Article

Homepage Article Fashion Design 10 Item Fashion Yang Bisa…

10 Item Fashion Yang Bisa Anda Andalkan Untuk Pelindung Diri Pada Era New Normal

Siap memasuki era hidup new normal di tengah pandemi covid-19?. Selain menggunakan masker penutup wajah, pastikan anda juga menyiapkan pakaian ekstra ketika keluar rumah. Terkait dengan hal tersebut lantas pakaian seperti apakah yang sebenarnya paling dibutuhkan dalam menghadapi situasi new normal?.

Untuk melindungi tubuh supaya tetap bersih dan terhindar dari virus berbahaya berikut kami bagikan beberapa referensi item fashion yang bisa anda andalkan sebagai pelengkap gaya penampilan.

Jaket Parasut

Jaket parasut dikenal sebagai salah satu pakaian penghangat tubuh yang cukup ringan dan memiliki kemampuan untuk menolak air yang cukup baik karena pada dasarnya kain parasut sendiri dibuat dari bahan sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi.

  1. Jaket berbahan kain parasut dapat dijumpai dalam berbagai macam model mulai dari jaket bomber, jaket varsity, jaket parka, jaket harrington, windbreaker dan lain sebagainya.
    • Jaket bomber merupakan sebuah jaket penghangat tubuh yang umumnya memiliki ciri khas berupa kantung kecil dengan  resleting pada lengan bagian kiri.
    • Jaket varsity merupakan sejenis jaket baseball yang biasanya dilengkapi dengan kancing di bagian depan. Jaket ini umumnya juga memiliki dua warna yang berbeda untuk lengan dan badan.
    • Jaket parka merupakan semacam jaket panjang yang biasa dilengkapi dengan hoodie, tali pinggang dan kebanyakan dibuat hingga sebatas selutut.
    • Jaket harrington merupakan jaket ringan sebatas pinggang yang biasanya juga dilengkapi dengan kain kotak-kotak warna warni pada bagian dalam jaketnya.
    • Jaket windbreaker merupakan jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dan hujan ringan.
  2. Selain tampak keren jaket parasut yang memiliki sifat tahan air umumnya juga dipercaya cukup ampuh untuk mencegah virus corona menempel.
  3. Jaket parasut mudah untuk dicuci dan dikeringkan sehingga sangat cocok dipakai untuk aktifitas sehari-hari.
  4. Bila anda ingin menggunakan jaket ini setiap hari anda hanya perlu mencuci dan menjemurnya setelah keluar rumah dan memakainya kembali setiap ingin bepergian.

Pakaian New Normal

Sumber : https://www.frenchconnection.com/

Dengan karakteristiknya yang sangat unik jaket parasut bisa dirawat dengan cara yang sangat mudah, bahkan anda bisa mencuci jaket tersebut seperti layaknya mencuci pakaian biasa.

  1. Untuk mencuci jaket parasut mula-mula siapkan ember yang berukuran besar kemudian campurkan air dan dan detergent ke dalamnya.
  2. Masukkan jaket parasut kedalam ember sambil di aduk-aduk secara perlahan supaya kotoran atau debu yang menempel mudah terangkat. Setelahnya diamkan jaket selama kurang lebih 15 menit di dalam ember.
  3. Kucek jaket parasut anda secara perlahan. Jika terdapat noda atau kotoran yang membandel gunakanlah sikat yang berbulu halus untuk membersihkannya.
  4. Bilas jaket parasut dengan menggunakan air bersih sampai tidak ada lagi busa sabun yang melekat pada jaket. Sisa detergen yang tertinggal pada jaket biasanya berpotensi besar untuk menimbulkan bercak-bercak putih.
  5. Jemur jaket parasut ditempat yang bersih dan terkena sinar matahari secara langsung.
  6. Setelah kering segera angkat jaket parasut tersebut kemudian simpan ke dalam almari pakaian.
  7. Untuk menyimpan jaket parasut anda bisa menggantungnya dalam almari penyimpanan ataupun melipatnya.

Butuh bahan kain parasut berkualitas dengan harga murah untuk untuk membuat jaket?. Mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Parasut kami Di Sini. Kalau anda ingin membuat jaket sendiri anda juga bisa mendownload polanya dari kami.

Oversized Hoodie

Oversized hoodie menjadi item fashion berikutnya yang bisa anda andalkan untuk tampil stylish saat new normal. Dengan bentuk dan potongannya yang terlihat kebesaran di bagian tangan, oversized hoodie ini secara tidak langsung dapat meminimalisir terjadinya perpindahan virus dari benda ke permukaan tangan.

Pakaian New Normal

Sumber : https://www.shopjessicabuurman.com/

Sebagai salah satu item fashion yang memiliki desain cukup simple namun tetap terkesan keren oversized hoodie ini pada prinsipnya sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis celana hingga rok.

  1. Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, oversized hoodie bisa digunakan untuk berbagai aktivitas apapun.
  2. Bagi anda yang ingin tetap tampil santai saar di rumah anda juga bisa menambahkan oversized hoodie sebagai busana andalan asal pemilihan padupadannya juga harus tepat.

