Jaket trucker model klasik yang mempunyai ciri khas berupa saku di bagian sisi kiri dan kanannya. Jaket ini biasa dibuat dari Kain Denim, corduroy dan material lain yang sejenis.

Arti Unisex

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

Download Pola Jaket Bomber, Pola Jaket Parka, Pola Jaket Puffer, Pola Jaket Varsity dan Pola Jaket Denim dari kami jika anda ingin mencoba untuk membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Kalau mau tahu lebih detail lagi pembahasan mengenai jenis dan model jaket, anda juga bisa mendownload e-book Jenis dan Model Jaket Untuk Pria dan Wanita yang kami miliki.

5. Hoodie Jumper

Tak kalah menarik dari model baju sebelumnya, hoodie jumper yang dilengkapi dengan tudung bertali juga termasuk ke dalam jenis baju unisex yang dapat dikenakan oleh pria dan wanita. Untuk pilihan bahannya hoodie ini kebanyakan dibuat dari Kain Baby Terry dan Kain Fleece.

Arti Unisex

Sumber : https://shopee.co.id/

Downlod pola hoodie jumper dari kami jika anda ingin mencoba untuk membuat jumper sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai arti dari istilah unisex dan contoh produk fashion yang banyak menerapkan konsep tersebut. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah pemahaman anda tentang arti unisex dan berbagai model baju yang termasuk di dalamnya.

Selain diaplikasikan pada berbagai model baju, konsep unisex sebenarnya juga dapat diterapkan pada berbagai produk pelengkap fashion lainnya seperti sepatu, sandal, tas dan topi.

  • Sepatu, sandal, tas dan topi unisex umumnya memiliki gaya yang lebih kasual.
  • Desain yang digunakan juga lebih sederhana dengan sentuhan corak yang netral.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.