Article

Homepage Article Kain 5 Perbedaan Antara Bedsheet,…

5 Perbedaan Antara Bedsheet, Bed Cover, Duvet Dan Quilt Cover

Sering kebingungan untuk membedakan istilah bedsheet, bed cover, duvet dan quilt cover yang sering dipakai dalam dunia bedding?. Meski beberapa ada yang memiliki kesamaan tapi masing-masing perlengkapan tidur tersebut tetap saja punya perbedaan yang mendasar satu sama lain.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Istilah Dalam Dunia Bedding

Hadir sebagai solusi untuk memberikan kenyamanan tidur sekaligus mempercantik interior kamar tidur, bedsheet / kain sprei, bed cover, duvet dan quilt cover termasuk ke dalam beberapa jenis perlengkapan tidur yang memiliki fungsi sangat penting dalam dunia bedding.

Walau dari segi fungsi dan bahannya sejumlah perlengkapan tidur tersebut ada yang mirip satu sama lain, namun tetap saja semua punya perbedaan satu sama lain. Penjelasan singkat mengenai istilah-istilah dalam dunia bedding tersebut dapat anda lihat pada pembahasan berikut.

1. Bedsheet / Sprei

Bedsheet atau kain sprei merupakan lembaran kain berukuran lebar yang biasa digunakan untuk melapisi kasur. Cara pemakaiannya sendiri sangatlah mudah , yakni cukup dihamparkan di atas kasur kemudian empat ujungnya diselipkan ke bagian sela bawah kasur.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, bedsheet pada mulanya memang hanya terbuat dari bahan linen, katun dan juga sutra. Namun seiring berjalannya waktu kini bedsheet / kain sprei hadir pula dengan berbagai variasi bahan yang lebih menarik.

Tempat Tidur

Sumber : https://www.urbanladder.com/

Beberapa contoh  bahan kain yang dimaksud antara lain berupa kain tencel, kain sprei tc (poly TC), kain katun catra, kain katun panca, kain katun CVC, kain katun jepang, kain katun twill (canon), kain jacquard (king koil), kain sutra (silk), kain sprei anti air dan masih banyak lagi.

Tempat Tidur

Sumber : https://www.urbanladder.com/

Untuk mengetahui karakteristik masing-masin kain sprei simak kembali pembahasan mengenai Rekomendasi 10 Jenis Kain Sprei Terbaik dan Cara Merawatnya.

Tak hanya pilihan bahannya yang bervariasi, bedsheet / sprei sendiri biasanya juga dibuat dalam berbagai macam tipe. Model bedsheet / sprei yang paling populer diantaranya:

  • Sprei tipe flat / sprei lepas yang dibuat tanpa tambahan karet dan sering gunakan di hotel atau rumah sakit.
  • Sprei tipe fitted yang dilengkapi dengan karet bagian ujung atau sudutnya jadi saat dipasang pada kasur tidak mudah bergeser. Sprei ini bisa dibedakan lagi menjadi dua jenis.
  • Sprei karet full fitted dengan karet elastis di ke empat ujungnya.
  • Sprei karet semi fitted dengan karet elastis di kedua ujung bagian bawah sementara kedua ujung atasnya tanpa karet.

2. Bed Cover

Bed cover merupakan kain pelapis sprei dengan isian yang dijahit menyatu dengan sarungnya. Isian yang ada pada bed cover sendiri sangat menentukan nyaman tidaknya bed cover tersebut.

  • Jika isiannya berkualitas maka bed cover bisa jadi semakin empuk, halus dan nyaman dipakai.
  • Sebaliknya jika isiannya kurang bagus maka bed cover yang dihasilkan juga kurang nyaman saat dipakai.

Tempat Tidur

Sumber : https://windehome.en.made-in-china.com/

Sama halnya dengan bed sheet/ kain sprei, bahan bed cover sendiri sangatlah beragam. Beberapa jenis bahan bed cover yang dimaksud antara lain berupa kain linen, kain satin dan kain sutra, polyester dan flannel.

Selain menutupi dan juga melindungi kasur supaya tidak dihinggapi oleh debu, bed cover yang diciptakan dalam berbagai variasi warna juga bisa mempercantik kasur anda. Penggunaan bed cover ini tinggal disesuaikan saja dengan ukuran dan juga tipe kasur.