Tertarik untuk membuat hoodie jumper sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya maka anda bisa mendownload pola siap pakai dari kami.

Perbedaan paling mendasar dari hoodie jumper lengan raglan dengan lengan licin yaitu terletak pada sambungan lengan dan badannya.

  1. Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  2. Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Masker Kain

Masker kain hadir sebagai alternatif pengganti masker medis yang lebih murah dan dapat dipakai lebih dari sekali. Meskipun terbuat dari bahan yang jelas berbeda dengan masker bedah atau masker N95, akan tetapi masker kain ini pada prinsipnya masih sangat berguna sebagai alat perlindungan diri ketika berbelanja atau bekerja.

  1. Berdasarkan penelitian dari Smart Air Filters, terungkap bahwa bahan kaos katun dan sarung bantal menjadi bahan kain terbaik untuk membuat masker wajah.
  2. Selain mudah didapatkan kemampuan masker kain dari dua bahan tersebut dinilai cukup baik untuk menangkap partikel namun tetap membuat penggunanya dapat bernafas dengan nyaman.

Pakaian New Normal

Sumber : https://blueribbonstyles.com/

Satu hal yang harus anda ingat, supaya masker kain yang anda miliki bisa menangkal bakteri dan virus lebih maksimal, pastikan pakai masker kain yang ukurannya pas dan sesuai dengan wajah. Selain itu anda juga harus menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah memakai maker.

  1. Sebelum memakai masker cuci terlebih dahulu tangan anda dengan air dan sabun untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang ada di tangan. Setelah itu pakai masker di wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat dengan erat di belakang kepala.
  2. Hindari menyentuh masker yang anda gunakan dengan telapak tangan.
  3. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang longgar, jangan lupa cuci tangan terlebih dulu.
  4. Ketika mengganti masker, anda bisa melepas masker dari belakang dan hindari menyentuh bagian depan masker.
  5. Setelah dipakai masker kain harus langsung dicuci dengan air dan deterjen lalu jemur hingga kering.
  6. Bila masker yang biasa anda pakai sudah rusak atau sobek sebaiknya segera ganti masker tersebut dengan masker kain yang masih baru.

Ingin membuat masker wajah sendiri untuk keperluan pribadi, donasi atau dijual kembali anda juga bisa mendownload Pola Masker Motor dan Pola Masker Kain dari kami.

Scarf

Bosan memakai masker kain setiap hari?. Untuk menutup dan melindungi bagian wajah anda sesekali gunakan scarf yang dapat dijumpai dalam berbagai macam bahan sebut saja chiffon, cotton dan juga linen.

  1. Kain chiffon menjadi salah satu kain favorit untuk pembuatan scarf karena teksturnya yang ringan, tipis dan hampir transparan.
  2. Kain cotton atau katun yang dibuat dari bahan dasar serat kapas sangat nyaman dikenakan saat cuaca panas maupun dingin.
  3. Scarf berbahan dasar katun mempunyai ciri khas tekstur yang halus dan lembut namun kuat dan tahan lama.
  4. Scarf berbahan katun juga tidak membuat alergi bagi pemakainya dan sangat mudah perawatannya.
  5. Memiliki tekstur yang hampir sama dengan cotton, kain linen juga dapat dijadikan pilihan yang sempurna untuk membuat scarf.
  6. Kain linen memiliki tekstur yang lembut dan ketika di raba sangat halus.
  7. Serabut kain linen tersusun sangat rapi tidak seperti bahan kain yang terbuat dari kapas (cotton).
  8. Scarf berbahan linen sangat awet dan akan semakin lembut jika sering dicuci.

Pakaian New Normal

Sumber : https://lcpshop.net/

Roundhand Shirt

Khusus untuk anda yang ingin memakai busana tertutup agar merasa aman anda bisa menggunakan roundhand shirt yang dilengkapi dengan lengan panjang hingga mencapai telapak tangan. Untuk alasan kenyamanan pilih roundhand shirt yang dibuat dari bahan katun agar tetap terasa sejuk dan dingin ketika dipakai.

  1. Pastikan roundhand shirt yang anda pilih terbuat dari bahan yang berkualitas, dapat menyerap keringat dan juga tidak mudah luntur.
  2. Untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam roundhand shirt usahakan untuk memilih motif dan warna pakaian yang benar-benar sesuai dengan selera anda.

Pakaian New Normal

Sumber : https://productnation.co/

Turtleneck

Selain mengenakan roundhand shirt mungkin anda juga akan menyukai baju turtleneck. Walau dinegara-negara empat musim baju turtleneck seringkali dikenakan sebagai pakaian hangat saat musim salju dan musim dingin, namun model baju yang satu ini pada prinsipnya juga dapat dipakai utnuk menghadapi era new normal.

