Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Tips Membersihkan Serat…

10 Tips Membersihkan Serat Yang Menempel Pada Pakaian Dengan Peralatan Sederhana

Pakaian kesayangan anda seringkali terlihat kusam lantaran terdapat banyak sisa serat kain yang menempel pada permukaannya padahal sudah berulang kali dicuci?. Meski terkesan sepele serat yang menempel pada pakaian memang dapat mengganggu keseluruhan penampilan bila tidak ditangani dengan baik.

Lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?. Untuk mengobati rasa penasaran anda, berikut kami bagikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan sisa serat pada permukaan pakaian pria maupun pakaian wanita dan mencegahnya supaya tidak balik lagi.

Membersihkan Serat Pakaian

Sumber : http://girlfridayclothing.blogspot.com/

Gunakan Rol Penggulung Serat

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membersihkan sisa serat pada permukaan pakaian pria maupun pakaian wanita yaitu gunakan rol khusus yang memang didesain untuk menggulung serat. Anda bisa menemukan alat ini di rak peralatan cuci pakaian toserba, di toko bahan kain dan toko hewan peliharaan.

Cara mudah membersihkan sisa serat pada pakaian dengan rol penggulung serat yaitu:

  1. Kelupas pembungkus tabung rol penggulung serat dan usapkan ke pakaian anda.
  2. Gerakkan rol penggulung serat dengan arah naik dan turun.
  3. Selama anda menggerakkan rol, anda akan merasa daya rekat alat ini semakin berkurang.
  4. Bila hal ini terjadi, anda hanya perlu mengelupas lapisan perekat yang baru di bawahnya.
  5. Usapkan lagi dan bersihkan pakaian anda hingga tidak ada serat yang tersisa di permukaannya.
  6. Bila lembaran perekat rol habis anda bisa membeli isi ulangnya atau membeli rol penggulung serat yang baru.

Selain itu anda bisa juga membeli rol penggulung serat yang dapat digunakan kembali. Alat ini biasanya dibuat menggunakan bahan serupa gel yang lengket untuk mengangkat serat. Setelah kotor anda hanya perlu membilasnya dengan sabun dan air kemudian membiarkannya hingga kering.

Membersihkan Serat Pakaian

Sumber : https://www.amazon.in/

Buat Rol Penggulung Serat Sendiri

Bila anda termasuk orang yang suka bereksperimen, tidak ada salahnya bila anda membuat rol penggulung serat sendiri dari alat dan bahan sederhana yakni berupa lakban dan sebatang kayu berukuran sedang.

Cara mudah yang bisa anda lakukan untuk membuat rol penggulung serat yaitu:

  1. Mula-mula siapkan gulungan perekat yang lebar dan batang kayu sebagai pegangan rol.
  2. Buka sebagian lakban dan pasangkan ujungnya di salah satu sisi batang kayu.
  3. Pastikan sisi yang lengket menghadap keluar dan lapisan atasnya menghadap ke batang kayu.
  4. Buka gulungan lakban mengelilingi batang kayu dengan hati-hati.
  5. Lilitkan membentuk spiral seperti batang permen, namun pastikan agar saling tumpang tindih setiap kali melilitkannya.
  6. Setelah seluruh bagian batang kayu terlapisi lakban, potong sisanya kemudian gunakan rol yang sudah anda buat untuk membersihkan sisa serat kain. 

Untuk menggunakan rol tersebut anda hanya perlu meletakkan bagian rol yang berperekat ke atas pakaian. Pegang ujungnya dan usapkan ke atas dan ke bawah hingga seluruh serat terangkat.

Lilitkan Perekat Pada Tangan Anda

Bila anda kurang suka menggunakan rol dari batang kayu anda bisa membersihkan serat kain pada pakaian pria maupun pakaian wanita dengan menggunakan lakban yang dililitkan di sekeliling bagian tangan. Cara penggunaannya yaitu:

  1. Potong lakban yang ukurannya sedikit lebih besar dari lebar tangan anda.
  2. Rentangkan tangan kemudian katupkan seluruh jari anda.
  3. Arahkan sisi lakban yang memiliki perekat ke bagian luar lalu balutkan mengelilingi tangan anda dengan melapiskannya saling tumpang tindih.
  4. Tepuk-tepuk lembut bagian pakaian yang berserat dengan jari anda. Bila daya rekatnya berkurang, putar lapisannya hingga sisi yang kotor mengarah ke anda.
  5. Tepuk-tepuk kembali dengan sisi lakban yang masih bersih hingga seluruh sisa serat kain yang menempel pada pakaian benar-benar bersih.

