Article

Homepage Article Fashion Muslim 10 Tips Memilih Mukena Yang…

10 Tips Memilih Mukena Yang Nyaman Untuk Buah Hati Anda

Biasa memilih mukena anak hanya berdasarkan motif atau warna yang disukai oleh buah hati anda?. Untuk memastikan kenyamanan anak beribadah, dalam memilih mukena sebaiknya jangan hanya fokus pada desain dan motifnya saja tetapi perhatikan juga kualitas bahan kain, jahitan mukena serta kesesuaian ukuran mukena dengan bentuk badan anak.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini antara lain:

Pengertian Mukena Anak

Mukena anak merupakan busana pelengkap sholat khas Indonesia yang didesain khusus untuk anak perempuan. Sesuai syarat wajib mengenai busana yang layak dipakai untuk menjalankan ibadah sholat, mukena anak ini umumnya selalu dibuat dalam ukuran yang cukup lebar dan besar dengan tujuan untuk menutup aurat pemakainya.

Mukena Anak

Sumber : https://www.blibli.com/

Tidak jauh berbeda dengan mukena dewasa, mukena yang didesain khusus untuk anak-anak sendiri umumnya memiliki berbagai macam variasi warna, model serta motif yang cukup menarik. Lebih lanjut mukena anak biasanya juga memiliki jenis bahan yang berbeda-beda jadi bisa dipilih dengan bebas sesuai kebutuhan masing-masing anak.

Mukena Anak

Sumber : https://www.blibli.com/

Tips Memilih Mukena Anak

Buat anda yang masih suka bingung saat memilih mukena untuk anak, simak dulu yuk pembahasan mengenai tips memilih mukena beserta referensi model dan bahan yang dapat dipakai untuk membuatnya.

1. Pilih Bahan Yang Nyaman

Hal terpenting yang harus anda perhatikan dalam memilih mukena anak adalah pastikan mukena anak yang anda pilih terbuat dari material yang lembut, sejuk di kulit dan tidak transparan. Untuk memudahkan anda saat melakukan perawatan akan lebih bagus lagi bila anda memilih mukena yang bahannya mudah dicuci.

Mukena Anak

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

Beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut yakni berupa kain katun, kain spandex, kain sutra, kain parasut, kain abutai, serta beberapa jenis kain lain yang sejenis seperti kain shantung dan juga kain mori (yang biasa digunakan untuk membuat batik).

  • Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis bahan kain yang banyak dipilih sebagai bahan mukena karena memiliki tekstur yang kuat, halus, mudah menyerap keringat namun dari segi harga juga lumayan terjangkau.

Khusus untuk pembuatan mukena anak beberapa varian kain katun yang biasa dipakai yakni berupa kain katun Jepang, kain katun rayon, kain katun paris, kain katun silk, kain katun IMA serta kain katun lokal.

  • Kain Katun Jepang

Kain katun Jepang merupakan sejenis kain yang terbuat dari 100% bahan organik tanpa ada campuran bahan sintetis lainya.

  • Kain katun Jepang dikenal memiliki tekstur yang halus, relatif lembut, ringan, tidak berbulu dan mudah menyerap keringat.
  • Kain katun Jepang dengan kualitas terbaik biasanya dilengkapi dengan watermark “Japan Design” beserta kode warna kain pada bagian sisi ujungnya.
  • Warna dan motif pada kain katun Jepang akan tetap terlihat cerah dan tidak luntur meski sudah dicuci berulang kali.
  • Kain katun Jepang sangat cocok digunakan untuk membuat mukena anak dengan berbagai macam motif yang cantik.

Kain katun rayon merupakan varian kain katun yang terbuat dari campuran serat katun dan rayon. Kain katun rayon terkenal sangat adem, lembut dan nyaman untuk dipakai sholat sehari-hari.

  • Kain katun rayon tekstur bahannya cenderung agak licin dan ringan.
  • Kain katun rayon terkesan jatuh saat dipakai karena bahannya sangat rngan.
  • Kain katun rayon terasa adem sehingga nyaman digunakan.
  • Kain katun rayon mudah menyerap keringat.
  • Retensi bentuk bahan katun rayon cenderung sangat rendah sehingga cukup sulit untuk kembali ke bentuk aslinya jika kusut.

Kain katun paris termasuk ke dalam jenis kain yang bertekstur halus, lembut dan memiliki permukaan kain yang mengkilap. Karakteristik paling menonjol dari kain ini yaitu cenderung lebih tipis dari katun Jepang dan terasa sejuk saat dipakai.

  • Kain Katun Silk

Kain katun silk sangat nyaman dipakai, mudah diatur serta adem dan memiliki daya serap keringat yang baik. Kain katun silk ini juga memiliki ketebalan yang sempurna untuk membuat mukena sehingga tidak akan menerawang saat digunakan.