  1. Turtleneck sendiri sebenarnya merupakan model kerah busana penutup tubuh bagian atas yang didesain dalam bentuk ketat untuk menutupi dan menghangatkan seluruh bagian leher.
  2. Sekalipun model dasar dari busana berkerah turtleneck selalu dibuat dalam bentuk tinggi tetapi jenisnya ada bermacam-macam, beberapa diantaranya:
  3. Classic turtleneck yang memiliki desain paling kuno dimana model lingkar lehernya biasa dibuat dalam ukuran yang tidak terlalu besar, terlalu kecil ataupun terlalu tinggi.
  4. Oversized turtleneck berpotongan longgar yang biasa dibuat dari kain berbahan rajutan seperti wool salah satunya.
  5. Cowl neck yang dapat diperoleh dari hasil perpaduan antara classic turtleneck dengan oversized turtleneck.
  6. Funnel neck yang memiliki kerah berbeda dibandingkan model turtleneck yang lainnya karena bagian lehernya dibuat dalam ukuran yang tidak terlalu tinggi.

Pakaian New Normal

Sumber : https://teym.eu/

Extra Long Sleeve

Sempat populer dikalangan para selebritis busana dengan extra long sleeve kini juga bisa anda kenakan sebagai item fashion andalan untuk tampil lebih modis dan stylish. Extra long sleeve sendiri sebenarnya cenderung sama dengan model baju biasa, bedanya hanya terletak pada bagian lengannya saja karena dibuat lebih panjang.

  1. Standar ukuran panjang lengan dari busana extra long sleeve biasanya dibuat lumayan panjang bahkan sampai melebihi ujung jari tangan.
  2. Dengan ukuran lengannya yang cukup panjang busana extra long sleeve ini dapat digunakan untuk melindungi tangan anda agar tetap bersih ketika memegang gagang pintu, tombol lift maupun benda lainnya.

Pakaian New Normal

Sumber : https://poshmark.com/

Bucket Hat

Bucket hat merupakan sejenis topi yang bisa diandalkan untuk melindungi tubuh khususnya bagian rambut dari paparan virus corona. Bentuknya yang melebar kebawah memungkinkan seluruh rambut tertutup. Kalau anda memiliki rambut panjang anda bisa mengikatnya dulu sebelum menggunakan bucket hat.

  1. Dilihat dari sejarahnya nama bucket hat sendiri diambil dari bentuknya yang terlihat seperti bucket atau ember.
  2. Bucket hat pertama kalinya dijadikan item fashion pada tahun 1960-an.
  3. Selanjutnya pada tahun 1980-an bucket hat ini menjadi lebih populer di kalangan para rapper dan menjadi tren street wear untuk casual outfit.
  4. Semenjak para idol Korea mulai memakai bucket hat keberadaan topi ini pun mulai dikenal dan digandrungi oleh para remaja khususnya remaja wanita.

Pakaian New Normal

Sumber : https://www.amazon.com/

Berencana untuk membeli bucket hat sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung harus memilih yang seperti apa?. Berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan bucket hat yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilih bucket hat yang didesain dalam warna-warna netral dan bermotif simple kalau anda lebih suka tampil simple.
  2. Pilih bucket hat yang tidak biasa dan berwarna warni kalau anda suka bergaya unik.
  3. Untuk aktifitas sehari-hari pilih bucket hat yang cenderung polos agar tampilan yang dihasilkan tampak lebih casual dan santai.

Face Shield

Menyambut era new normal anda dapat memakai face shield saat bekerja. Face shield sendiri merupakan alat pelindung wajah yang bentuknya mirip seperti perisai dan banyak dibuat dari bahan plastik transparan.

  1. Face shield secara umum dapat memberikan proteksi pada area mata, hidung, sekaligus mulut.
  2. Face shield dapat melindungi penggunanya dari paparan virus sampai 96 persen, saat digunakan dalam jarak setengah meter dari orang yang batuk.
  3. Face shield sangat praktis digunakan dan minim celah kesalahan cara penggunaan.
  4. Face shield bisa didisinfeksi di mana saja jadi kalau bepergian keluar rumah anda tidak perlu repot membawa beberapa face shield ekstra.
  5. Face shield bisa menunjang jaga jarak aman karena setiap orang bisa berkomunikasi tanpa perlu berdekatan.
  6. Supaya terlihat makin modis dan stylish anda bisa menggunakan face shield model bucket hat yang memiliki desain kekinian.

Pakaian New Normal

Sumber : https://shopee.co.id/

Travel Pouch

Untuk membawa alat-alat kebersihan seperti hand sanitizer, tisu kering hingga tisu basah ketika berpergian anda bisa menyatukan benda-benda tersebut di dalam travel pouch. Selain difungsikan untuk menyimpan alat kebersihan travel pouch ini juga bisa dijadikan item alternatif pengganti dompet untuk suasana yang lebih casual.

Pakaian New Normal

Sumber : https://www.livefashionable.com/

Tertarik untuk membuat kreasi pouch sendiri sebagai tempat untuk membawa handsanitizer?. Sebagai bahan referensi anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai cara membuat Kreasi Dompet/Pouch Sederhana Dari Bahan Kain.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa macam item fashion yang dapat anda jadikan sebagai pakaian andalan dalam menghadapi era hidup new normal. Semoga artikel yang kami bagikan bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.