3. Duvet

Duvet yang dikenal dengan nama lain inner quilt merupakan bentuk paling simple dari bed cover. Kalau bed cover biasanya memiliki bermotif yang beragam, duvet justru hanya dibuat menggunakan cover warna putih kemudian diisi dengan berbagai jenis synthetic material.

Tempat Tidur

Sumber : https://www.ubuy.co.id/

Kelebihan yang dimiliki duvet diantaranya:

  • Duvet cenderung lebih hemat tempat, lebih ekonomis dan praktis.
  • Duvet lebih higienis karena sarung selimut bisa sering dicuci dan diganti.
  • Praktis untuk digunakan sehari-hari karena tidak setebal bed cover.
  • Duvet merupakan isolator yang baik, karena sifatnya hangat namun tidak membuat gerah.
  • Cara perawatannya cenderung lebih mudah dibanding bed cover.

4. Quilt Cover

Quilt cover / duvet cover merupakan lembaran sarung atau kantung tanpa isi yang didesain khusus untuk lapisan luar duvet. Supaya duvet dapat terpasang sempurna ke dalam quilt cover ukuran keduanya harus sesuai.

  • Sebagai pelengkap duvet, quilt cover biasa dilengkapi dengan tali pengikat di bagian dalam dan penutup berupa ritsleting atau kancing.
  • Sama halnya seperti bedsheet dan bed cover, quilt cover juga terbuat dari berbagai macam bahan kain yang bervariasi.

Tempat Tidur

Sumber : https://www.amazon.com/

Perbedaan di Antara Keempatnya

Gambaran singkat mengenai perbedaan antara bedsheet, bed cover, duvet dan quilt cover bisa anda lihat pada tabel berikut.

No
             
Faktor Pembeda Bedsheet Bed Cover Duvet Quilt Cover
1. Ketebalan Bedsheet / sprei biasanya dibuat dari bahan yang tidak terlalu tebal. Bed cover memiliki lapisan yang cukup tebal. Isian bed cover sendiri umumnya memiliki ketebalan 3 hingga 4 cm. Ketebalan duvet biasa diukur dari berat isi selimut. Berat dari isi selimut duvet sendiri berkisar antara 3 hingga 9 oz. Quilt cover / duvet cover biasanya dibuat dari bahan yang tidak terlalu tebal.
2. Bahan Kain yang dipakai untuk bahan sprei biasanya berupa kain linen, katun, sutra, tencel, tc (poly TC), jacquard (king koil) dan kain sprei anti air. Bahan yang dipakai untuk bed cover biasanya berupa kain linen, kain satin dan kain sutra, polyester dan flannel. Lembaran dakron atau silikon polos yang dibungkus dengan kantong polos warna putih. Quilt cover / duvet cover dapat dibuat dari berbagai macam bahan yang sama dengan bed cover / disesuaikan dengan motif sprei dan sarung bantal.
3. Penempatan Bedsheet / sprei ditempatkan langsung untuk melindungi kasur. Bed cover ditempatkan di atas bedsheet / sprei. Duvet dapat ditempatkan di atas tempat tidur. Qulit cover / duvet cover ditempatkan di bagian terluar dari duvet.
4. Fungsi Bedsheet / sprei hanya memiliki satu fungsi, yakni menutupi dan melindungi kasur dari debu dan kotoran. Bed cover memiliki fungsi lebih dari satu. Selain menutupi kasur bed cover juga bisa digunakan sebagai selimut. Duvet yang dipasangkan dengan quilt cover berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Quilt cover / duvet cover berfungsi untuk melindungi duvet dari debu dan kotoran.
5. Ukuran Ukuran bedsheet / sprei biasa dibuat sesuai ukuran dan tipe kasur. Ukuran bed cover biasa dibuat lebih lebar dari ukuran kasur. Ukuran duvet biasa dibuat lebih lebar dari ukuran kasur. Ukuran quilt cover dapat disesuaikan dengan ukuran duvet.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah perbedaan antara bedsheet bed cover, duvet dan quilt cover yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk membedakan berbagai macam istilah yang biasa digunakan dalam dunia bedding ya. 

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat bedsheet / sprei waterproof?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Sprei Anti Air (Waterproof) Polos dan Kain Sprei Anti Air (Waterproof) Motif yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.