Article

Homepage Article Fashion Design 7 Alasan Mengapa Anda Harus…

7 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Piyama Tie Dye

Mencari alternatif busana santai yang bagus dipakai untuk tidur tapi juga pantas dikenakan untuk bepergian keluar rumah?. Jika anda termasuk orang yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa mengenakan piyama tie dye yang menawarkan banyak keunggulan karena motifnya terbilang cukup eksklusif.

Sekilas Tentang Piyama

Piyama merupakan sejenis busana khusus yang awalnya didesain sebagai baju tidur namun pada perkembangannya juga dapat digunakan sebagai baju santai ketika bepergian keluar rumah. Dari berbagai macam pilihan yang ada salah satu motif piyama kekinian yang sangat populer yaitu berupa motif tie dye yang dibuat dengan teknik ikat celup.

Teknik ikat celup atau tie dye sendiri dapat diartikan sebagai teknik mewarnai kain dengan cara mengikatnya sebelum dicelupkan pada pewarna kain. Tujuan dilakukannya pengikatan pada kain ini tidak lain adalah untuk menghasilkan motif tertentu pada kain sehingga membuat piyama kekinian yang dihasilkan jadi terlihat lebih unik dan menarik.

Berbicara mengenai tie dye, jadi teknik pewarnaan kain yang satu ini sebenarnya memiliki beragam nama yang berbeda di tiap daerah, seperti cinde di Palembang, jumputan di Jawa hingga sasirangan di Banjarmasin. Khusus di negara-negara Asia seperti Jepang teknik pewarnaan kain tersebut dinamakan shibori dan secara global disebut tie dye.

  • Tie dye merupakan istilah modern yang diciptakan untuk menyebut teknik pewarnaan kain yang dilakukan dengan cara pelipatan, pemutaran dan pengikatan kain menggunakan tali atau karet.
  • Hingga saat ini tie dye sangat digemari karena harganya yang murah dan motifnya yang menarik. Selain itu, motif tie dye menjadi simbol anti-konflik, pemahaman dan perdamaian.
  • Hasil akhir dari kain yang dibuat dengan teknik tie dye umumnya tidak dapat diprediksi karena unsur warna dan motif yang didapatkan dari proses pencelupan bisa sangat tidak terduga.

Kelebihan Piyama Tie Dye

Tidak jauh berbeda dengan piyama yang dibuat dari kain satin ataupun bahan lainnya, baju piyama tie dye pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan yang tidak dimiliki jenis piyama kekinian yang lainnya. Beberapa keunggulan dari baju piyama tie dye yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Tampilannya Sangat Menarik

Tampilan baju piyama kekinian yang dibuat dengan teknik tie dye kebanyakan terkesan lebih unik karena pola yang dihasilkan bisa sangat tidak terduga. Dengan tampilannya yang tidak menentu, motif yang ada pada baju piyama tie dye justru bersifat lebih eksklusif dan berbeda dari kebanyakan baju  tidur lainnya.

Piyama Tie Dye

Sumber : https://www.blibli.com/

2. Motifnya Sangat Eksklusif

Piyama tie dye dapat dijumpai dalam berbagai macam motif yang sangat unik dan eksklusif karena setiap kain yang dibuat dengan teknik ini mungkin saja memiliki pattern yang berbeda-beda. Meski berbeda-beda tapi hal inilah yang justru menjadi keistimewaan tie dye.

  • Tampilan motif yang dibuat dengan teknik tie dye kebanyakan terkesan lebih unik karena pola yang dihasilkan bisa sangat tidak terduga.
  • Dengan tampilannya yang tidak menentu, motif yang ada pada baju tie dye justru bersifat lebih eksklusif dan berbeda dari kebanyakan baju lainnya.

Piyama Tie Dye

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa contoh motif tie dye yang paling umum digunakan pada piyama diantaranya berupa:

  • Motif spiral yang dapat dibuat dengan cara mengumpulkan semua kain ke dalam sebuah gulungan hingga membentuk spiral.
  • Motif garis yang terdiri dari serangkaian garis putih yang memanjang. Motif tie dye semacam ini dapat dibuat dengan cara menggulung kain dan mengikatnya di beberapa bagian.
  • Motif mawar yang dapat dibuat dengan menjumput kain kemudian mengikat bagian dasar jumputan dengan tali karet. Garis tengah lingkaran yang akan terbentuk pada motif tie dye yakni dua kali tinggi jumputan kain.
  • Motif tie dye menyerupai marmer yang dibuat dengan cara mengerutkan kain secara tidak teratur. Jika sudah ikat kain kuat-kuat agar kerutan tidak lepas untuk menghasilkan motif ceplok-ceplok putih.
  • Motif tie dye berbentuk lingkaran yang dibuat dengan mengikat benda yang ukurannya seragam. Contohnya kelereng yang diikat dengan teknik ikatan mawar kecil.

