Article

Homepage Article Desain Fesyen 3 Macam Tipe Drapery Dalam…

3 Macam Tipe Drapery Dalam Teknik Draping

Sebagian dari anda pasti pernah bertanya-tanya “dapatkah sebuah busana dibuat tanpa menggunakan pola?”. Jawabannya tentu saja  bisa, yaitu dengan menerapkan yang namanya teknik Draping. Dengan teknik ini proses pembuatan busana juga bisa dilakukan langsung pada tubuh manusia tanpa membuat pola kontruksi terlebih dahulu.

Tipe Drapery

Sumber : https://www.lyst.com/

Salah satu aksen busana yang dapat dibuat dengan teknik draping adalah drapery. Semacam kerutan pada busana yang terdiri dari gelombang-gelombang hidup atau lipit-lipit tanpa pres yang biasa difungsikan untuk menciptakan ilusi yang lebih menarik pada suatu busana sekaligus menyempurnakan bentuk tubuh pemakainya.

Tipe Drapery

Sumber : http://myfashionwants.com/

Aksen drapery yang bisa dengan mudah kita jumpai pada busana wanita sendiri, sebenarnya juga dapat dibuat dengan teknik konstruksi. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan drapery ini kebanyakan dibuat dengan teknik draping. 

Tipe Drapery

Sumber : https://id.pinterest.com/

Salah satu keuntungan terbesar yang dapat diperoleh dari penerapan teknik draping dalam pembuatan drapery adalah kita tidak perlu membuat pecah pola busana terlebih dahulu. Disisi lain hasilnya pun bisa langsung terlihat sesuai yang kita inginkan.

Tipe Drapery

Sumber : http://www.collectista.com/

Sahabat Fitinline juga harus tahu jika dalam teknik draping setidaknya dikenal beberapa tipe drapery. Tipe drapery yang dimaksud diantaranya berupa drapery tipe losali hanging folds, tipe folds caught at both ends, dan tipe graduater or trapering folds. 

Tipe Drapery

Sumber : https://id.pinterest.com/

Type Losali Hanging Folds

Drapery losali hanging folds merupakan tipe drapery yang menggantung lepas. Pada bagian atas drapery biasanya dilipat sementara pada bagian bawahnya dibiarkan mengembang. Drapery jenis ini banyak diaplikasikan pada bagian rok, krah, dan pada bagian muka blus.

Fungsi Kain Furing

Sumber : https://www.pinterest.com/

Folds Caught at Both Ends

Drapery folds caught at both ends merupakan tipe drapery yang tersusun atas lipatan yang terikat pada kedua ujungnya, sehingga berbentuk gelombang yang melengkung. Tipe drapery semacam ini biasanya dapat dijumpai pada rok, badan blus dan lengan.

Tipe Drapery

Sumber : https://www.lyst.com/

Graduater or Trapering Folds

Drapery graduater or trapering folds atau biasa disebut juga dengan drapery gradiasi merupakan tipe drapery yang tersusun atas beberapa lipit teratur yang memberikan pancaran keberbagai arah sesuai dengan desain yang diinginkan. Model drapery ini biasa terdapat pada rok maupun bagian depan blus.

Tipe Drapery

Sumber : http://www.johnlewis.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.