Article

Homepage Article Cara Menjahit Keunggulan dan Kekurangan…

Keunggulan dan Kekurangan Mesin Laser Cutting Yang Digunakan di Industri Garmen

Semakin berkembangnya zaman, maka dituntut juga Industri Garmen untuk bisa mengikuti trend zaman dan mengharuskan untuk bisa menunjukkan kualitas yang lebih baik dengan bisa menerima order dan memproduksi berbagai model busana yang memiliki design yang rumit, design yang berbeda. Tentunya hal ini juga tidak lepas dari hal yang bisa memberikan support/menunjang kualitas saat produksi yaitu mesin, baik mesin jahit untuk produksi, mesin potong, ataupun mesin yang lainnya. Dalam bisnis pakaian saat ini industri garmen sudah menggunakan berbagai jenis mesin yang mempunyai teknologi canggih untuk menunjak proses produksi. Salah satunya pada mesin laser cutting ini. Mesin laser ini memiliki teknologi yang canggih untuk proses cutting sehingga akan menunjang produksi untuk lebih cepat dan efisien melakukan proses menjahit.

Beberapa hal yang akan kita bahas pada artikel ini mengenai Mesin Laser Cutting Yang Digunakan Dalam Industri Garmen, diantaranya sebagai  berikut :

Sekilas Kita Akan Membahas Definisi Mesin Laser Cutting Di Industri Garmen

Ya, sebelum membahas definisi mesin laser cutting ini tentu saja kamu juga harus tau mesin ini digunakan untuk mempermudah pada proses cutting di produksi. Sebenarnya teknologi mesin laser cutting ini telah dikembangkan pada industri pakaian sejak abad ke-19. Saat ini perkembangan teknologi pada mesin laser di dunia industri  tekstil dan garmen ini sudah semakin pesat seiring dengan berjalannya waktu. Teknologi yang terdapat pada mesin laser cutting ini sangat canggih  dan telah membuka perspektif dan kesempatan baru bagi berbagai industri dan pelaku bisnis , salah satunya di bidang pakaian. Mesin laser cutting itu sendiri adalah sebuah mesin pemotong yang dapat memancarkan radiasi elektromagnetika.Untuk mesin laser cutting pada dasarnya memiliki 3 fungsi utama, diantaranya untuk memotong (cutting), untuk menggrafir (engraving), dan untuk memberi marka (marking). Mesin laser cutting ini memiliki 2 jenis yaitu mesin laser metal dan non-metal,  namun jenis mesin laser cutting yang biasanya digunakan pada industri garmen ini mesin laser cutting non-metal. Untuk pembahasan lebih detail mengenai mesin laser cutting non-metal yang digunakan pada industri garmen akan kita jelaskan di pembahasan berikutnya.

Jenis Mesin Laser Cutting Yang Digunakan Dalam Industri Garmen

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa jenis mesin laser cutting ini dibagi menjadi dua, yaitu mesin laser cutting metal dan mesin laser cutting non-metal. Namun untuk jenis mesin laser cutting yang biasanya dipakai pada industri garmen adalah mesin laser cutting non-metal. Mesin laser non metal merupakan jenis mesin laser yang digunakan untuk memproses material non metal (bukan logam), karena hanya untuk pemrosesan non metal power dari mesin ini tergolong tidak terlalu besar, dan jika power yang digunakan tinggi maka akan mengakibatkan benda atau material yang diproses akan menimbulkan bekas bakar yang cukup besar. Biasanya mesin ini digunakan untuk memproses material yang tidak terlalu keras seperti kayu, akrilik, dan fabric. Mesin laser non metal biasanya menggunakan jenis mesin laser co2, namun mesin ini tidak mampu memotong meterial yang tebal dikarenakan material yang terlalu tebal akan mengakibatkan material terbakar, jadi saat memotong fabric terdapat SOP untuk tebal kain yang akan dipotong menggunakan mesin laser cutting ini.