3. Pilihan Warnanya Banyak

Piyama tie dye dapat dijumpai dalam berbagai pilihan warna yang cukup beragam dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam putih, tapi warna piyama tie dye ada juga yang dibuat lebih lembut, cantik dan sangat anggun seperti halnya warna purple, hijau, kuning dan lainnya.

Khusus untuk pembuatan tie dye sendiri dikenal beberapa contoh bahan pewarna tekstil yang dapat digunakan. Bahan pewarna yang dimaksud bisa berasal dari bahan pewarna alami maupun bahan pewarna sintetis.

  • Bahan Pewarna Alami

Pewarna alami (natural dyes) merupakan jenis zat warna yang diperoleh dari alam baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahan pewarna alami untuk bahan tekstil ini umumnya diperoleh dari hasil ekstrak berbagai bagian tumbuhan.

  • Bahan Pewarna Sintetis

Pewarna sintetis merupakan sejenis bahan pewarna yang biasanya berasal dari bahan kimia terpilih. Dibandingkan zat pewarna alam, ketersediaan pewarna sintetis ini jauh lebih beragam dan lebih praktis dalam penggunaannya.

Butuh bahan pewarna sintetis untuk mewarnai bahan kain?. Sebagai bahan referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Pewarna Sintetis dari kami Di Sini.

4. Modelnya Cukup Bervariasi

Piyama tie dye dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan ukuran, walaupun secara umum hanya dibuat sederhana dan tidak terlalu melibatkan banyak detail seperti halnya model pakaian sehari-hari. Meski terkesan simple tapi tampilan piyama kekinian yang dihasilkan tetap saja memiliki keistimewaan tersendiri.

Bentuk paling standar dari piyama tie dye sendiri yakni terdiri dari baju berkancing depan yang dibuat dengan atau tanpa kerah. Sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana dan dilengkapi dengan tali elastis sehingga sangat mudah untuk dikenakan.

  • Saat cuaca sedang panas anda bisa mengenakan baju piyama tie dye berlengan pendek dengan celana pendek.

Piyama Tie Dye

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Saat cuaca sedang dingin anda bisa memilih piyama tie dye berlengan panjang dengan celana panjang supaya lebih menghangatkan tubuh.

Piyama Tie Dye

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sementara untuk kerahnya, model kerah yang paling umum digunakan pada piyama tie dye yakni berupa kerah shiller tapi ada juga yang dibuat tanpa kerah.

  • Piyama Kerah Shiller

Piyama tie dye dengan  kerah  shiller  merupakan  model  piyama  yang  menggunakan  kerah shiller. Kerah ini termasuk dalam kerah rebah yang dapat berdiri tanpa penegak dan apabila ditutup menjadi kerah tegak.

Piyama Tie Dye

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Piyama Tanpa Kerah

Piyama tie dye tanpa  kerah merupakan  model  piyama  yang  menggunakan  bukaan berkancing pada bagian depan dan dibuat tanpa adanya kerah. Bentuk garis leher yang baisa diaplikasikan pada piyama tanpa kerah ini bisa berbentuk V maupun O.

Piyama Tie Dye

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Tidak Panas Saat Dipakai

Piyama tie dye cukup nyaman saat dipakai dan tidak akan terasa panas ketika dikenakan untuk tidur. Dengan karakteristik bahannya yang tidak panas, piyama tie dye juga aman digunakan untuk baju tidur dalam berbagai cuaca tanpa membuat pemakainya merasa khawatir akan terkena iritasi maupun alergi.

Khusus untuk pembuatan piyama, bahan kain yang digunakan sebagai material utamanya secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda. Sebut saja kain katun atau bisa juga menggunakan kain rayon yang mudah menyerap warna.

  • Kain Katun

Kain katun merupakan sejenis kain berbahan dasar serat alami yang telah digunakan sejak lama sebagai bahan piyama. Selain lembut dan ringan, kain ini banyak dipilih sebagai bahan baju tidur lantaran bersifat breathable dan tidak menyebabkan iritasi kulit.

  • Kain katun terkenal sangat ringan, halus dan memiliki peredaran udara yang baik untuk dijadikan setelan piyama.
  • Kain katun juga dapat menyerap keringat dengan baik dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.
  • Kain katun cocok digunakan untuk untukmembuat piyama tidur dan dipakai di negara tropis seperti Indonesia.
  • Kain katun kurang bagus untuk anda yang ingin mengenakannya di tempat dingin, sehingga butuh selimut tambahan.
  • Kain Rayon

Kain rayon merupakan sejenis kain yang dihasilkan dari regenerasi serat selulosa, sejenis material alami yang diambil dari dinding sel tumbuhan atau pulp kayu yang dilarutkan. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain rayon diantaranya:

  • Kain rayon memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun.
  • Serat rayon mengandung unsur kimia karbon, hidrogen, dan oksigen.
  • Tekstur dan permukaan kain rayon cenderung halus dan lembut di kulit.
  • Kain rayon sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai.
  • Karena proses pewarnaannya lebih mudah, maka tampilan warna yang dihasilkan umumnya juga sangat cerah.
  • Kilau alaminya tinggi, tidak mudah kusut dan cenderung licin menyerupai sutra.

