Article

Homepage Article Fashion Design 10 Tips Mencuci Baju Dari…

10 Tips Mencuci Baju Dari Thrift Shop Agar Bersih dan Bebas Bau

Trend Membeli Baju Bekas Import di Thrift Shop (Thrifting Baju), belakangan memang semakin digemari oleh anak muda. Tapi harus diingat juga setelah mendapat baju bekas yang anda inginkan dari thrift shop, jangan lupa untuk mencucinya dengan cara yang tepat ya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Thrift Shop

Thrift shop merupakan sebuah toko atau sebuah jenis usaha yang pada dasarnya memiliki spesialisasi untuk menjual barang-barang bekas namun masih layak pakai. Produk yang dijual di thrift shop sendiri biasanya identik dengan barang branded atau barang dari merek ternama dunia tapi harganya jauh lebih murah dibandingkan koleksi baru.

  • Barang yang dijual di thrift shop mengarah pada barang bekas yang berasal dari luar negeri, salah satunya yakni pakaian bekas.
  • Barang yang dijual di thrift shop dulunya berasal dari luar negeri dan berasal dari donasi namun lama-kelamaan bukan lagi berasal dari donasi.
  • Barang-barang thrift bukanlah barang baru, meski demikian kondisinya masih bagus dan tak jarang juga ada yang terlihat seperti masih baru.

Baju Thrift Shop

Sumber : https://www.hawk-hill.com/

Karena baju-baju yang dijual di thrift shop merupakan baju bekas, maka sebelum memakainya penting bagi anda untuk membersihkan kembali setiap pakaian yang anda beli untuk mengurangi paparan bakteri, jamur dan serangga berbahaya yang mungkin terdapat pada pakaian tersebut.

Simak juga Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan Thrift dan Preloved.

Tips Mencuci Baju Thrift Shop

Mau tahu bagaimana cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencuci baju bekas dari thrift shop?. Untuk memastikan agar baju yang anda dapatkan tetap nyaman saat dipakai dan bebas dari bau, jamur maupun bakteri, berikut kami bagikan beberapa tips mencuci baju dari thrift shop yang bisa anda coba. 

1. Cek Label Baju

Sebelum melakukan pencucian sebaiknya periksa terlebih dahulu Label Baju yang disertakan pada produk yang anda beli. Dengan mengikuti instruksi pencucian yang tertera pada label baju supaya kualitas baju tetap bagus dan awet.

  • Untuk membersihkan baju yang bahannya halus seperti sutra dan wol anda dapat mencucinya dengan sabun mandi atau sabun bayi.
  • Untuk baju yang harus dicuci dengan metode dry clean, cuci baju tesebut dengan metode dry clean untuk mempertahankan material dan struktur baju.

Baju Thrift Shop

Sumber : https://www.reviewed.com/

Simak juga 4 Keuntungan Mencuci Pakaian Dengan Metode Dry Cleaning.

Jika label baju hilang atau kurang terbaca jelas anda bisa membandingkannya dengan baju-baju yang memiliki material kurang lebih serupa karena cara perawatannya bisa jadi tidak jauh berbeda.

2. Bersihkan Noda Membandel

Periksa kembali baju yang anda beli dari thrift shop. Jika ada noda-noda seperti bekas keringat, tinta, saus, dan noda lain yang masih tertinggal anda bisa membersihkannya terlebih dahulu soda kue, cuka, hidrogen peroksida atau lemon.

3. Gunakan Cuka Putih

Gunakan cuka putih untuk menghilangkan bau menyengat pada pakaian bekas yang mungkin timbul karena parfum atau produk pembersih beraroma. Tapi jika baunya tetap ada anda bisa merendam baju semalaman di wastafel atau ember sebelum dicuci kembali.

4. Rendam Dengan Air Panas

Bersihkan baju bekas yang anda beli dari thrift shop dengan air panas untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di baju bekas. Caranya cukup rendam baju bekas dalam ember yang berisi air panas selama 10 hingga 15 menit.

Baju Thrift Shop

Sumber : https://austin.eater.com/

5. Gunakan Cairan Antiseptik

Selesai direndam dengan menggunakan air panas selanjutnya rendam baju dengan cairan antiseptik supaya kebersihannya lebih terjamin setelah direndam dengan air panas.

  • Lakukan perendaman baju pada cairan antiseptik selama 5 hingga 10 menit.
  • Peras baju dan rendam untuk kedua kalinya dengan baking soda atau sabun untuk menghilangkan bau antiseptik.
  • Setelahnya anda bisa melanjutkan proses pencucian seperti biasa.

Penggunaan cairan antiseptik dalam proses pencucian baju bekas ini dapat lebih optimal membunuh kuman yang tersisa dibandingkan hanya direndam dengan air panas.

6. Cuci Dengan Tangan

Untuk memastikan bahwa pakaian yang anda beli benar-benar bersih lakukan proses pencucian baju bekas thrift shop secara manual dengan menggunakan tangan. Cara ini juga lebih aman jika label atau petunjuk pencucian pada baju bekas sudah tidak ada tanpa takut pakaian akan rusak.

Baju Thrift Shop

Sumber : https://www.cleaningiscaring.org/

7. Pilih Detergen Yang Lembut

Gunakan detergen yang berbahan lembut untuk mencuci baju bekas yang anda dapatkan dari thrift shop untuk mencegah terjadinya kerusakan serat kain.

8. Rendam Dengan Pewangi

Selain menggunakan detergen yang lembut jangan lupa rendam baju yang sudah anda cuci dengan pewangi dan pelembut pakaian setelahnya agar baju yang anda beli kembali wangi dan tidak berbau apek.

9. Jemur di Bawah Matahari

Selesai melakukan pencucian, selanjutnya keringkan baju secara langsung di bawah sinar matahari. Saat menjemur jangan lupa balik baju yang anda miliki agar tidak rusak atau pudar agar karena terpapar sinar matahari.

Menjemur baju secara langsung di bawah sinar matahari akan membuatnya lebih cepat kering.
Sinar matahari juga berfungsi sebagai disinfektan alami yang dapat membantu mematikan kuman dan bakteri pada baju.

10. Setrika Baju

Jika sudah kering setrika baju bekas thrift shop seperti biasa dengan suhu yang sesuai dengan bahan kainnya. Setelah disetrika sekarang baju siap untuk dikenakan atau disimpan.

  • Panas setrika dapat membantu melembutkan serat kain dan membuat baju terlihat seperti baru kembali.
  • Panas setrika dapat membantu mengendurkan dan meratakan serat yang dapat mengembalikan bentuk alami pakaian.
  • Panas setrika juga bisa membantu membunuh bakteri dan kuman yang mungkin masih tertinggal pada baju.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mencuci baju bekas yang dibeli dari thrift shop. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan babgi anda untuk mencuci baju bekas yang benar agar terhindar dari jamur dan bakteri yang mungkin menempel pada pakaian itu sendiri.

Untuk anda mau mencoba peruntungan dalam bisnis thrift shop, anda bisa mendownload E-Book kami yang berjudul Peluang Barang Thrift dan Prelove Untuk Ide Bisnismu.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.