Article

Homepage Article Fashion Design Hubungan Nomor Punggung…

Hubungan Nomor Punggung Jersey Bola Dengan Posisi Pemain

Tahukah anda bahwa selain menjadi penanda kostum, nomor punggung yang terdapat pada jersey bola ternyata juga menunjukkan posisi dan peran pemain dalam suatu kompetisi sepakbola lho. Bahkan tidak jarang ada juga pemain yang sangat identik dengan nomor punggung tertentu.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Nomor Punggung

Nomor punggung merupakan salah satu identitas yang menunjukkan tentang posisi pemain bola. Dilihat dari sejarahnya, penggunaan nomor punggung pada suatu klub bola konon pertama kali diperkenalkan oleh Arsenal pada tanggal 25 Agustus 1928 saat melawan Sheffield Wednesday.

Jersey Bola

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kala itu tim Arsenal yang dilatih oleh Herbert Chapman mengatur nomor punggung pemain secara berurutan dari angka 1 sampai 11 supaya lebih mudah mengetahui posisi pemain. Nomor punggung 1 dipakai oleh penjaga gawang atau kiper, selanjutnya diurutkan sampai dengan nomor 11 yang digunakan oleh penyerang.

Jersey Bola

Sumber : https://www.donga.com/

Dari yang semula hanya menggunakan urutan 1 sampai 11 kini para pemain bola tidak lagi harus menggunakan nomor punggung sesuai posisi dan perannya di lapangan. Karena ada banyak pemain, tidak jarang juga ada jersey yang menggunakan nomor 11 sampai 22 pada pakaian yang dikenakannya.

Jersey Bola

Sumber : https://www.theguardian.com/

Penggunaan nomor punggung dari 11 sampai 22 sendiri mulai diterapkan ketika sistem pergantian pemain dikenalkan di Inggris pada 1965. Biasanya pemain pengganti tersebut memakai nomer 12, 13 dan selanjutnya.

Jersey Bola

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Meski penerapan nomor punggung pada jersey bola sudah banyak mengalami perubahan, namun perlu diketahui juga bahwa nomor awal atau nomor klasik yakni 1-11 masih identik dengan posisi-posisi tertentu dalam sepak bola.

Simak juga Sejarah Penggunaan Nomor Punggung Pada Kostum Pemain Bola.

Sistem Penomoran Jerey Bola

Mau tahu seperti apa hubungan antara nomor punggung jersey bola dengan peran dan posisi dari setiap pemain yang mengenakan nomor punggung tersebut?. Berikut kami bagikan aturan yang diterapkan dalam penomoran jersey bola sesuai sistem standar 1-11.

  • Jersey Nomor 1

Jersey bola dengan nomor punggung 1 biasanya digunakan oleh penjaga gawang utama di klub dan hampir tidak pernah diberikan untuk pemain di posisi lain. Tugas utamanya yaitu menjaga gawang agar tidak kemasukan bola dari tim lawan.

  • Jersey Nomor 2

Jersey bola dengan nomor punggung 2 biasa diberikan untuk para bek, lebih spesifiknya posisi bek kanan. Tugas utamanya yaitu menjaga daerah pertahanan sayap dan membantu serangan tim dengan sesekali maju serta memberikan umpan kepada pemain penyerang.

  • Jersey Nomor 3

Jersey bola dengan nomor punggung 3 juga dipakai oleh seorang bek, lebih spesifiknya posisi bek kiri. Pemain di posisi ini tugasnya kurang lebih sama seperti bek kanan.

  • Jersey Nomor 4

Jersey bola dengan nomor punggung 4 biasa diberikan untuk bek tengah atau center back.

  • Bek tengah adalah pemain belakang yang berada di tengah yang umumnya digunakan dalam formasi empat sejajar.
  • Bek tengah atau stopper merupakan posisi pemain yang berada di tengah-tengah.

Tugas utama dari bek tengah adalah untuk menjaga daerah tengah pertahanan agar tidak mudah ditembus lawan dan membantu kiper untuk menjaga gawang timnya tidak kebobolan.

  • Jersey Nomor 5

Jersey bola dengan nomor punggung 5 biasanya juga diberikan untuk bek tengah atau sering disebut center back.

  • Jersey Nomor 6

Jersey bola dengan nomor punggung 6 juga biasa dikenakan oleh seorang bek tengah. Selain itu, belakangan nomor punggung ini juga lekat dengan seorang gelandang bertahan.

  • Gelandang bertahan bertugas untuk melakukan pencegahan agar garis pertahanan tidak dapat dicapai oleh bola lawan.
  • Gelandang bertahan harus memiliki kemampuan memotong serangan lawan yang bagus dan mahir dalam merebut bola lawan.
  • Jersey Nomor 7

Jersey bola dengan nomor punggung 7 biasa diberikan untuk right winger alias pemain sayap kanan dan second striker, namun ada beberapa contoh striker legendaris yang memakai nomor ini sehingga memberi status nomor klasik.

  • Jersey Nomor 8

Jersey bola dengan nomor punggung 8 biasa diberikan untuk pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Meski tak setenar nomor 7 atau 10, peran pemain bernomor 8 cukup penting dalam tim. Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh gelandang tengah, yaitu:

  • Menjaga daerah sendiri di bagian tengah lapangan.
  • Mengatur ritme dalam permainan.
  • Membantu pertahanan di bagian sayap maupun tengah.
  • Menciptakan peluang bagi striker tim sendiri.
  • Memblokir serangan dari lawan.

Pemain bola yang mengenakan jersey nomor 8 biasanya memiliki kemampuan dribel yang sangat baik. Pemain bola yang mengenakan jersey nomor 8 biasanya memiliki kemampuan lebih dalam eksekusi bola mati, baik tendangan bebas maupun tendangan pojok.

  • Jersey Nomor 9

Jersey bola dengan nomor punggung 9 biasa diberikan kepada penyerang tengah atau striker utama, sosok pencetak gol dalam formasi apapun terutama dalam skema 4-3-3, 4-4-2 atau 4-2-3-1. Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh penyerang tengah, yaitu:

  • Memperoleh umpan dari teman dan mengubahnya menjadi gol.
  • Melakukan pengalihan perhatian dalam pertahanan lawan agar dapat memberikan ruang untuk pemain sayap dan gelandang serang.
  • Jersey Nomor 10

Jersey bola dengan nomor punggung 10 biasa diberikan kepada seorang playmaker atau gelandang serang.

  • Gelandang serang merupakan posisi pemain dalam sepak bola yang dianggap sebagai otak dalam tim karena dapat menciptakan pola penyerangan yang terampil dan strategis.
  • Seorang playmaker biasanya adalah pemain yang punya penglihatan tajam, kesadaran tingkat tinggi akan permainan.
  • Punya skill passing, teknik dan kemampuan membaca pertandingan untuk mengatur ritme permainan menyerang tim.
  • Jersey Nomor 11

Jersey bola dengan nomor punggung 11 sebagian besar didedikasikan untuk left winger atau pemain sayap kiri. Selain itu jersey dengan nomor 11 ini bisa juga dipakai oleh striker.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai hubungan antara nomor punggung jersey bola dengan posisi pemain saat bertanding di lapangan. Terlepas dari sejarahnya yang cukup panjang, yang pasti penggunaan nomor punggung menjadi salah satu hal menarik dalam olahraga sepakbola.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola dan 3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang sejumlah fakta unik dan menarik terkait dengan jersey bola.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.