Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Menjual Barang Preloved…

7 Tips Menjual Barang Preloved (Baju, Sepatu dan Tas) Agar Cepat Laku

Punya banyak koleksi baju, tas dan sepatu yang sudah tidak terpakai tapi kondisinya masih bagus?. Dari pada dibiarkan makin menumpuk dan membuat rumah jadi penuh, lebih baik jual saja barang-barang tersebut di layanan e-comerce atau event khusus yang banyak dikunjungi pecinta barang preloved.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Preloved

Dalam bisnis jual beli produk fashion preloved dapat diartikan sebagai barang koleksi pribadi yang dijual kembali dalam kondisi bagus dan layak pakai, bahkan kebanyakan masih memiliki kondisi yang mirip atau sama persis dengan kondisi barang saat masih baru dan harganya cukup bervariasi.

Barang Preloved

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa contoh barang-barang yang bisa di kategorikan sebagai barang preloved diantaranya:

  • Barang yang dibeli dan hanya dipakai beberapa kali saja.
  • Barang yang dibeli namun belum sempat dipakai.
  • Barang pemberian orang yang belum sempat dipakai.

Tips Menjual Barang Preloved

Tidak jauh beda dengan strategi promosi untuk barang-barang baru, untuk menjual barang preloved (baju preloved / sepatu preloved / tas preloved) agar cepat laku sebenarnya ada banyak sekali hal-hal penting yang perlu diperhatikan.

1. Pilih Barang Yang Akan Dijual

Seleksi terlebih dahulu barang preloved yang hendak anda jual kembali. Caranya keluarkan semua koleksi busana yang ada di dalam almari pakaian anda kemudian pilih pakaian mana yang benar-benar masih ingin anda pakai dan mana yang tidak.

  • Barang preloved yang dijual inipun syarat utamanya pasti harus layak pakai, kondisinya masih bagus dan bersih.
  • Barang preloved yang dijual bisa berupa barang high-end dari berbagai merk ternama atau collection items yang sudah susah dicari di pasaran.

Selain itu anda juga perlu membagi barang preloved ke dalam beberapa kategori sesuai dengan kualitas barang tersebut.

  • Kelompokkan barang preloved menurut kategori, seperti baju atasan, baju-baju bawah, kemeja, kaos dan lainnya.
  • Kelompokkan juga jenis baju yang memang baru dipakai sekali, atau dua kali, bahkan baju-baju yang sudah dipakai berkali-kali.

Barang Preloved

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Perhatikan Kebersihan Produk

Pastikan barang preloved yang anda miliki dalam kondisi bersih dan rapi sebelum dijual kembali. Jadi meski statusnya merupakan barang bekas pakai cobalah untuk menyulap dan mengemasnya seperti layaknya barang baru.

Untuk memastikan kebersihan baju preloved yang hendak anda jual anda bisa mencucinya terlebih dahulu kemudian menyetrikanya supaya lebih rapi.

3. Buat Foto Produk Yang Menarik

Buat foto produk yang menarik untuk menggambarkan koleksi barang preloved secara detail dan menyeluruh. Dalam hal ini anda bisa menjadikan postingan dari brand-brand favorit sebagai sumber inspirasinya.

Kriteria paling penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah foto barang preloved (baju preloved / sepatu preloved / tas preloved) diantaranya:

  • Foto barang preloved yang ditampilkan harus indah dan menarik.
  • Foto barang preloved yang ditampilkan harus realistis.
  • Foto barang preloved harus konsisten dan membuat konsumen merasa nyaman melihat-lihat katalog produk anda.

Barang Preloved

Sumber : https://www.pinterest.ph/

Untuk membuat foto yang menarik lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 5 Cara Foto Produk Baju Untuk Menarik Perhatian Konsumen.

4. Tetapkan Harga Yang Sesuai

Tetapkan harga yang pantas untuk membuat barang preloved (baju preloved / sepatu preloved / tas preloved) yang anda jual jadi lebih bernilai. Tapi ingat jangan sampai harganya terlampau tinggi bahkan menyamai harga produk ketika kondisinya masih baru.

Untuk menentukan harga barang preloved anda bisa melakukan survey atau membuat perhitungan sendiri. Yang pasti sesuaikan kondisi dan kualitas dengan harga barang agar pembeli tidak kecewa.

  • Untuk baju sekali pakai, anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi dibanding baju yang lainnya begitu pula sebaliknya.
  • Untuk barang preloved yang tergolong bermerk dan cukup mahal anda boleh menerapkan sistem negosiasiagar tidak mengalami kerugian.

5. Gunakan Layanan E-Commerce

Temukan layanan yang tepat untuk menjual barang preloved (baju preloved / sepatu preloved / tas preloved). Dalam hal ini anda dapat memanfaatkan layanan e-commerce yang menjangkau lebih banyak konsumen.

  • Anda dapat menjual barang preloved melalui e-commerce khusus penjualan barang bekas.
  • Pilih kategori yang sesuai dengan barang preloved yang anda jual (baju preloved / sepatu preloved / tas preloved).

Barang Preloved

Sumber : https://www.tinkerlust.com/

6. Tulis Deskripsi Secara Jujur

Cantumkan deskripsi produk secara jujur sesuai dengan kondisi barang yang anda jual terutama jika ada kerusakan, noda atau kekurangan lainnya. Dengan begitu maka kemungkinan pelanggan untuk kembali memesan barang preloved dari anda akan semakin besar.

  • Tuliskan secara detail deskripsi produk yang anda jual agar pembeli tidak merasa kecewa setelah membeli barang preloved tersebut.
  • Cantumkan secara detail ukuran, warna dan kondisi barang yang anda miliki.
  • Tuliskan pula keterangan apakah barang preloved tersebut sudah pernah anda pakai atau justru belum pernah dipakai sama sekali.

7. Promosikan Produk Yang Anda Jual

Untuk menarik lebih banyak minat calon pembeli, jangan lupa untuk mempromosikan barang preloved (baju preloved / sepatu preloved / tas preloved) yang anda jual menggunakan sosial media.

  • Promosi barang preloved ini bisa dikemas dalam bentuk video atau foto yang menarik.
  • Pastikan akun yang anda pakai untuk promosi tidak bersifat private jika ingin menjangkau market yang lebih luas.

Anda juga dapat mencoba iklan berbayar melalui e-commerce. Dengan begitu postingan barang preloved yang anda jual akan ada di halaman pertama dan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Opsi lain anda bisa mengikuti event seperti bazaar, konser atau event lokal lain agar barang preloved yang anda miliki cepat terjual habis. Yang terpenting ikutilah event yang berpotensi besar untuk dikunjungi pecinta barang-barang bekas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips dan trik yang bisa anda coba untuk menjual barang preloved supaya cepat laku. Dengan mengetahui banyaknya hal yang harus diperhatikan ketika menjual barang preloved semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menjual kembali barang preloved yang anda miliki.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki Di Sini.

Kalau anda mau membuat baju sendiri tapi masih merasa kesulitan untuk mengambil ukuran badan dan membuat polanya, maka anda bisa mendownload Pola Baju siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.