Gunakan Lembaran Lakban

Untuk membersihkan sisa serat kain yang menempel pada pakaian gunakan lembaran lakban yang cukup lebar. Caranya cukup tempelkan beberapa lembar lakban pada bahan kain yang terpapar sisa serat atau debu kain kemudian tarik lakban tersebut secara perlahan.

  1. Siapkan lakban yang cukup lebar dan potong sepanjang beberapa cm.
  2. Tempelkan lakban pada bagian pakaian yang berserat.
  3. Pastikan untuk menempelkan lakban searah dengan jalinan benang kain (biasanya ke atas dan bawah).
  4. Usapkan jari tangan anda untuk meratakan lakban kemudian lepaskan.
  5. Ulangi hingga debu kain yang menempel pada pakaian anda terangkat.

Semakin lebar lakban yang anda gunakan biasanya semakin luas bagian pakaian yang dapat dijangkau. Kalau anda mau mendapatkan hasil yang maksimal coba gunakan lakban dengan lebar sekitar 5 cm.

Membersihkan Serat Pakaian

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Gunakan Sikat Serat

Gunakan sikat serat untuk membersihkan pakaian. Walaupun sepintas tampak sama seperti sikat rambut biasa, sikat serat sendiri sebenarnya tidak mempunyai bulu sikat melainkan terdiri dari bantalan berbulu. Tekstur bantalan yang ada pada sikat serat ini mirip dengan sisi lembut velcro.

Untuk membersihkan serat kain pada permukaan pakaian anda bisa mencoba cara sederhana sebagai berikut:

  1. Usapkan sikat serat dalam satu arah di permukaan pakaian.
  2. Awali dari ujung atas pakaian ke bawah.
  3. Jika ada serat yang tertinggal di ujung bawah pakaian, anda bisa membersihkannya dengan rol penggulung serat atau selembar lakban.

Membersihkan Serat Pakaian

Sumber : https://www.dhgate.com/

Gunakan Pembersih Serat Elektronik

Pembersih serat kain elektroknik bertenaga baterai dapat anda pakai untuk mengangkat sisa serat yang mungkin menempel pada pakaian pria maupun pakaian wanita. Cara penggunaannya yaitu anda hanya perlu menyalakan dan mengusapkan pembersih serat elektronik pada bahan kain.

  1. Siapkan pembersih serat elektronik dan pakaian yang ingin anda bersihkan.
  2. Selanjutnya usapkan pembersih serat elektronik dengan lembut ke seluruh permukaan pakaian.
  3. Setelah selesai, buka kotak penampung serat dan buang isinya ke tempat sampah.

Membersihkan Serat Pakaian

Sumber : https://yaoota.com/

Usapkan Batu Apung

Batu apung yang memiliki karakteristik berpori konon terbukti ampuh untuk membersihkan sisa serat kain yang menempel pada pakaian. Cara mudah penggunaan batu apung yang bisa anda coba yaitu:

  1. Usapkan batu apung pada pakaian yang berserat misal pakaian berbahan fleece.
  2. Pastikan untuk membersihkan pakaian dengan posisi searah dan tidak berlawanan dengan jalinan benang.
  3. Cobalah untuk tidak mengusap permukaan kain terlalu kuat atau membersihkan bagian yang sama berulang kali karena batu apung dapat mengangkat lapisan permukaan kain.
  4. Jika anda membersihkan bagian yang sama berulang kali, pakaian anda mungkin akan berlubang.