Untuk cara kerja mesin laser non-metal dapat digunakan memotong bahan dengan cara memanaskan area yang sangat kecil. Panas ini cukup untuk melelehkan bahan non metal dan meninggalkan bekas yang permanen. Sehingga bisa menghasilkan ukiran yang sangat presisi. Pengontrolan gerakan laser menggunakan komputer juga membuat gerakan laser menjadi lebih presisi. Beberapa keunggulan lain mesin laser adalah dalam hal akurasi, efisiensi dan otomatisasi. Tidak heran, penggunaan mesin laser pada industri tekstil dan garmen sangatlah popular. Selain itu, dibandingkan dengan metode pemotongan yang konvensional, pemotongan dengan mesin laser akan lebih menghemat biaya.

Mesin Laser Cutting Mesin Laser Cutting

Sumber : http://hssmachinery.weebly.com/, https://alphautamamandiri.com/

Keunggulan Menggunakan Mesin Laser Cutting Non-Metal Di Industri Garmen

Penggunaan mesin laser cutting non-metal ini sangat diminati di pasar industri garmen, karena memiliki beberapa keunggulan yang dapat menunjang aktivitas produksi di industri garmen. Dengan menggunakan proses laser cutting memang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan pemotongan material secara manual. Berikut kita jelaskan beberapa keunggulan menggunakan mesin laser cutting non-metal di industri garmen, diantaranya sebagai berikut :

  • Proses lebih cepat

Dengan menggunakan mesin laser cutting proses pemotongan material menjadi lebih mudah dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan proses manual, sehingga dapat mensupport proses produksi lebih cepat untuk proses menjahit.

  • Tingkat presisi tinggi

Karena menggunakan mesin laser cutting, proses pemotongan material bisa lebih presisi dan sesuai. Sangat cocok untuk membuat beberapa part yang kebutuhannya banyak dengan tingkat presisi tinggi.

  • Dapat memproses berbagai jenis material

Menggunakan mesin laser cutting bisa digunakan untuk berbagai material baik metal dan non metal.

  • Memiliki tingkat akurasi dan efisieni yang sangat tinggi

Mesin ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi karena saat melakukan proses cutting untuk hasilnya sudah pasti sesuai SOP dan kualitas yang baik. Mesin ini sudah dilengkapi dengan fasilitas operasional yang sangat canggih dan praktis.

  • Memiliki kualitas sinar laser yang baik
  • Akan lebih menghemat biaya
  • Dapat memotong kain sesuai dengan pola dan bentuk yang diinginkan

Memotong menggunakan mesin laser cutting non-metal ini akan lebih efisien dimana hasil potongan bisa sesuai dengan pola dan bentuk yang diinginkan.

Kekurangan Mesin Laser Cutting Non-Metal Di Industri Garmen

Setelah kita membahas keunggulan yang dimiliki mesin laser cutting non-metal tersebut, pasti ada beberapa kekurangan pada mesin tersebut. Untuk dapat difungsikan secara optimal, maka diperlukan adanya operator yang profesional. Hal ini penting untuk memastikan bahwa operator bisa menggunakan mesin ini dengan aman untuk menghindari potensi kecelakaan kerja. Jadi meskipun mesin ini sudah menggunakan teknologi yang canggih namun kekurangannya masih perlu juga memerlukan operator untuk mengoperasikan mesin tersebut.

Demikian pembahasan singkat kita pada artikel ini mengenai mesin laser cutting yang digunakan dalam industri garmen. Semoga informasi yang kita sampaikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan anda tentang apa itu mesin laser cutting yang digunakan dalam industri garmen sehingga kamu sudah mengetahui lebih detail tentang jenis-jenis kain apa saja jika nanti kamu mempunyai keinginan bekerja di industri garmen ataupun kamu ingin membuka bisnis yang bergerak di bidang pembuatan pakaian.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.