Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Membeli Baju Bekas…

8 Tips Membeli Baju Bekas Import di Thrift Shop (Thrifting Baju)

Trend membeli baju bekas import di thrift shop tidak dapat dipungkiri memang tengah menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan cukup populer di kalangan anak muda bahkan seluruh lapisan masyarakat pada umumnya. Untuk anda yang baru pertama kali mau mencoba trifting baju simak dulu tips berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Thrifting Baju

Thrifting baju dapat diartikan sebagai aktivitas berbelanja atau berburu baju-baju bekas. Dalam hal ini barang yang diperjual belikan disebut dengan barang bekas pakai, sementara tempat yang menjual barang bekas tersebut dinamakan dengan thrift shop.

  • Baju bekas pakai yang dijual di thrift shop biasanya adalah suatu barang bekas atau second yang berasal dari luar negeri.
  • Baju bekas pakai yang dijual di thrift shop dulunya berasal dari donasi namun lama-kelamaan bukan lagi berasal dari donasi.
  • Karena barang thrift merupakan barang second maka kondisinya tidak 100% mulus walaupun beberapa ada juga yang terlihat seperti baru.

Thrifting Baju

Sumber : https://shopee.co.id/

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, trend thrifting baju sendiri sekarang marak dilakukan karena kesadaran masyarakat terhadap bahaya sistem fast fashion semakin tinggi. Dengan melakukan thrifting baju inipun ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, beberapa diantaranya:

  • Menjadi kesempatan untuk menemukan barang-barang unik dan langka.
  • Bisa menambah koleksi baju secara hemat, karena baju thrift biasanya lebih murah.
  • Melatih kesabaran untuk memilih barang secara detail dan teliti.
  • Membantu aksi daur ulang dan membantu gaya hidup ramah lingkungan.
  • Mendukung gerakan sustainable fashion dan zero waste fashion untuk menyelamatkan lingkungan.
  • Mengurangi efek buruk dari fast fashion yang berdampak buruk pada lingkungan.

Tips Thrifting Baju

Tertarik untuk mendukung gerakan sustainable fashion dengan cara membeli baju bekas import di thrift shop?. Untuk anda yang ingin mencoba thrifting baju penting bagi anda untuk menerapkan sejumlah tips berikut.

1. Perhatikan Kualitas Jahitan

Tips yang pertama yaitu pastikan anda lebih selektif dalam memilih baju bekas import untuk menghindari adanya jahitan yang cacat dibagian-bagian yang tidak terlihat.

  • Saat melakukan thrifting baju pastikan baju yang hendak anda beli tidak memiliki jahitan yang terlepas, karet yang melar atau kancing yang hilang.
  • Kalaupun anda tetap ingin membelinya, maka anda bisa menggunakan hal tersebut sebagai salah satu alasan untuk menawar harga.

Thrifting Baju

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Perhatikan Warna Baju

Ketika memilih baju bekas import ada baiknya jika anda lebih detail dan teliti dalam memeriksa bagus tidaknya warna baju yang anda inginkan. Baju bekas yang bagus minimal warnanya masih cerah, tidak luntur, tidak kusam dan masih layak digunakan.

3. Periksa Ada Tidaknya Noda

Perhatikan juga ada tidaknya noda pada baju bekas import sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

  • Bila noda yang ada pada baju kemungkinan masih bisa hilang tidak masalah bila anda membelinya.
  • Tapi kalau noda yang ada pada bajusepertinya sulit dibersihkan sebaiknya pikir dua kali sebelum membelinya.

Thrifting Baju

Sumber : https://www.popsugar.com/

4. Pilih Ukuran Yang Tepat

Karena baju bekas import yang dijual di thrift shop kebanyakan dikirim dari luar negeri, bisa jadi ukuran yang tertera tidak sama dengan baju yang biasa anda gunakan. Maka dari itu saat thrifting baju pastikan anda melihat lebih teliti dari mana asal pakaian yang anda beli.

Thrifting Baju

Sumber : https://www.bestlabels.us.com/

Untuk mengetahui standar ukuran pakaian yang digunakan di luar negeri simak kembali pembahasan mengenai:

Jangan lewatkan pula pembahasan mengenai Cara Mengetahui Arti Kode Ukuran Celana Jeans Agar Tidak Salah Pilih.

5. Hati-Hati Dengan Merek Palsu

Khusus untuk anda yang mementingkan merek, jangan sampai tertipu dengan merek palsu alias brand KW yang dijual di thrift shop. Sebab tidak jarang ada pedagang nakal yang sengaja memalsukan label pakaian branded untuk mengambil keuntungan lebih besar.

  • Untuk mengantisipasi hal tersebut penting bagi anda memahami karakter dan ciri khas dari merek yang menjadi incaran anda.
  • Selain itu cari tahu juga rekomendasi toko baju second atau thrift shop tepercaya.

6. Pikirkan Padupadannya

Tidak jauh berbeda seperti saat anda membeli baju baru, ketika membeli baju beks import di thrift shop penting bagi anda untuk membayangkan seperti apa padupadan yang bisa anda lakukan dengan model baju tersebut.

  • Jangan hanya tergoda karena desainnya yang lucu lantas anda memutuskan untuk membeli baju yang sebenarnya tidak begitu anda butuhkan.
  • Pilihan terbaik pikirankan akan dipakai di momen seperti apa baju yang anda beli tersebut. Untuk mendapatkan baju terbaik anda bisa mencoba memadupadankan beberapa fashion item saat mencoba baju di toko.

7. Pilih Toko Yang Terkurasi

Pastikan anda berbelanja di thrift shop yang sudah terkurasi dan sudah pasti menjual produk unggulan yang terseleksi. Beberapa toko yang sudah terkurasi biasanya banyak direview oleh influencer di bidang thrifting baju. Selain itu mereka juga memiliki store online dan web yang terpercaya.

  • Dengan berbelanja baju bekas import di toko yang sudah terkurasi anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan barang-barang berkualitas.
  • Baju-baju di toko yang dudah terkurasi biasanya dijamin sudah bersih dan pastinya layak pakai karena kualitasnya tidak jauh beda dari barang baru.

Thrifting Baju

Sumber : https://de.foursquare.com/

8. Tawar Harga Baju

Untuk anda yang mau menambah koleksi baju secara hemat, cobalah untuk menawar harga baju thrift walau kebanyakan sudah dijual dengan harga lebih murah. Terlebih jika anda menemukan cacat atau kerusakan pada baju bekas import tersebut.

Setelah mendapatkan baju yang anda inginkan sesampainya di rumah jangan lupa segera cuci baju-baju hasil thrifting tersebut agar kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

  • Rendam baju bekas dengan air hangat selama 10 – 15 menit untuk membunuh kuman dan bakteri.
  • Rendam baju bekas dengan cairan antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri.
  • Cuci baju bekas menggunakan deterjen dan pewangi pakaian.
  • Jemur baju di bawah sinar matahari lalu biarkan kering dengan sendirinya.
  • Terakhir setrika baju bekas sesuai suhu yang direkomendasikan untuk bahan tersebut agar terlihat lebih rapi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus diperhatikan ketika melakukan thrifting baju atau membeli baju bekas import di thrift shop. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk mendapatkan baju-baju yang berkualitas dan tidak kalah keren dari baju-baju baru yang dijual di mall ya.

Jangan lewatkan pula pembahasan mengenai Perbedaan Thrift dan Preloved kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang hal-hal mendasar yang membedakan keduanya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.