Article

Homepage Article Cara Menjahit 4 Keuntungan Pembuatan Pola…

4 Keuntungan Pembuatan Pola Teknik Draping

Dalam proses pembuatan sebuah busana keberadaan pola pakaian memang memiliki peran yang sangat penting. Bahkan bisa dikatakan baik tidaknya sebuah busana yang dikenakan oleh seseorang sangat bergantung pada kebenaran pola yang digunakan sebagai acuan dalam membuat busana itu sendiri. 

Keuntungan Draping

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sahabat Fitinline tahu kan jika berdasarkan cara pembuatannya metode yang dapat diterapkan untuk membuat pola dasar sebuah pakaian itu ada bermacam-macam. Bisa menggunakan yang namanya teknik konstruksi datar (pola datar) namun bisa juga menggunakan teknik konstruksi padat (pola draping). 

Keuntungan Draping

Sumber : http://portfolios.fitnyc.edu/

Tidak seperti teknik konstruksi datar yang harus di buat di atas kertas dengan memakai ukuran yang akurat, proses pembuatan pola pakaian dengan teknik draping sebenarnya terbilang lebih praktis yaitu dengan cara menyampirkan kain belacu pada dressform atau langsung di atas badan pemakai. 

Keuntungan Draping

Sumber : https://www.behance.net/

Lantas keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dari penggunaan teknik draping dalam proses pembuatan sebuah busana?.

  1. Dengan menggunakan teknik draping anda dapat melihat proporsi garis-garis desain pada tubuh.
  2. Dapat melihat pas atau tidaknya pola tersebut pada tubuh.
  3. Dapat melihat keseimbangan garis-garis desain pada tubuh.
  4. Dapat melihat style busana.

Keuntungan Draping

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk  membuat  pakaian  dengan  teknik  draping memang dibutuhkan lebih banyak bahan. Namun jika sahabat Fitinline sudah mempunyai dressform yang sesuai dengan ukuran badan sendiri, maka metode pembuatan pakaian dengan cara ini akan sangat menguntungkan. 

Keuntungan Draping

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bila bahan yang dipakai untuk draping merupakan bahan kain, maka potongan-potongan pola yang sudah diperoleh selanjutnya dapat dijahit untuk dijadikan prototipe pakaian. Setelah selesai dijahit, pakaian dapat kembali dipakaikan pada dressform untuk melihat jatuhnya garis jahitan.

Keuntungan Draping

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sudah tahu hal-hal apa saja yang membedakan teknik draping dan teknik konstruksi?. Simak juga pembahasan mengenai Perbedaan Teknik Draping dan Teknik Konstruksi pada artikel Fitinline terdahulu.

Keuntungan Draping

Sumber : https://afoxsurvivingnyc.wordpress.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain blacu berkualitas dengan harga murah untuk membuat pola busana dengan teknik draping?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Blacu Katun

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.