Article

Homepage Article Fashion Design 10 Kelebihan Jaket Parka…

10 Kelebihan Jaket Parka Dibandingkan Jaket Lainnya

Mencari alternatif jaket penghangat tubuh yang dapat dipakai untuk aktifitas santai maupun berpetualang di alam bebas?. Kalau anda ingin mendapatkan jaket yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga sangat nyaman saat digunakan, mungkin anda bisa memilih jaket parka yang menawarkan banyak keunggulan dibandingkan jenis jaket lainnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini antara lain:

Pengertian Jaket Parka

Jaket parka termasuk ke dalam jenis jaket multifungsi yang sangat cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari hawa dingin dan angin sekaligus dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan fashion pria dan wanita. Jaket ini secara umum memiliki ciri sangat khas yakni dilengkapi dengan hoodie, tali pinggang dan bagian badannya dibuat cukup panjang.

Jaket Parka

Sumber : https://fitinline.com/

Kelebihan Jaket Parka

Tidak jauh berbeda dengan jaket denim, jaket varsity maupun jaket bomber, jaket parka sebenarnya juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri dibandingkan dua jenis jaket tersebut. Beberapa kelebihan dari jaket parka yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

1. Desainnya Unik dan Menarik

Jaket parka memiliki desain yang cukup unik dan tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan jenis jaket yang lain. Beberapa karakteristik paling mendasar yang membedakan jaket parka dengan jaket lainnya yaitu:

  • Jaket parka rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan model jaket pria dan model jaket wanita lainnya. Bahkan panjang jaket parka bisa mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku di bagian badan depan, jadi sangat memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan juga dompet.
  • Jaket parka memiliki hoodie jadi bisa dipakai untuk melindungi bagian kepala dari panas matahari dan hujan ringan.

Jaket Parka

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Terasa Nyaman Saat Dipakai

Jaket parka memungkinkan tubuh tetap nyaman beraktifitas dalam kondisi cuaca yang ekstrim sekalipun karena sebagian besar dibuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah robek, mudah kering, ringan dan bersifat anti air jadi dapat melindungi tubuh dari cuaca yang lembab.

Jaket Parka

Sumber : https://www.peacocks.co.uk/

3. Bahannya Bermacam-Macam

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, jaket parka sendiri sebenarnya bisa dibuat dari berbagai macam jenis bahan kain yang berbeda. Beberapa jenis bahan jaket yang dimaksud antara lain berupa kain kanvas, kain taslan, kain parasut, kain mayer, kain ZN, kain micro dan kain despo.

4. Memberikan Rasa Hangat

Dibandingkan dengan jaket pada umumnya, jaket parka memang memiliki ukuran yang lebih panjang hingga di bawah pinggang. Tujuan utama mengapa jaket parka didesain sedemikian rupa adalah untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat terutama saat musim dingin melanda.

Jaket Parka

Sumber : https://urbanmenoutfits.com/

Selain ukurannya lebih panjang, jaket parka dapat digunakan untuk memberikan rasa hangat pada tubuh karena biasanya sering dikombinasikan dengan kain tambahan di dalamnya. Bahan tambahan yang dimaksud antara lain berupa:

  • Cotton Combed yang memiliki karakteristik yang halus (soft), hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).
  • Kain Polar yang memiliki lapisan serat seperti kapas pada permukaan bagian dalam dan luarnya.
  • Kain dormeuil berbahan polyester yang biasa digunakan untuk kantong maupun untuk pelapis jas, jaket pria maupun jaket wanita.
  • Kain Jala Furing yang memiliki bentuk seperti layaknya sebuah jaring atau jala.
  • Kain Katun yang bertekstur halus, lembut, kuat, tahan lama dan dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Kain Parasut Tipis yang sangat halus dan lembut, tidak memiliki lapisan anti air, tipis dan tidak mengkilap.
  • Quilting padding yang biasa dibuat dari kombinasi parasut dan lembaran dakron di bagian bawahnya sesuai ukuran 1 Oz, 4 Oz atau 6 Oz.
  • Bahan Hyget yang memiliki karakteristik mengkilap, tidak mudah kusut tapi sedikit panas.
  • Kain Peles memiliki karakteristik ringan, cenderung tipis, mengkilap dan kesat jika di raba.

5. Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik

Jaket parka biasa dibuat dari bahan yang dapat mengalirkan sirkulasi udara dengan baik. Dengan begitu apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama akan tetap terasa nyaman di tubuh tapi juga memungkinkan penggunanya untuk beraktifitas dengan leluasa.

Hal terpenting yang harus diingat apabila anda ingin mengunakan jaket parka yaitu:

  • Untuk anda yang tinggal di daerah dingin anda bisa memilih jaket parka yang dilengkapi dengan bulu supaya tubuh tetap hangat ketika berada di luar rumah.
  • Sebaliknya kalau anda tinggal di lingkungan perkotaan yang panas sebaiknya hindari memilih jaket parka yang berlapis tebal.

Jaket Parka

Sumber : https://euro.missselfridge.com/

6. Ringan dan Mudah Digunakan

Jaket parka memungkinkan tubuh untuk lebih mudah bergerak dan beraktivitas karena biasanya terbuat dari material yang ringan. Dengan desainnya yang simple namun elegan jaket parka bahkan juga sangat mudah untuk digunakan dan dipadupadankan dengan berbagai item fashion lainnya.

Beberapa contoh item fashion kekinian yang cocok untuk dipadupadankan dengan jaket parka antara lain berupa dress model maxi maupun midi, hotpants, celana jeans, leather pants, rok pensil dan berbagai macam item fashion lainnya.

  • Dress

Dress yang dibuat dalam potongan basic menjadi salah satu item fashion yang sangat cocok dipadupadankan dengan jaket parka.

  • Untuk mendapatkan kesan feminin anda bisa memadupadankan jaket parka dengan dress yang berwarna cerah ditambah dengan pemakaian high heels.
  • Jika anda ingin menghadirkan kesan yang fresh coba saja padupadankan jaket jaket parka dengan dress bermotif floral.

Jaket Parka

Sumber : https://lookbook.nu/heartshapedrose

  • Hotpants

Jaket parka yang didesain dalam ukuran oversized dapat dipadupadankan dengan hotpant untuk gaya yang lebih fashionable seperti layaknya street styler.

  • Celana Jeans

Kalau anda lebih suka bergaya klasik dan lebih kalem anda bisa menggunakan jaket parka dan kaos dengan warna senada, lalu tambahkan celana jeans model skinny ataupun straight leg jeans sebagai pelengkapnya.

Jaket Parka

Sumber : https://www.asos.com/

  • Leather Pants

Bagi anda yang ingin menampilkan kesan boyish, anda bisa memadukan jaket parka dengan leather pants dan kaos polos kemudian ditambahkan dengan pemakaian syal.

  • Rok Pensil

Mengenakan jaket parka dengan rok pensil juga menjadi alternatif pilihan paling tepat yang bisa anda coba untuk menyeimbangkan siluet jaket yang longgar.

7. Cocok Untuk Cuaca Ekstrim

Jaket parka cenderung bersifat fleksible dan dapat dipakai dalam kondisi apapun, entah itu saat cuaca panas, cuaca dingin bahkan cuaca yang lebih ekstrim. Desainnya yang hangat dan stylish akan memberikan kesan keren saat dipakai untuk beraktifitas.

  • Pada saat musim hujan jaket parka dapat digunakan untuk menjaga dan menstabilkan suhu tubuh agat tetap hangat.
  • Pada saat musim kemarau jaket parka dapat digunakan untuk melindungi kulit dari panas dan debu serta meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat panas matahari.

Jaket Parka

Sumber : https://www.outsideonline.com/

8. Cocok Untuk Segala Usia

Jaket parka sangat cocok digunakan oleh semua orang dari berbagai kategori usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Untuk mendapatkan jaket parka yang sesuai dengan kebutuhan pastikan ukurannya benar-benar pas dengan bentuk badan, dalam artian tidak kebesaran ataupun kekecilan.

Jaket Parka

Sumber : https://www.mandmdirect.ie/

9. Banyak Pilihan Warnanya

Jaket parka umumnya tersedia dalam banyak pilihan warna, jadi bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Bahkan untuk jaket parka wanita biasanya terdapat permainan warna yang diberikan sehingga makin menambah kesan feminim pada tampilan jaket yang dihasilkan.

