Article

Homepage Article Fashion Muslim 7 Hal Penting Yang Harus…

7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sajadah Anak

Masih sering dibuat bingung ketika harus memilih sajadah yang nyaman untuk buah hati anda?. Meski terkesan sepele, saat memilih sajadah anak tentunya ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan corak yang tepat, warna, bahan hingga ukurannya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sajadah

Sajadah merupakan alas sholat yang terbuat dari bahan kain dan biasanya dihias dengan corak bernafaskan Islam. Sajadah dalam bahasa Arab biasa disebut dengan nama “sajjāda” atau “musallah” sementara dalam bahasa Persia lebih terkenal dengan nama “janamaz”.

  • Sajadah memiliki fungsi penting untuk menghalangi sesuatu salah satunya dari najis.
  • Sajadah dapat digunakan sebagai pembatas sekaligus jarak area sholat.

Sebagai salah satu perlengkapan penting yang diperlukan untuk shalat sajadah sendiri banyak dibuat dalam berbagai macam variasi desain yang berbeda. Dari segi ukuran misalnya, sajadah yang didesain untuk orang dewasa tentunya berbeda dengan ukuran sajadah untuk anak.

Sajadah Anak

Sumber : https://shopee.co.id/

Tips Memilih Sajadah

Berencana untuk membeli sajadah anak dalam waktu dekat?. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih sajadah anak.

1. Corak Sajadah

Pertama pilih sajadah dengan corak yang menarik agar anak lebih termotivasi untuk menjalankan ibadah sahalat. Dalam hal ini anda bisa memilih sajadah yang dihias dengan gambar kabah, masjid, galaksi , flaminggo atau karakter lain yang disukai anak. 

Sajadah Anak

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Bahan Sajadah

Dalam memilih sajadah anak perhatikan jenis bahan kain yang dipakai untuk membuatnya. Yang pasti pilihlah bahan yang nyaman dan sesuai dengan karakteristik anak-anak yang cenderung aktif.

Beberapa contoh bahan kain yang cocok dipakai untuk pembuatan sajadah anak diantaranya:

  • Bahan Beludru

Bahan beludru merupakan sejenis bahan kain yang memiliki permukaan berbulu bulu halus sama rata. Kain ini memiliki karakteristik yang sangat khas yakni lembut dan nyaman dipakai.

Sajadah Anak

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Kain Drill

Kain drill termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki permukaan  lembut dan adem sehingga nyaman bagi kulit anak. Karakteristik kainnya yang tidak mudah kusut juga sangat sesuai digunakan oleh anak-anak yang banyak bergerak.

  • Kain Kanvas

Kain kanvas yang ringan dan mudah diwarnai juga sangat cocok dipakai untuk membuat sajadah anak. Selain ringan dan mudah diwarnai kain kanvas ini umumnya memiliki banyak keunggulan terutama dari segi kekuatannya.

  • Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan kain yang biasa dibuat dari kombinasi polyester dan cotton. Kombinasi keduanya menghasilkan bahan kain yang memiliki karakteristik mengkilap, ringan, tidak mudah kusut, dan tidak mudah luntur.

Untuk membuat sajadah anak kain hyget ini biasa dikombinasikan dengan busa dan dihias dengan jahitan quilting.

  • Sajadah quilting umumnya memiliki desain yang elegan dengan garis garis yang saling menyilang.
  • Sajadah quilting yang diberi isian busa pada bagian dalamnya akan membuat nyaman buah hati ketika bersujud.
  • Sajadah quilting bisa meminimalisir atau menghindarkan kepala anak-anak dari benturan saat akan bersujud.

Sajadah Anak

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Bahan Bulu

Berikutnya ada bahan berbulu seperti rasfur yang tampak lucu dan menarik.

  • Bulu-bulu lembut dan kenyal yang terdapat pada permukaan kainnya akan membuat anak nyaman saat melakukan ibadah shalat.
  • Inovasi sajadah lembut dari bahan rasfur  memungkinkan tubuh lebih terlindungi ketika sujud.

Sajadah Anak

Sumber : https://www.blibli.com/

Selain dibuat dari sejumlah bahan di atas pertimbangkan pula sajadah yang bahannya waterproof untuk mengantisipasi kemungkinan bekas air wudhu banyak menetes ke sajadah. Sajadah ini juga ideal digunakan untuk anak usia 2-4 tahun yang masih menjalani toilet training.

Sajadah Anak

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat sajadah anti air?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Parasut Diamond (WP) dan Kain Parasut Honey Cons (WP) yang kami miliki.

  • Sajadah yang dibuat dari bahan parasut terkenal ringan, praktis dan simple.
  • Mudah dibersihkan dan tidak luntur.
  • Pada sajadah anak, bahan parasut biasa dikombinasikan dengan alas anti slip jadi aman untuk anak-anak.

3. Fitur Anti Slip

Untuk alasan kenyamanan dan keamanan pilih sajadah anak yang dilengkapi dengan fitur anti slip agar tidak licin dipermukaan lantai.

4. Ukuran Sajadah

Berikutnya pilih ukuran sajadah yang sesuai dengan besar tubuh anak. Bila buah hati anda lebih tinggi dari pada anak seusianya, ada baiknya berikanlah sajadah anak dengan ukuran yang lebih besar.

  • Untuk mendapatkan ukuran yang tepat perhatikan tinggi buah hati anda supaya ketika sujud tetap berada di dalam area sajadah.
  • Pemilihan ukuran yang sesuai akan membuat anak lebih nyaman saat beribadah karena seluruh tubuhnya tidak menyentuh lantai.

5. Aksesoris Sajadah

Hal penting lainnya yang juga harus anda perhatikan saat memilih sajadah anak yaitu selalu cek ketersediaan aksesori tambahan seperti halnya tas atau pouch. Dengan adanya aksesori tambahan tersebut anak-anak bisa lebih mudah untuk menyimpan sajadah yang dilipat.

Sajadah Anak

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Layanan Custom Nama

Pertimbangkan untuk membeli sajadah di toko yang menyediakan layanan custom nama. Selain menjaganya agar tidak mudah hilang, anak juga bisa belajar untuk membedakan barang miliknya dan milik orang lain.

Sajadah Anak

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Jahitan Sajadah

Berikutnya pilih sajadah dengan kualitas jahitan tapi yang rapi. Kualitas jahitan sajadah anak yang bagus bisa dilihat berdasarkan ciri-ciri berikut:

  • Jahitan tampak halus, rapi dan tidak bertumpuk.
  • Jahitan tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Warna benang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.

Khusus untuk sajadah yang dihias dengan rumbai pada bagian ujungnya pastikan pula rumbai-rumbai yang terdapat pada sajadah juga dijahit dengan kuat dengan bahan utma sajadah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih sajadah anak. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan sajadah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.