Catatan lain yang harus diperhatikan bila anda ingin membersihkan sisa serat kain dengan menggunakan batu apung yaitu:

  1. Jangan gunakan batu apung pada pakaian berbahan katun atau wol.
  2. Hindari juga penggunaan batu apung pada bahan kain yang lembut dan mengilap seperti kain sutra atau kain satin.
  3. Bila anda menggunakan batu apung untuk membersihkan serat kain maka sebagian besar serat biasanya akan terbawa ke dasar kain. Untuk mengangkatnya anda bisa menggunakan lakban atau rol penggulung serat.
  4. Pertimbangkan untuk membersihkan serat pakaian di atas meja atau taplak meja sehingga anda akan lebih mudah membersihkan kotoran yang terangkat.

Gunakan Velcro

Dikenal luas oleh masyarakat sebagai alat perekat, siapa sangka jika velcro juga bisa dipakai untuk membersihkan sisa serat kain. Pita perekat bernama velcro sendiri merupakan sebuah rangkaian bahan tekstil yang terdiri dari dua bagian utama yang dapat menyatu jika dipertemukan.

Komponen pertama velcro umumnya terdiri dari bagian yang kasar seperti pengait, sementara bagian yang lainnya sekilas seperti rambut halus. Bagian velcro yang kasar itulah yang dapat digunakan untuk membersihkan sisa serat kain pada pakaian pria maupun pakaian wanita.

  1. Belilah velcro dan potong lembaran seukuran tangan anda.
  2. Ambil sisi kasarnya dan lepaskan sisi yang lembut dan halus.
  3. Usapkan velcro ke bawah pada permukaan pakaian.
  4. Setelah serat terkumpul di bagain bawah pakaian, angkat serat tersebut dengan menggunakan lakban atau rol penggulung serat.

Gunakan Pisau Cukur

Untuk membersihkan sisa seratk ain pada pakaian pria maupun pakaian wanita dalam bentuk  sweater misalnya, anda bisa menggunakan bantuan alat cukur. Caranya "cukur" serat kain yang menempel pada sweater hingga membentuk gumpalan di permukaan kain kemudian angkat gumpalan tersebut dengan hati-hati.

  1. Siapkan pisau cukur dan letakkan di ujung atas pakaian.
  2. Tarik pisau cukur ke bawah dengan lembut sepanjang beberapa senti kemudian angkat dan lepaskan serat yang terbawa.
  3. Gunakan pisau cukur untuk membersihkan bagian lainnya dengan menariknya ke bawah dan berhentilah setiap beberapa senti untuk membuang serat yang terbawa.

Jika anda tidak punya alat pembersih serat elektronik, anda bisa membeli pisau cukur bermata tunggal yang tidak terlalu mahal. Cara penggunaannya yaitu pegang pisau cukur dengan sudut tertentu di permukaan bahan kain dan bersihkan serat yang ada debgan hati-hati agar tidak memotong atau merusak kainnya.

Membersihkan Serat Pakaian

Sumber : http://girlfridayclothing.blogspot.com/

Gunakan Spons Cuci Piring

Berikutnya gunakan spons cuci piring yang lembab untuk membersihkan sisa serat kain yang menempel pada pakaian kesayangan anda. Cara mudah membersihkan sisa serat kain pada pakaian pria maupun pakaian wanita dengan menggunakan spons cuci piring yaitu:

  1. Siapkan sepotong spons cuci piring yang masih baru.  
  2. Basahi spons dengan air kemudian peras untuk membuang kelebihan airnya.
  3. Usapkan sisi kasar spons pada permukaan pakaian.
  4. Usapkan spons cuci piring secara perlahan ke arah bawah pakaian dan sedikit demi sedikit.
  5. Ulangi langkah-langkah di atas hingga seluruh sisa serat kain terangkat dari pakaian. 

