Article

Homepage Article Fashion Design 3 Prinsip Kriya Tekstil…

3 Prinsip Kriya Tekstil dan Jenis Produk Yang Dihasilkan

Untuk menghasilkan produk kriya tekstil yang berkualitas terdapat banyak sekali prinsip yang harus diperhatikan. Untuk mengetahui pa saja prinsip-prinsip yang dimaksud, lebih jelasnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kriya Tekstil

Kriya tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dihasilkan dari bahan-bahan tekstil, sejenis bahan yang terbuat dari benang hasil pemintalan serat yang kemudian ditenun, dirajut atau disatukan ke dalam bentuk lembaran menggunakan bahan perekat atau tanpa bahan perekat yang dipres.

Dapat pula diartikan kriya tekstil merupakan hasil gagasan, ide, pikiran, perasaan, apresiasi dan ciptaan manusia yang diwujudkan dalam bentuk benda melalui proses kegiatan kreatif dengan menggunakan bahan utama dari tekstil.

  • Kriya tekstil terbilang cukup penting karena berkaitan erat dengan pemenuhan kebutuhan dasar manusia.
  • Kriya tekstil juga menyatukan nilai fungsional dan keindahan yang sarat dengan makna filosofis.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Untuk menciptakan atau mewujudkan suatu ide yang berbentuk gagasan, pengalaman dan pengetahuan perwujudannya pun harus memenuhi prinsip-prinsip kriya tekstil agar produk yang dihasilkan bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat. Beberapa prinsip yang dimaksud antara lain berupa: 

1. Unity (Kesatuan)

Unity (kesatuan) berarti, suatu benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis, harus merupakan kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.

2. Complexity (Kerumitan)

Complexity (kerumitan) berarti, suatu benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan dan saling menyeimbangkan.

3. Intensity (Kesungguhan)

Intensity (kesungguhan) berarti, suatu benda yang dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya.

Jenis-Jenis Kriya Tekstil

Sementara berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya, jenis produk kriya tekstil secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu benda hias dan benda pakai atau perpaduan dari keduanya.

1. Benda Hias

Benda hias merupakan benda yang hanya dinikmati keindahannya saja dan digunakan sebagai hiasan. Beberapa jenis produk kriya tekstil yang termasuk pada benda hias diantaranya hiasan dinding, sarung bantal sofai dan lain sebagainya.

  • Hiasan Dinding

Hiasan dinding merupakan produk kriya tekstil yang didesain khusus untuk menghias suatu tempat agar lebih cantik kelihatannya atau agar lebih indah dipandang mata. Fungsi lainnya yaitu untuk mengisi ruang kosong pada dinding.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://www.hobbycraft.co.uk/

Untuk membuat hiasan dinding bahan yang digunakan bisa dibilang cukup beragam. Mulai dari Kain Perca hingga jalinan tali atau benang yang dikreasikan menjadi kerajinan Makrame.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Sarung Bantal Sofa

Sarung bantal sofa merupakan produk kriya tekstil yang dapat dipakai untuk mempercantik tampilan bantal sofa. Beberapa jenis bahan kain yang cocok digunakan sebagai material utamanya antara lain berupa:

  • Kain Kanvas yang dikenal sangat tahan dalam segala kondisi, memiliki tekstur sedikit kasar, tebal dan kaku.
  • Kain Blacu / sejenis kain mentah (kain greige) yang belum melalui proses finishing. Warna alami kain ini biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan.
  • Kain Linen yang memiliki permukaan halus, susunan serat benangnya sangat rapi dan terlihat elegan karena terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax.
  • Kain Katun yang memiliki permukaan halus, lembut, mudah menyerap keringa, gampang untuk dicuci dan juga mudah disablon.
  • Kain Corduroy yang memiliki tekstur permukaan bergaris-garis dan tebal.
  • Bahan Suede yang memiliki permukaan berbulu halus.
  • Kain rasfur yang memiliki tekstur berbulu pada permukaannya.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://www.ikea.com/

2. Benda Pakai

Benda pakai merupakan hasil karya manusia dengan berbagai bentuk yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Produk kriya yang termasuk benda pakai diantaranya bed cover, sarung bantal tidur, gorden, tutup galon, tutup kulkas, taplak meja, tutup tudung saji dan lain sebagainya.

  • Bed Cover

Bed cover merupakan kain pelapis sprei dengan isian yang dijahit menyatu dengan sarungnya.

  • Isian yang berkualitas akan membuat bed cover bisa jadi semakin empuk, halus dan nyaman dipakai.
  • Sebaliknya jika isiannya kurang bagus maka bed cover yang dihasilkan juga kurang nyaman saat dipakai.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://store.kintakun-bedcover.co.id/

Simak juga pembahasan mengenai 5 Perbedaan Antara Bedsheet, Bed Cover, Duvet Dan Quilt Cover.

  • Sarung Bantal Tidur

Sarung bantal tidur merupakan bagian bantal yang terlihat dan dapat memengaruhi tampilan keseluruhan tempat tidur. Bahan kain yang cocok dipakai untuk membuat sarung bantal tidur ini antara lain berupa Kain Katun, Kain Satin, Kain Linen dan bahan lain yang biasa dipakai untuk sprei.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://www.dekoruma.com/

  • Gorden

Gorden dapat didefinisikan sebagai potongan kain atau tekstil yang biasanya dipasang dengan cara digantung di bagian dalam jendela suatu bangunan. Untuk mempercantik tampilannya gorden ini biasanya dilengkapi pula dengan Vitrase yang berbahan ringan, tipis dan bersifat semi transparan.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Tutup Galon

Tutup galon / cover galon termasuk ke dalam salah satu jenis lenan rumah tangga yang dapat difungsikan untuk menutup galon agar tetap bersih dan terlindung dari debu.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Tutup Kulkas

Tutup kulkas / sarung kulkas termasuk ke dalam salah satu jenis lenan rumah tangga yang biasa dipakai untuk penutup bagian atas kulkas. Fungsi utama dari sarung kulkas ini diantaranya:

  • Sebagai dekorasi yang mempercantik tampilan kulkas.
  • Sebagai wadah penyimpanan berbagai perkakas atau peralatan dapur.
  • Sebagai pelindung kulkas agar tidak baret atau tergores.
  • Melindungi kulkas dari debu / kotoran supaya tetap bersih.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Untuk anda yang tertarik membuat sarung kulkas sendiri simak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Membuat Sarung Kulkas Dari Bahan Kain.

  • Taplak Meja

Taplak meja merupakan salah satu produk home decor yang dapat digunakan untuk menutupi cacat pada meja, melindungi meja dari goresan sekaligus menambahkan nilai estetika pada suatu ruangan.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://insinyurbangunan.com/

Simak juga pembahasan mengenai 4 Jenis Bahan Terbaik Untuk Membuat Taplak Meja.

  • Cover Tudung Saji

Cover tudung saji merupakan merupakan produk kriya tekstil yang dapat difungsikan sebagai penutup tudung saji dari bahan bambu, plastik atau alumunium.

Prinsip-Prinsip Kriya Tekstil

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai prinsip-prinsip dalam kriya tekstil dan jenis-jenis produk kriya tekstil yang dihasilkan. Setelah menyimak pemahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bahwa untuk menghasilkan produk berkualitas ternyata ada banyak sekali aspek penting yang harus diperhatikan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.