  • Jaket parka sangat mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai macam pilihan warna.
  • Jaket parka dikenal memiliki tampilan yang terkesan cantik dan tidak kalah menarik dari bahan kain yang lain.
  • Semakin banyak pilihan warnanya akan membuat banyak orang lebih tertarik untuk mengenakannya.

Jaket Parka

Sumber : https://theurge.com.au/

10. Modelnya Cukup Bervariasi

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita desain parka terus dimodifikasi tiap tahunnya. Meski demikian tujuan utamanya tetaplah sama yaitu menjaga tubuh tetap hangat dan terlindung dari hujan.

Secara umum terdapat dua jenis jaket parka yang digunakan untuk menahan angin dan air.

  • Pertama jaket parka yang terbuat dari bahan sederhana seperti katun atau nilon dan pemakaiannya masih membutuhkan baju dalam seperti kaus atau sweater.
  • Kedua jenis jaket parka yang terbuat dari bahan dua lapis yang berisi dacron atau down biasa disebut dengan nama super parka atau down jacket.

Terinspirasi dari dua jenis jaket parka tersebut kemudian lahir pula beberapa variasi jaket parka yang tidak kalah fashionable dan dapat dipakai dalam berbagai kesempatan. Beberapa jenis jaket yang dimaksud antara lain berupa jaket parka snorkel, jaket parka fisthail dan jaket cagoule.

Tertarik untuk membuat jaket parka sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka dari kami. Pola jaket parka yang ada di Fitinline merupakan pola yang dibuat dalam bentuk file PDF untuk konsumsi rumahan.

Bahan Jaket Parka

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat jaket parka tapi masih bingung harus mendapatkannya di mana?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan bahan kain yang anda butuhkan.

1. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan untuk membuat jaket parka yang tebal, kuat dan memiliki serat benang yang terlihat sangat jelas pada permukaan kainnya. Jaket yang dibuat dari bahan kain kanvas bisa berupa jaket model kasual dan setengah resmi.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka kain kanvas sendiri dapat dibedakan lagi dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda, sebut saja:

2. Kain Taslan

Kain taslan dikenal sebagai salah satu bahan jaket yang memiliki kerapatan serat bahan cukup tinggi. Kain ini umumnya terbuat dari benang sintetis bertekstur yang ditenun secara modern sehingga hasilnya sangat lembut, ringan tapi kuat dan mempunyai daya tahan tinggi.

Kain taslan yang cocok digunakan untuk membuat jaket parka pria dan jaket parka wanita antara lain berupa:

3. Kain Parasut

Kain parasut merupakan kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Sebagai bahan pembuatan jaket parka, kain ini sebenarnya cenderung tipis dan ringan tapi masih cukup bagus untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Beberapa contoh bahan kain parasut yang dapat dimanfaatkan untuk jaket parka pria dan jaket parka wanita diantaranya:

4. Kain Mayer

Kain mayer termasuk ke dalam jenis kain yang relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap. Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket parka karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Khusus untuk pembuatan jaket parka pria dan jaket parka wanita kain mayer yang dapat digunakan yakni berupa:

5. Kain ZN

Kain ZN merupakan sejenis kain berbahan serat poliester yang mempunyai sifat cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalan kainnya sama dengan taslan.

Sebagai bahan pembuatan jaket parka yang berkualitas kain ZN sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda, sebut saja:

6. Kain Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai tapi tetap memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika di gunakan.

Khusus untuk pembuatan jaket parka pria dan jaket parka wanita kain micro yang dapat digunakan yakni berupa:

7. Kain Despo

Kain despo merupakan sejenis bahan jaket yang kalau dipegang cenderung licin, cukup kuat, halus, ringan, tidak mudah kusut, cepat kering apabila basah dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air).

Kain despo yang cocok digunakan untuk membuat jaket parka pria dan jaket parka wanita antara lain berupa:

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang karakteristik dari masing-masing kain simak juga pembahasan mengenai 7 Jenis Bahan Kain Yang Bagus Untuk Membuat Jaket Parka.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan jaket parka yang juga menjadi alasan penting mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dibalik tampilannya yang terkesan sederhana ternyata banyak juga kelebihan yang dimiliki jaket parka itu sendiri.

Semoga bermafaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.