Article

Homepage Article Fashion Design 4 Langkah Mudah Memperbaiki…

4 Langkah Mudah Memperbaiki Jaket Kanvas Dengan Re-Waxing

Jaket kanvas kesayangan anda tampilannya berubah jadi tampak belel lantaran sering dipakai atau karena umurnya memang sudah tua?. Untuk memperbaiki tampilannya supaya tampak seperti baru lagi berikut kami bagikan beberapa langkah sederhana yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Kanvas

Jaket kanvas merupakan sejenis jaket yang terbuat dari bahan kain kanvas yang berserat tebal dan kuat. Sebagai bahan pembuatan jaket, kain kanvas sendiri umumnya dapat dijumpai dalam berbagai jenis dan varian yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan pemakainya.

  • Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jaket kanvas ini yaitu bahannya terkenal kokoh, kuat dan tahan lama.
  • Kekuatan bahan jaket kanvas telah teruji tahan pada semua medan serta kondisi cuaca sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket.

Jaket Kanvas

Sumber : https://bro.do/

Sebagai salah satu jenis bahan yang populer untuk pembuatan jaket, kain kanvas sendiri umumnya terdiri atas beberapa macam jenis dengan serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Khusus untuk pembuatan jaket kain yang biasa dipakai antara lain berupa:

  • Kain canvas marsoto yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Kain ini juga memiliki ciri khas lain yakni bertekstur bintik-bintik pada bagian permukaannya menyerupai tekstur kain cordura.
  • Kain canvas ripstop yang kuat, ringan dan secara garis besar mempunyai serat unik berbentuk “kotak-kotak” yang tidak dimiliki oleh jenis canvas lainnya.
  • Kain canvas sueding  yang paling khas dari semua jenis canvas karena memiliki lapisan tipis yang agak berbulu. Hal ini membuat benang atau material ringan lainnya mudah menempel pada permukaan kain.
  • Kain baby canvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang. Kain ini teksturnya juga cenderung lebih lembut, lebih halus dan tidak memiliki sifat yang kaku.

Jaket Kanvas

Sumber : https://www.blibli.com/

Sayangnya meski bahan jaket kanvas terkenal sangat kuat dan tahan lama, tetapi tampilan jaket bisa saja berubah menjadi belel lantaran dimakan waktu atau justru sering dipakai. Salah satu indikasi bahwa jaket kanvas tampak belel yakni adanya perbedaan warna di permukaan jaket.

Cara Memperbaiki Jaket Kanvas

Jika sudah terlanjur belel lantas bagaimana ya cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menyulap tampilan jaket kanvas tersebut supaya tampak seperti baru lagi?. Buat anda yang mau mencobanya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Siapkan dan Bersihkan Jaket

Pertama siapkan dan bersihkan jaket kanvas tanpa menggunakan sabun atau detergen, serta tidak memakai mesin cuci untuk membersihkan jaket kanvas. Sebagai gantinya cukup rendam jaket dalam air dingin atau semprot seluruh bagian jaket lalu jemur hingga kering.

2. Lelehkan Beeswax

Masukkan beeswax ke dalam kaleng bekas kemudian panaskan di atas kompor hingga meleleh. Setelah beeswax meleleh angkat kaleng dari atas kompor sambil diaduk menggunakan batang kayu yang telah dipersiapkan.

Jaket Kanvas

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Beeswax sendiri merupakan material yang biasa digunakan untuk Membuat Bahan Kain Menjadi Waterproof. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke awal 1800-an, ketika kapal clipper dan kapal dagang melintasi lautan, menggunakan layar yang biasanya diproduksi di Skotlandia.

3. Oleskan Beeswax Secara Menyeluruh

Ambil jaket berbahan kain kanvas yang sudah kering kemudian letakkan jaket tersebut di atas meja. Berikutnya aplikasikan beeswax yang sudah dilelehkan pada permukaan jaket.

  • Salah satu indikasi bahwa jaket kanvas perlu di-wax ulang yakni adanya perbedaan warna di permukaannya.
  • Bagian jaket yang lapisan lilinnya telah aus biasanya akan terlihat lebih terang dibanding bagian jaket yang lapisan lilinnya masih cukup bagus.

Untuk mengaplikasikan beeswax sendiri, banyak orang menyarankan untuk melelehkan beeswax kemudian menggunakan kuas cat untuk meoleskannya ke permukaan jaket. Padahal metode ini sebenarnya kurang tepat.

Bila anda ingin mengaplikasikan beeswax lebih baik gunakan tangan kosong, tapi pastikan suhu beeswax aman untuk disentuh.

Suhu alami tubuh akan membantu menjaga konsistensi cairan beeswax sehingga dapat diaplikasikan dan meresap lebih sempurna.
Mengaplikasikan beeswax menggunakan tangan akan menghasilkan lapisan yang lebih merata dan halus.

Jaket Kanvas

Sumber : https://www.pinterest.es/

4. Panaskan Dengan Hair Dryer

Langkah selanjutnya panaskan beeswax yang telah diaplikasikan pada jaket supaya lapisan Beeswax dapat menyatu dengan kain secara sempurna. Namun pemanasan beeswax yang telah diaplikasikan pada jaket ini sebenarnya bersifat opsional.

Jaket Kanvas

Sumber : https://www.gearpatrol.com/

Jaket kanvas yang tidak dipanaskan setelah diberi beeswax biasanya akan berwarna lebih terang dan tampak sedikit berkapur setelah lilin kering. Tapi setelah beberapa kali penggunaan, lapisan kapur tadi akan luntur dan jaket kanvas akan terasa lebih ringan atau tipis.

Sementara jaket kanvas yang telah dilapisi beeswax dan dipanaskan akan tampak lebih gelap dan berkilau seperti jaket kulit.

  • Untuk memanaskan jaket kanvas yang telah dilapisi beeswax gunakan hair dryer.
  • Pastikan seluruh bagian telah terpanaskan secara merata agar hasilnya tampak sempurna.

5. Keringkan dan Bersihkan

Setelah proses re-waxing selesai dilakukan selanjutnya gantung jaket kanvas hingga kering selama semalam. Keesokan harinya anda sudah bisa mencoba jaket yang ada perbaharui tapi biasanya jaket akan terasa sedikit berminyak.

  • Efek berminyak yang ditimbulkan setelah jaket kanvas diberi beeswax sebenarnya merupakan hal normal karena beeswax sendiri mewarisi karakteristik lapisan lilin.
  • Efek berminyak mengindikasikan bahwa lapisan beeswax telah menyatu sempurna dengan kanvas dan berarti langkah waxing telah dilakukan dengan benar.

Bila anda merasa kurang nyaman dengan kondisi jaket yang sedikit berminyak, anda dapat menyekanya dengan kain kering. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena lapisan minyak tersebut tidak bersifat permanen dan perlahan akan menghilang setelah beberapa kali pemakaian.

Bila lapisan minyaknya sudah menghilang jaket kanvas yang anda miliki akan kembali seperti baru.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai 4 langkah mudah menyulap jaket kanvas yang sudah belel supaya tampak seperti baru lagi. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memperbaiki tampilan jaket kanvas sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya yang berlebihan.

Kalau sahabat Fitinline ingin mencari kain kanvas untuk membuat jaket, sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan Kain Kanvas yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.