Article

Homepage Article Fashion Muslim 8 Jenis Manset Yang Bisa…

8 Jenis Manset Yang Bisa Diandalkan Untuk Gaya Berhijab

Punya sejumlah koleksi pakaian yang membutuhkan manset sebagai dalamannya tapi masih bingung harus memilih model manset yang seperti apa untuk dijadikan sebagai padanannya?. Supaya tidak salah pilih simak dulu yuk pembahasan mengenai jenis-jenis manset dan karakteristik yang dimiliki dari tiap jenis manset itu sendiri.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini antara lain:

Sekilas Tentang Manset

Manset merupakan sejenis aksesoris yang dapat dipakai untuk menyempurnakan gaya penampilan supaya lebih rapi dan menarik. Dalam dunia fashion sendiri penggunaan manset memang dianjurkan khususnya bagi para muslimah, agar aurat mereka tidak terlihat ketika mengenakan pakaian yang terlalu tipis ataupun ukurannya terlalu longgar.

Selain difungsikan sebagai aksesoris, manset sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan lain yang tidak kalah penting. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari penggunaan manset diantaranya:

  • Manset dapat digunakan untuk menutup aurat wanita dengan lebih sempurna ketika mengenakan pakaian yang tipis dan menerawang.
  • Manset memungkinkan penggunanya untuk bergerak lebih leluasa saat mengenakan pakaian yang longgar.
  • Manset berguna untuk menangkal sinar matahari langsung supaya tidak mengenai kulit.
  • Manset bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap busana yang modis dan trendy ketika dipadupadankan dengan jilbab dan gamis.
  • Manset berguna untuk menyerap kelebihan keringat dan menjaga kelembaban kulit saat melakukan aktifitas olahraga.

Jenis-Jenis Manset

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, manset sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang cukup bervariasi. Beberapa ada yang dibuat dalam bentuk kaos, terusan panjang namun ada juga yang didesain khusus untuk menutup bagian tangan dan lengan. Beda jenis manset beda juga desain dan kegunaannya.

1. Manset Kaos

Manset kaos merupakan sejenis manset yang memiliki bentuk seperti kaos lengan panjang dan biasanya dibuat pas badan sehingga terasa nyaman saat dipakai dan mampu menyerap keringat. Manset kaos bisa anda gunakan sebagai pakaian dalam saat memakai baju yang menerawang atau baju yang lengannya kurang panjang.

  • Manset kaos umumnya memiliki karakteristik seperti kaos lengan panjang hanya saja ukurannya dibuat lebih pas badan.
  • Manset kaos bisa diandalkan untuk pelengkap gaya sehari-hari karena mampu menyerap keringat dengan baik.

Manset

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Manset Gamis

Manset gamis termasuk ke dalam jenis busana terusan yang sangat cocok dikombinasikan dengan gamis, abaya atau baju muslim lainnya agar tidak menerawang dan membuat penampilan jadi lebih nyaman seharian.

  • Manset gamis memiliki model seperti maxi dress yang panjang. Beberapa ada yang dilengkapi dengan lengan panjang namun ada juga yang dibuat tanpa lengan.
  • Manset gamis biasanya hadir dengan berbagai macam jenis bahan, mulai dari bahan cotton, rayon, jersey dan spandek. 

Manset

Sumber : https://www.blibli.com/

3. Manset Busui

Manset busui merupakan manset yang didesain khusus untuk para ibu menyusui. Manset ini secara umum memiliki potongan pada area dada sehingga lebih memudahkan wanita saat ingin menyusui.

  • Manset busui dapat dijumpai dalam berbagai macam ukuran panjang. Beberapa ada yang dibuat sepanjang kaos namun ada juga yang menyerupai gamis.
  • Manset busui sangat cocok digunakan oleh ibu menyusui saat bepergian, karena desainnya yang fleksible sangat memudahkan wanita ketika melakukan aktivitas menyusui.
  • Manset busui biasanya dibuat dari bahan cotton, rayon atau spandek jadi sangat nyaman digunakan seharian.

Manset

Sumber : https://www.blibli.com/

4. Manset Tangan

Manset tangan merupakan jenis manset yang memiliki bentuk seperti kaus kaki tapi dibuat tanpa ujung. Selain difungsikan untuk menutupi pergelangan tangan, manset ini juga bisa dijadikan sebagai aksesoris yang memberikan kesan rapi dan stylish pada penampilan pemakainya.

  • Sebagai pelengkap gaya berhijab, manset tangan sangat praktis untuk dipakai dan dilepas saat anda hendak mencuci tangan atau wudhu.
  • Manset tangan juga memiliki karakteristik yang nyaman dan mudah menyerap keringat, jadi sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari.
  • Panjang dari manset tangan pun beragam, beberapa ada yang dibuat dalam ukuran sebatas siku namun ada juga yang panjangnya sampai pergelangan tangan.
  • Manset tangan yang dibuat sebatas siku bisa dipadukan dengan gamis yang memiliki model lengan lonceng.
  • Manset tangan yang panjang bisa dikombinasikan dengan kaos oversized maupun blus wanita yang lengannya tidak begitu panjang.