6. Bisa Dipakai Untuk Hangout

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, sebuah piyama awalnya memang didesain khusus sebagai baju tidur, namun seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan dunia mode kini piyama bisa juga diandalkan sebagai pakaian hangout yang mudah dipadupadankan dengan item fashion lainnya.

Buat anda yang ingin menggunakan piyama sebagai baju andalan saat hangout mungkin anda bisa mencontek beberapa tips sederhana sebagai berikut.

  • Piyama Tie Dye dan Blazer

Untuk pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish anda bisa mengenakan piyama tie dye yang dipadukan dengan oversized blazer. Cari blazer dengan warna lebih gelap jika piyama yang anda kenakan memiliki warna yang lebih cerah.

  • Celana Piyama dan Hoodie Jumper

Memadukan celana piyama dengan hoodie jumper juga menjadi salah satu alternatif pilihan paling tepat yang bisa diandalkan untuk memberi kesan sporty saat hangout atau sekedar bersantai di rumah.

Ingin membuat hoodie jumper sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola hoodie jumper dari kami.

  • Baju Piyama dan Celana Jeans

Baju piyama yang dipadukan dengan celana jeans dapat memberikan kesan lebih santai dan nyaman saat bepergian keluar rumah. Untuk urusan model ataupun warna celananya anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan, bisa berupa straight leg jeans maupun skinny jeans yang berbentuk ketat.

  • Straight leg jeans merupakan model celana jeans yang berpotongan lurus alias memiliki lebar yang sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit), sehingga akan membentuk paha dan juga kaki menjadi lebih ramping.
  • Selain straight leg jeans, baju piyama bisa juga dipadupadankan dengan skinny jeans yang memiliki potongan sangat ketat dari bagian pinggang sampai ujung celana sehingga saat digunakan dapat menyesuaikan bentuk kaki.

Ingin membuat celana jeans sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Celana Wanita Skinny dari kami.

  • Baju Piyama dan Rok Plisket

Khusus untuk anda yang mau tampil lebih feminim anda bisa juga memadukan baju piyama  kekinian dengan rok plisket yang dibuat dari bahan kain berlipit.

  • Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita rok plisket secara umum dapat dijumpai dalam beberapa macam tipe seperti rok mini, rok midi dan rok maxi.
  • Salah satu kelebihan dari rok plisket yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya.
  • Set Piyama dan Kaos Polos

Untuk anda yang lebih suka tampil simple dengan setelan piyama anda bisa juga mengenakan baju piyama tie dyeseperti layaknya outer. Caranya padupadankan celana piyama dengan kaos polos lalu tambahkan baju piyama sebagai outernya.

Piyama Tie Dye

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Cara Perawatannya Mudah

Piyama tie dye yang dibuat dari bahan katun ataupun rayon cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Baju piyama yang mudah dibersihkan dan dikeringkan jelas akan memudah anda saat melakukan perawatan tanpa perlu repot-repot membawanya ke tempat laundry.

Buat anda yang kebetulan memiliki banyak koleksi piyama tie dye berikut kami bagikan beberapa cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat piyama tie dye sendiri di rumah.

  • Pertama-tama pisahkan piyama tie dye dengan jenis pakaian lain yang berpotensi luntur.
  • Pastikan anda selalu mencuci baju piyama tie dye dengan teknik handwash dan bukan dengan mesin cuci.
  • Saat mencuci baju piyama jangan mengucek atau memerasnya terlalu kuat, cukup diangkat dan dicelup-celupkan saja.
  • Untuk membersihkan bagian yang terlihat kotor, gunakan jari anda untuk menggosoknya dengan gerakan yang lembut hingga noda tersebut terangkat.
  • Bilas piyama tie dye dengan air bersih kemudian keringkan dengan cara menggantungnya di tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Setelah dirasa cukup kering anda bisa menyetrika piyama tersebut supaya tampilannya jadi lebih licin dan rapi ketika digunakan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan piyama tie dye yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya dapat disimpulkan bahwa piyama tie dye sebenarnya tidak hanya bagus digunakan untuk tidur tapi bisa juga dipakai untuk keperluan lain tinggal bagaimana anda memadupadankannya dengan item fashion lain.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.