  • Kain katun silk termasuk ke dalam jenis kain yang ringan dan teksturnya cenderung licin.
  • Kain katun silk cukup nyaman digunakan digunakan sebagai bahan mukena karena  karakteristik bahannya juga halus dan kuat.

Kain katun IMA dengan garis seratnya yang sedikit lebih jelas akan terasa sangat nyaman ketika digunakan untuk membuat mukena.

  • Kain katun IMA memiliki sifat halus, ringan, rapi dan bersifat dingin.
  • Kain katun IMA tersedia dalam banyak variasi warna yang tidak terlalu mencolok.
  • Kain katun IMA memiliki serat bercorak garis kecil-kecil yang berwarna senada dengan warna kain jadi terlihat lebih elegan dan rapi.
  • Corak pada kain katun IMA diperoleh benang yang digunakan yaitu menggunakan benang jenis slub.
  • Kain Katun Lokal

Kain katun lokal termasuk ke dalam jenis kain yang harganya relatif murah dan terjangkau. Meski murah kain katun ini juga sangat cocok digunakan untuk membuat mukena yang nyaman dipakai sehari-hari.

Butuh bahan kain katun berkualitas untuk membuat mukena anak?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun Rayon, Kain Katun Paris dan Kain Katun IMA kami.

  • Kain Sutra

Sebagai salah satu bahan high quality, kain sutra dikenal sangat mahal dan elastis jika dibandingkan dengan bahan kain lainnya. Karakteristik bahannya yang lembut dan tidak panas menjadikan mukena yang dibuat dari bahan kain sutra terkesan sangat mewah dan elegan.

  • Kain sutra terkenal awet dan tahan lama, karena proses pembuatannya cenderung kompleks.
  • Kain yang dihasilkan dari tenunan benang sutra asli sangatlah kuat dan tidak mudah rusak.
  • Kain sutra dikenal memiliki tekstur paling halus dan lembut dibandingkan bahan lainnya.
  • Kain sutra aman dipakai oleh anak-anak yang memiliki kulit sensitif karena bahannya juga alami dan tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya.
  • Kandungan asam amino yang terdapat pada benang sutra menjadikan tekstur bahannya terasa sangat lembut saat menyentuh kulit.
  • Kain sutra mampu menghasilkan tampilan yang elegan karena permukaan kainnya terkesan glossy alias mengkilat.
  • Kain Spandek

Kain spandek merupakan salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik sangat khas yakni  bersifat stretch. Meski tidak terlalu mudah untuk menyerap keringat, namun mukena yang dibuat dari kain spandek justru lebih terkesan eksklusif karena bahannya memiliki serat halus.

  • Bahan kain spandek umumnya cenderung bersifat licin tapi lumayan nyaman saat digunakan.
  • Bahan spandek juga memiliki sifat elastis yang tinggi dan tidak membatasi ruang gerak bagi yang memakainya.
  • Bahan spandek mampu mempertahankan ukuran aslinya, sehingga jika direnggangkan tidak akan cepat rusak.
  • Bahan spandek akan menempel pada tubuh, jadi saat dikenakan sebagai mukena jatuhnya terlihat sangat bagus.
  • Kain Parasut

Kain parasut merupakan sejenis kain berbahan dasar polyester. Khusus untuk membuat mukena parasut bahan yang dipakai yakni berupa kain parasut kusut atau bisa juga menggunakan kain parasut tipis atau kain parasut super yang cenderung lebih murah.

  • Kain parasut kusut untuk mukena memiliki tekstur bergelombang, kusut, lembut, dingin, agak mengkilat dan licin.
  • Mukena parasut yang dibuat dari kain tersebut sangat mudah untuk dilipat dan simasukkan ke dalam tas sehingga cenderung lebih praktis dibawa bepergian.

Butuh bahan kain parasut berkualitas untuk membuat mukena anak?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Parasut Kusut kami.

  • Kain Abutai

Kain abutai merupakan bahan mukena yang memiliki karakteristik tipis dan ringan namun sedikit lebih mengkilap. Kain ini umumnya juga sangat nyaman menyentuh kulit sehingga tidak berpotensi untuk menyebabkan alergi pada kulit anak.

Butuh bahan kain abutai berkualitas untuk membuat mukena anak?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Abutai kami.

2. Pilih Model Yang Tepat

Dalam memilih mukena anak utamakan untuk memilih model mukena yang mudah untuk dipakai dan tidak membuat anak kesulitan untuk bergerak. Salah satu model mukena yang memenuhi kriteriatersebut yaitu berupa mukena two piece yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.

  • Bagian atas dari mukena two piece bentuknya mirip seperti hijab instan (bergo) tapi ukurannya jauh lebih panjang dan lebar hingga menutupi tangan.
  • Bagian bawah dari mukena two piece biasa dibuat seperti layaknya rok elastis berukuran panjang hingga menyentuh lantai.

