Article

Cummerbund

Cammerbund atau dalam bahasa Hindi Persia lebih dikenal dengan nama kamarband (kain cawat) merupakan ban pinggang berukuran lebar yang biasa dikenakan sebagai pelengkap pakaian tradisional pria di negara India, Persia, dan Amerika Selatan. Di India sendiri cummerbund biasa diciptakan dalam warna-warna terang. Terinspirasi dari model cummerband yang digunakan di India, aksesoris tersebut kemudian dimodifikasi oleh designer baju sebagai aksesoris seragam tentara Inggris yang di kenakan pada jamuan makan malam yang bernuansa formal.

 

Cummerbund

Sumber : http://www.jimsformalwear.com

Meski pada awalnya hanya digunakan oleh masyarakat kelas atas, namun saat ini cummerbund yang diciptakan oleh designer baju banyak digunakan oleh para pria dalam budaya barat sebagai pembatas antara bagian pinggang dan kemeja. Bagi sebagian orang cummerbund dianggap sebagai aksesori wajib busana tuksedo lelaki untuk memberikan sentuhan yang sedikit lebih rapi dan keren.

Cummerbund

Sumber : http://www.gosuit.com/

Dilihat dari bentuk dan desainnya cummerbund dapat dikenakan dengan cara diikatkan di belakang maupun dikancingkan seperti tali pinggang. Untuk menonjolkan sisi maskulin yang dimiliki oleh seorang pria, cummerbund yang diciptakan dalam warna-warna gelap seperti hitam, biru donker, dan merah maroon menjadi pilihan yang tepat untuk dipadukan bersama tuksedo dan dasi kupu-kupu (bow tie) yang berwarna sama atau senada.

Cummerbund

Sumber : http://www.jimsformalwear.com

Selain berfungsi sebagai pelengkap busana formal, cummerbund biasa digunakan oleh beberapa atlet dalam cabang olahraga tertentu. Selama abad ke-19 dan awal abad ke-20 cummerbund yang dibuat dari bahan katun seringkali dikenakan oleh para atlet yang berpartisipasi dalam latihan maupun kompetisi olahraga senam dan diving. Untuk melakukan aktivitas yang berat bisanya cummerbund yang digunakan dibuat dari material lain yang lebih tahan lama. 

Cummerbund

Sumber : http://www.menswearhouse.com

Dalam memilih cummerbund hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pastikan panjangnya sesuai dengan ukuran pinggang. Penggunaan cummerbund berwarna terang sangat identik dengan acara pernikahan, oleh sebab itu untuk menghindari kesan berlebihan sebaiknya pilihlah cummerbund yang berwarna hitam.

Cummerbund

Sumber : https://www.mooresclothing.com

Seiring berjalannya waktu, saat ini cummerbund mulai dibuat dari berbagai variasi bahan. Bahkan selama abad ke-20 cummerbund sering kali dikenakan pada busana wanita sebagai pelengkap pakaian sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.