Membersihkan Serat Pakaian

Sumber : https://www.preservationequipment.com/

Gunakan Kaus Kaki Nilon atau Stocking

Kaus kaki dari bahan nilon atau stocking menjadi alat berikutnya yang bisa diandalkan untuk membersihkan serat kain pada pakaian. Buat anda yang ingin mencobanya anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  1. Siapkan kaus kaki nilon atau stoking yang sudah lama tidak terpakai tapi dari segi kualitas bahannya masih bagus.
  2. Masukkan tangan anda ke dalam kaus kaki nilon atau stoking, seperti jika mengenakan sarung tangan. Pastikan agar jari anda masuk hingga ke ujungnya.
  3. Jika sudah selanjutnya usapkan tangan Anda dengan lembut ke permukaan pakaian hingga serat pakaian terangkat oleh permukaan nilon dan stoking.
  4. Ulangi cara di atas hingga seluruh bagian permukaan pakaian tampak bersih dan terlihat seperti baru lagi.

Cuci Ulang Pakaian Tanpa Sabun

Mencuci ulang pakaian yang sudah bersih tanpa menggunakan sabun dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif cara ampuh untuk membersihkan sisa serat kain. Jika anda mengeluarkan pakaian dari mesin pengering dan mendapati serat di permukaannya, masukkan kembali ke mesin cuci dan cuci sekali lagi.

  1. Cuci pakaian sekali lagi untuk membersihkan sisa serat yang masih menempel pada pakaian, dalam hal ini jangan gunakan sabun cuci lagi.
  2. Setelah selesai dicuci, keluarkan pakaian dan goyangkan untuk mengendurkan serat yang tersisa.
  3. Keringkan pakaian dalam mesin pengering seperti biasanya.

Setelah sisa serat yang terdapat pada pakaian berhasil dihilangkan kalau bisa anda juga harus melakukan tindakan pencegahan agar sisa serat kain tidak menempel lagi pada pakaian. Beberapa langkah sederhana yang bisa anda coba untuk mencegah penumpukan sisa serat kain yaitu:

  1. Ketahui sumber serat dan cuci pakaian secara terpisah dengan sumber yang dimaksud untuk mencegah pakaian lainnya terkena serat yang terlepas.
  2. Pisahkan pula pakaian berwarna hitam dari pakaian lain yang berwarna terang selama proses pencucian. Cuci baju hitam kesayangan anda dengan baju lain yang berwarna hitam saja atau baju lain yang berwarna senada.
  3. Ketahui bahan kain apa yang mudah menangkap serat. Jika malas mencucinya secara terpisah, coba balik permukaan pakaian agar bagian dalamnya berada di luar dan bagian luarnya di dakam.
  4. Periksa dan keluarkan benda dari dalam kantung pakaian sebelum mencucinya.
    • Pastikan untuk memeriksa kantung pakaian dan membuang tisu, kain atau kertas yang ada di dalamnya.
    • Benda seperti tisu akan hancur dalam mesin cuci dan pengering, sehingga menimbulkan banyak serat.
  5. Sebelum melakukan pencucian anda juga bisa mencoba membersihkan serat yang menempel pada pakaian agar serat tidak menyebar ke pakaian lainnya. Jika ada banyak serat di pakaian bersihkan dengan rol penggulung sera.
  6. Bila anda mencuci pakaian dengan mesin cuci, tambahkan ¼ cangkir (60 ml) cuka putih ke dalam mesin cuci untuk membantu mengangkat serat dari pakaian dan mengurangi jumlah serat yang menempel pada pakaian.
  7. Bersihkan bagian dalam mesin cuci dengan handuk setiap kali anda selesai mencuci pakaian yang berserat. Jika tidak sisa serat pada mesin cuci akan menempel di pakaian yang anda cuci selanjutnya.
  8. Selesai melakukan pencucian selanjutnya jemur pakaian di tempat yang terbuka hingga benar-benar kering.
    • Menjemur pakaian di udara terbuka dapat mengurangi serat yang menempel.
    • Angin juga dapat melepaskan sisa serat yang menempel dari pakaian.
    • Jemur pakaian menggunakan tali, rak penjemur atau menggunakan hanger.
    • Selain mengurangi penumpukan serat, sinar matahari dan udara segar juga dapat membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap dan membuat pakaian lebih segar.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa cara mudah membersihkan sisa serat kain pada pakaian yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik terkait desain fashion yang tidak kalah seru, simak terus artikel dari kami ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.