Article

Homepage Article Jahit Menjahit 2 Cara Praktis Memasang…

2 Cara Praktis Memasang Hotfix Rhinestones Sebagai Hiasan Baju Pesta Wanita Yang Wajib Anda Coba

Tahu yang namanya hotfix rhinestones?. Jika anda pernah menjumpai aksen bernuansa blink-blink yang biasa dipakai sebagai hiasan baju pesta wanita, hiasan jilbab, gamis, kaftan, tas, sepatu, topi dan berbagai item fashion lainnya, bisa jadi detail blink-blink itu merupakan hotfix rhinestones. 

Hotfix Rhinestones

Sumber : https://es.aliexpress.com/

Rhinestones sendiri sebenarnya termasuk ke dalam jenis bebatuan imitasi yang memiliki karakteristik menyerupai kaca, swarovski, batu kristal atau akrilik. Berdasarkan bentuk dan kegunaannya rhinestones ini secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa varian, dua diantaranya yakni berupa flat back rhinestones dan hotfix rhinestones.

Hotfix Rhinestones

Sumber : https://www.dhgate.com/

Hotfix rhinestones sepintas tampak begitu mirip dengan flat back rhinestones padahal sebenarnya berbeda. Jika flat back rhinestones itu didesain tanpa tambahan lem, maka bagian belakang dari hotfix rhinestones ini umumnya dilengkapi dengan lem khusus berwarna abu-abu yang bisa menempel apabila terkena panas.

Hotfix Rhinestones

Sumber : http://www.crystalandglassbeads.com/

Lantas bagaimana ya cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengaplikasikan hotfix rhinestones sebagai hiasan baju pesta wanita?. Untuk memasang hotfix rhinestones atau swarovski imitasi ini pada prinsipnya sahabat Fitinline bisa menggunakan dua cara.

  1. Cara memasang swarovski di baju yang pertama yakni menggunakan panas setrika
  2. Cara memasang swarovski di baju yang kedua yakni menggunakan rinestones setter.

Hotfix Rhinestones

Sumber : http://weddbook.com/

Rhinestones setter merupakan alat khusus yang didesain untuk memasang hotfix rhinestones. Alat ini menggunakan listrik multi voltage (110 volt - 220 volt) dan biasanya dilengkapi pula dengan ujung kepala yang dapat diganti sesuai ukuran rhinestone (2 mm, 3 mm, 4 mm, 5 mm, 6 mm, 7 mm, 4 mm flat and 9 mm flat). 

Hotfix Rhinestones

Sumber : https://www.amazon.com/

Selain dipakai untuk memasang hotfix rhinestones pada pakaian khususnya baju pesta wanita, rhinestones setter ini bisa juga dipakai untuk menempelkan hotfix rhinestones ke atas kain yang tebal atau benda yang tidak memungkinkan pakai setrika misalnya tas, sepatu dan juga topi.

Hotfix Rhinestones

Sumber : https://www.ebay.com/

Cara Memasang Hotfix Rhinestones Pada Kain Dengan Menggunakan Setrika

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Supaya lebih gampang dalam memasang rhinestonenya anda bisa memanfaatkan transfer tape sebagai media transfer dalam pembuatan dekorasi rhinestone.
  3. Tempatkan hotfix rhinestones yang sebelumnya sudah anda susun pada transfer paper di atas meja setrika. Posisikan agar bagian hotfix rhinestones yang ada lemnya menghadap ke atas.
  4. Tempatkan bahan kain yang ingin anda hias di atas hotfix rhinestones. Pastikan bagian baik kain berhadapan dengan bagian lem hotfix rhinestones.
  5. Lapisi permukaan belakang kain anda dengan alas kain yang lebih tipis, lalu setrika bagian yang ada hotfix rhinestonesnya selama beberapa saat (ditekan sekitar 10 detik).
  6. Tunggu sebentar hingga agak dingin kemudian lepaskan transfer tape yang sebelumnya anda gunakan sebagai media transfer dalam memasang hotfix rhinestones. 

Hotfix Rhinestones

Sumber : https://www.amazon.com/

Cara Memasang Hotfix Rhinestones Pada Kain Dengan Rhinestones Setter

  1. Siapkan baju pesta wanita yang ingin anda hias dengan hotfix rhinestones.
  2. Susun hotfix rhinestones pada bagian pakaian yang ingin anda hias dengan posisi bagian hotfix rhinestones yang ada lemnya berhadapan dengan bagian baik pakaian.
  3. Pasang ujung rhinestones setter sesuai dengan ukuran rhinestone yang cocok, kemudian sambungkan alat tersebut dengan aliran listrik.
  4. Jika sudah tempelkan bagian ujung rhinestones setter kebagian atas hotfix rhinestone. Dalam waktu sekejap maka bagian belakang hotfixnya akan kelihatan meleleh.
  5. Untuk melihat hasilnya lepaskan rhinestones setter anda dari hotfix rhinestones.

Hotfix Rhinestones

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Demikian pembahasan singkat mengenai cara memasang swarovski di baju pesta wanita yang dapat kami bagikan untuk anda. Supaya hotfix rhinestones yang terdapat pada pakaian anda tetap awet terapkan beberapa tips berikut:

  • Kain yang sudah di pasang hotfix rhinestones kalau bisa di cuci dengan teknik dry cleaning saja.
  • Supaya crystal swarovski yang dipakai sebagai hiasan baju pesta wanita tetap awet dan tidak kusam anda bisa menyimpan pakaian tersebut dengan bungkusan plastik.
  • Jauhkan hotfix rhinestones dari parfum supaya warnanya tetap cemerlang dan tidak cepat kusam.

Hotfix Rhinestones

Sumber : https://www.dhgate.com/

Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.