Mukena Anak

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Cari Ukuran Yang Sesuai

Mukena yang terlalu besar atau kecil jelas tidak nyaman bagi anak, maka dari itu sebaiknya cari ukuran mukena yang pas dan sesuai usia buah hati anda. Mukena yang ukurannya pas dengan ukuran badan setidaknya bisa ditandai dengan tiga hal:

  • Bagian lubang wajahnya harus sesuai dengan ukuran wajah.
  • Panjang mukena harus mampu menutupi tangan dan kaki.
  • Tidak menyulitkan anak untuk bergerak.

Memilih atasan mukena yang terlalu besar kemungkinan bisa menghalangi pandangan anak. Sementara itu apabila bawahanya terlalu panjang atau kebesaran hal ini bisa menyebabkan anak terjungkal atau tersungkur saat mengenakannya.

Jika anda ingin membeli mukena anak tapi ternyata bagian lingkar wajah kelebihan besarnya, maka anda bisa mensiasatinya dengan cara menjahit sementara atau menambahkan kancing untuk menyematnya. Hindari mengecilkan mukena anak dengan peniti karena sangat berbahaya untuk si kecil.

Mukena Anak

Sumber : https://www.blibli.com/

4. Pastikan Elastisnya Fleksibel

Untuk alasan kenyamanan pastikan karet elastis yang terdapat pada bagian pinggang dan bagian kepala mukena memiliki karakteristik yang cukup fleksibel dalam artian mudah untuk meregang dan dapat kembali ke ukurannya semula namun saat dikenakan tidak terlalu kencang menekan tubuh.

5. Pilih Yang Ada Tasnya

Supaya lebih praktis dan mudah dibawa-bawa, usahakan untuk selalu memilih mukena anak yang dilengkapi dengan tas pada saat pembelian. Selain memudahkan anak untuk membawa mukena, fungsi lain dari tas mukena yakni untuk melindungi mukena agar tidak mudah kotor.

Mukena Anak

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. Pilih Warna Yang Menarik

Pertimbangkan untuk memilih mukena dengan warna dan corak yang menarik untuk meningkatkan semangat anak dalam menjalankan ibadah.

  • Untuk beribadah di rumah sebaiknya pilihlah mukena yang bewarna cerah agar tidak cepat terlihat kotor meski sering digunakan.
  • Untuk digunakan bepergian sebaiknya pilihlah mukena anak yang berwarna lebih lembut, seperti putih, gading atau krem.

Mukena Anak

Sumber : https://zilingoshopping.id/

7. Jangan Pilih Yang Mudah Luntur

Hindari memilih mukena anak yang bahannya mudah luntur, karena bukan tidak mungkin hal semacam ini akan merusak tampilan mukena secara keseluruhan.

  • Mukena yang tidak mudah luntur warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali.
  • Dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah luntur maka warna mukena tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamanya.

8. Periksa Jahitan Mukena Anak

Dalam memilih mukena anak telitilah kualitas jahitan antar bagian pada mukena. Jahitan mukena anak yang bagus umumnya akan terlihat lebih rapi, kuat dan rata sehingga akan tahan lebih lama meskipun sudah dipakai berulang kali.

Beberapa kriteria penting yang menjadi faktor penentu dari kualitas mukena anak terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan mukena anak yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

Mukena Anak

Sumber : https://www.zalora.co.id/

9. Hindari Hiasan Yang Berlebihan

Pilihlah mukena anak yang indah namun hiasannya tidak terlalu berlebihan. Penggunaan mukena yang dihias dengan bordir, renda, ruffle atau motif yang terlalu mencolok bukan tidak mungkin malah mengganggu konsentrasi anak saat beribadah.

10. Sesuaikan Dengan Budget

Terakhir sesuaikan harga mukena yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya demi mendapatkan mukena anak yang harganya sangat mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

  • Kalau anda ingin mendapatkan mukena yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan model mukena yang sejenis.
  • Tidak masalah bila anda anda membeli mukena anak dengan harga miring, asal kualitasnya bagus pasti mukena tersebut akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.

Belum menemukan mukena yang sesuai untuk buah hati anda?. Mungkin menjadit mukena sendiri bisa menjadi alternatif pilihan paling tepat yang bisa anda coba. Untuk mengetahui cara pembuatannya simak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Mukena Yang Bisa Anda Coba di Rumah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih mukena anak yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih mukena, penting bagi para orang tua untuk selalu memperhatikan kualitas bahan, model, ukuran, warna serta kerapian dan kekuatan jahitan yang ada pada mukena anak.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk memilih mukena anak yang tepat dan sesuai kebutuhan. Dalam memilih mukena tidak masalah jika anda membeli yang harganya murah, asal kualitas bahan dan jahitannya bagus, pasti mukena anak tersebut akan lebih awet dan tahan lama.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.