Article

Homepage Article Fashion Design 8 Keistimewaan Jaket Softshell…

8 Keistimewaan Jaket Softshell Dibanding Jaket Lainnya

Butuh rekomendasi jaket yang keren dan dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari cuaca ekstrim saat melakukan aktifitas pendakian, touring atau aktifitas outdoor lainnya?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa memilih jaket softshell yang menawarkan banyak keunggulan. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Softshell

Jaket softshell dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis jaket outdoor yang didesain secara khusus untuk melindungi tubuh pemakinya supaya tetap hangat meski terkena terpaan angin dan udara dingin saat beraktifitas di lingkungan yang kondisi alamnya berbeda dengan tempat hidup sehari-hari.

Catatan sejarah menyebutkan, jaket softshell sendiri konon pertama kali muncul pada 1990-an, tepatnya ketika pabrik garmen mulai memproduksi bahan kain dengan karakteristik permukaannya yang lembut, bisa melar dan mampu menolak angin serta air walau intensitasnya tidaklah terlalu tinggi.

Kalau dilihat secara sepintas jaket softshell mungkin memang hampir mirip dengan jaket biasa namun jika dilihat dari segi harga dan fiturnya tentu saja berbeda. Sebab jaket softshell itu sendiri mempunyai banyak jenis dan varian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Jaket yang dimaksud antara lain berupa:

  • Lightweight windshirt.
  • Windproof fleece dengan DWR (durable water-repellent).
  • Insulated jacket dengan dobel proteksi.
  • Jaket tahan air berbahan lembut (soft-feel waterproof jackets).

Dari beberapa jenis jaket tersebut, masing-masing tentunya di rancang dengan sangat detail untuk memberi perlindungan yang maksimal pada tubuh dan semakin berkembangnya teknologi kini terdapat juga jaket softshell dari bahan khusus yang dapat dipakai untuk penggila aktivitas ekstrim.

Bahan Untuk Jaket Softshell

Sebagai bahan pembuatan jaket yang berkualitas tinggi, bahan jaket softshell dapat dikategorikan ke dalam jenis kain yang memiliki permukaan lembut, fleksibel dan bersifat stretch. Berdasarkan material penyusunnya, bahan jaket softshell ini secara umum terdiri atas tiga lapisan  sekaligus.

  • Bagian paling luar dari bahan jaket softshell umumnya terbuat dari bahan polyester yang stretch atau melar.
  • Bagian tersebut selajutnya  dilapisi dengan membran TPU (Thermoplastic Polyurethane) agar daya tahannya semakin baik.
  • Sementara untuk lapisan paling dalam dari bahan jaket softshell biasa dibuat dari bahan polar fleece yang memiliki tekstur lembut seperti bulu domba sehingga terasa hangat saat digunakan.

Kain Softshell

Sumber : https://fitinline.com/

Terlepas dari berbagai jenis jaket softshell yang beredar, yang pasti  bahan jaket softshell dikenal lebih tahan air dibanding bahan fleece dan lebih “breathable” dibanding bahan waterproof hard shell. Dengan kata lain bahan ini dapat mengisi kekosongan yang tidak bisa dipenuhi oleh bahan waterproof dan fleece.

Bahan jaket softshell biasanya memiliki ketahanan tinggi terhadap angin dan lebih hangat dibanding bahan waterproof yang juga memiliki desain anti angin namun tidak sehangat kalau menggunakan bahan fleece tapi sayangnya bahan jaket softshell tidak begitu kuat menahan terpaan air hujan.

Karakteristik Bahan Jaket Softshell

Tidak jauh berbeda dengan bahan kain pada umumnya, bahan jaket softshell sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khas yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas dari bahan jaket softshell yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Bahan jaket softshell bersifat windproof dan breathable.
  • Bahan jaket softshell bersifat stretch jadi lebih elastis
  • Bahan jaket softshell terksturnya cenderung lembut.
  • Bahan jaket softshell mampu menahan air hujan tetapi masih dalam intensitas ringan.
  • Bahan jaket softshell sangat cocok digunakan sebagai material utama jaket outdoor.
  • Bahan jaket softshell dapat mengeluarkan panas dalam tubuh.

Kain Softshell

Sumber : https://www.brunotti.com/

Keunggulan Jaket Softshell

Dengan memanfaatkan bahan jaket softshell sebagai material utamanya, jaket yang dihasilkan pastinya juga menawarkan banyak keunggulan dibanding jaket lain. Beberapa keunggulan jaket softshell yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Jaket softshell sangat cocok digunakan untuk perlengkapan touring, hiking, ski maupun mendaki gunung.
  • Jaket softshell mampu menjaga tubuh agar tetap hangat dan kering dalam melawan segala cuaca ekstrim yang dilalui pemakainya ketika melakukan aktivitas outdoor.
  • Jaket softshell dapat dijadikan sebagai jaket mid layer maupun outer layer. Layering system ini merupakan sebuah lapisan pelindung tubuh dalam jaket.
    • Mid layer merupakan lapisan kedua pelindung tubuh yang berfungsi menahan panas tubuh agar tidak keluar.
    • Outer layer merupakan lapisan terakhir jaket yang berfungsi menahan air atau angin.
  • Jaket softshell dapat mengeluarkan panas dalam tubuh jadi sangat nyaman dipakai untuk melakukan aktifitas yang berat sekalipun.
  • Jaket softshell memiliki sifat elastis dan tekstur permukaannya sangat lembut.
  • Jaket softshell memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan hujan dan angin dengan sekala kecil.
  • Jaket softshell mempunyai tekstur yang sangat halus dan cenderung tidak mudah kusut meski digunakan dalam waktu lama.
  • Jaket softshell bagus dipilih pada saat trekking di malam hari karena sifatnya yang jauh lebih breathable dibanding jaket hardshell.

Kain Softshell

Sumber : https://kloppers.co.za/

Sekalipun memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan hujan dan angin, jaket softshell sebenarnya lebih cocok dipakai pada musim kering atau dingin saja karena sifatnya hanya resistant terhadap air. Kalau anda butuh jaket yang bisa menahan air hujan dengan intensitas tinggi lebih baik gunakan jaket hardshell.

Istilah hardshell sendiri memiliki arti cangkang kulit yang keras. Karena keras jaket hardshell sangat cocok dipakai untuk digunakan untuk beraktifitas di daerah yang bersalju dengan medan dan kondisi cuaca yang jauh lebih ekstrim.

Beberapa karakteristik paling khas dari jaket hardshell yang membedakannya dengan jaket softshell diantaranya:

  • Jaket hardshell hanya dapat digunakan sebagai outer layer.
  • Jaket hardshell bersifat sangat windproof.
  • Jaket hardshell memiliki tekstur permukaan yang keras.
  • Jaket hardshell bersifat sangat waterproff dan dapat menahan air hujan dengan intensitas yang tinggi/deras.
  • Jaket hardshell cukup breathable.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik khas yang dimiliki bahan jaket softshell serta kelebihan jaket softshell yang dapat kami rangkum untuk anda. Dengan mengetahui hal tersebut semoga anda jadi lebih mudah untuk menemukan jaket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan jaket softshell berkualitas untuk membuat jaket ski dan jaket outdoor lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket Softshell terbaik yang kami miliki.

Selain dijadikan sebagai bahan dasar jaket, kain ini bisa juga dipakai untuk bahan pakaian militer, celana dan lain sebagainya. Yang pasti dengan menggunakan bahan jaket softshell ini akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.