Manset

Sumber : https://www.zoya.co.id/

5. Handsock

Handsock (fingerless) dapat dikategorikan sebagai manset tangan, hanya saja bentuk dan cara penggunaannya sedikit berbeda. Jika biasanya manset tangan itu hanya dibuat untuk menutup bagian lengan, maka handsock bisa dipakai untuk menutupi telapak tangan serta jari.

  • Secara umum handsock dilengkapi dengan lubang khusus untuk ibu jari sementara jari-jari yang lain diberi tempat terbuka.
  • Dengan desainnya yang sedemikian unik, handsock benar-benar terlihat lebih fashionable, lucu dan cute.
  • Handsock bisa dengan mudah dipadupadankan dengan berbagai jenis busana muslim seperti tunik, gamis maupun abaya.
  • Handsock dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang berbeda. Beberapa contoh model handsock yang dimaksud antara lain berupa:
  • Hansock jempol yang memiliki lubang khusus untuk jempol. Selain dilengkapi dengan lubang untuk ibu jari, handsock ini juga punya lubang yang berukuran lebih besar untuk menampakkan jari tangan lainnya.

Manset

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Handsock pita yang lebih mengedepankan hiasan dan warna-warni yang menarik. Bentuk dasarnya sendiri tidak jauh berbeda dengan handsock jempol namun diberi tambahan pita yang cantik dan menarik.

Manset

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Handsock cincin yang dilengkapi dengan tali sehingga dapat dikenakan seperti layaknya cincin yang melingkari jari. Handsock ini biasanya juga dipercantik dengan tambahan renda ataupun bunga.

Manset

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Handsock bolak balik yang dikenal pula dengan nama handsock 2 in 1. Bagian dalam dan luar dari manset ini secara umum dibuat dalam dua warna yang berbeda, jadi bisa dipakai bolak-balik.

Manset

Sumber : https://www.bukalapak.com/

6. Manset Renda

Manset renda hadir dengan bentuk kaos maupun manset tangan. Hanya saja pada jenis manset yang satu ini biasa ditambahkan detail berupa renda di bagian ujung lengan manset sehingga tampilannya lebih terkesan manis dan menarik.

  • Manset renda sangat cocok diandalkan untuk para wanita muslim yang ingin tampil lebih feminim.
  • Bagi anda ingin memakai kaftan atau gamis mengenakan manset renda merupakan pilihan paling tepat.

Manset

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

7. Manset Leher

Manset leher termasuk ke dalam salah satu item fashion baru yang berpotongan cukup simple. Dari segi desain manset ini sebenarnya lebih terlihat seperti kaos turtleneck tapi tidak memiliki lengan, sedangkan bagian depan dan belakangnya hanya terdiri dari lembaran kain yang tidak terlalu panjang.

  • Manset leher kebanyakan memiliki kerah turtleneck yang menutupi bagian dada dan punggung belakang.
  • Manset leher bisa dijadikan opsi tepat untuk menyempurnakan penampilan ketika anda ingin menggunakan baju berkerah V.
  • Ketika memakai manset leher andapun bisa tampil lebih gaya dengan jilbab yang dikreasikan dalam bentuk turban.

Manset

Sumber : https://www.lazada.co.id/

8. Manset Kerut

Model manset berikutnya yang bisa dikenakan sebagai pelengkap gaya berhijab yakni berupa manset kerut. Biasanya manset kerut hadir dalam bahan rayon super sehingga sifatnya adem dan mudah menyerap keringat.

  • Manset kerut tidak hanya nyaman dikenakan tapi tampilannya juga menarik karena detail kerutan yang terdapat pada manset tidak mudah longgar.
  • Manset kerut sangat cocok dikenakan untuk anda yang ingin mengeksplorasi gaya hijab Victorian.
  • Manset kerut dapat dijumpai dalam beberapa varian, selain dikerut pada bagian leher ada juga manset yang kerutannya terdapat di bagian tangan.
  • Detail kerutan pada manset juga dapat memberikan aksen vintage yang kental pada busana wanita yang tampak polos.

Manset

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Bahan Untuk Manset

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, manset yang diciptakan untuk pelengkap gaya penampilan wanita secara umum dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda mulai dari bahan cotton, rayon, jersey, spandek dan bahan rajut. Beda jenis bahan beda pula karakteristik yang dimilikinya.

1. Bahan Cotton

Bahan pertama yang bisa anda pakai untuk membuat manset yakni berupa bahan cotton yang dibuat dari serat kapas. Bahan ini memiliki keunggulan yakni tidak mengkerut apabila dicuci, tidak luntur untuk bahan berwarna, mudah menyerap keringat, dan tidak berbulu.

  • Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana menggunakan manset yang dibuat dari bahan cotton merupakan pilihan yang tepat.
  • Selain ketersediaannya di pasaran cukup banyak bahan cotton juga dikenal sebagai bahan kaos favorit bagi kebanyakan produsen manset.

2. Rayon

Bahan rayon merupakan sejenis bahan manset yang terbuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Bahan rayon inisecara umum memiliki karakteristik tidak mudah kusut, tampak berkilau, memiliki daya serap yang tinggi dan nyaman dipakai.

  • Bahan rayon biasanya banyak dipakai untuk membuat manset ibu hamil karena memiliki tingkat kenyamanan yang sangat tinggi.
  • Bahan rayon juga bisa dijadikan opsi yang tepat sebagai bahan manset untuk busana muslim.

3. Jersey

Bahan jersey merupakan jenis bahan yang mudah menyerap keringat dan cepat kering apabila basah. Bahan ini sangat cocok dipilih sebagai manset yang digunakan untuk keperluan olahraga maupun untuk keperluan lainnya.

  • Kain jersey bersifat sangat elastis dan fleksibel.
  • Kain jersey termasuk ke dalam jenis kain yang tidak mudah kusut jadi tidak terlalu perlu disetrika.
  • Kain jersey sangat nyaman ketika digunakan karena permukaan kainnya sangat lembut dan dingin.
  • Kain jerey jatuhnya langsung mengikuti lekuk tubuh namun tidak ketat.
  • Kain jersey tersedia dalam berbagai macam tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Khusus untuk pembuatan manset bahan yang dipilih biasanya tidaklah terlalu tebal.

4. Bahan Spandek

Bahan spandek termasuk ke dalam jenis bahan manset yang memiliki karakteristik elastis dan lebih kuat dari pada bahan cotton.

  • Manset yang dibuat dari bahan spandek sangat pas di badan dan tidak tampak melar saat dikenakan.
  • Karakteristik bahannya yang fleksible mampu mengikuti bentuk tubuh dengan sempurna sehingga sangat cocok dijadikan yang baik gaya berhijab.
  • Seperti halnya bahan rayon, bahan spandek juga tampak mengilap jadi sangat cocok dipadupadankan busana muslim model gamis ataupun kaftan.

5. Rajut

Bahan rajut merupakan sejenis bahan yang yang dibuat dengan cara memanipulasi seutas benang menjadi selembar kain. Struktur bahan rajut sendiri dibentuk oleh sekelompok jeratan benang yang saling mengait satu dengan yang lainnya.

  • Manset yang dibuat dari bahan rajut umumnya memiliki tekstur yang elastis dan lebih tebal.
  • Manset berbahan rajut sangat cocok digunakan di daerah yang bersuhu dingin dengan tujuan untuk menghangatkan area tangan.
  • Tekstur bahan rajut yang tebal juga bisa membuat penampilan jadi lebih modis dan stylish.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat manset?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos kami.

Padupadan Manset

Tertarik untuk menjadikan manset sebagai salah satu item fashion andalan anda?. Buat anda yang ingin tampil minimalis saat mengenakan hijab tidak ada salahnya bila anda mencontek beberapa tips padupadan manset dengan berbagai jenis item fashion berikut.

1. Manset dan Kaos Oversized

Kombinasi antara kaos oversized dengan manset kaos, manset rajut ataupun manset tangan sangat cocok diandalkan untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih casual.

  • Perpaduan antara manset dan kaos oversized dapat menyembunyikan bentuk atau lekukan tubuh yang kurang ideal.
  • Kaos oversized yang dikreasikan dengan manset juga cocok digunakan dalam berbagai macam gaya, baik itu gaya casual maupun gaya semi formal.

Manset

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Manset dan Blus Wanita

Buat anda yang mau tampil lebih stylish saat memakai hijab, memadupadankan blus berlengan pendak dan manset sebagai dalamannya menjadi salah satu opsi paling tepat yang bisa anda coba.

3. Manset dan Jaket Denim

Kalau sahabat Fitinline cenderung menyukai tampilan yang unik, padukan saja manset kaos dengan jaket denim. Selain padupadannya sangat mudah, dengan style ini pasti anda juga lebih nyaman saat beraktifitas.

Manset

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Manset dan Blazer

Kombinasi antara manset kaos dan blazer akan membuat penampilan terlihat lebih rapil. Untuk penutup tubuh bagian bawahnya anda bisa mengenakan celana bahan yang berwarna netral ataupun celana jeans, lalu tambahkan hijab yang bersesuaian.

Manset

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Manset dan Crop Outer

Buat anda yang hobi berolahraga anda bisa mengenakan manset dari bahan jersey dengan crop outer sebagai luarannya. Selain terlihat stylish perpaduan antara manset dan crop outer juga juga bisa menampilkan kesan lebih tinggi pada tubuh.

6. Manset dan Baju Gamis

Manset renda, handsock, manset gamis, manset leher dan manset kerut juga sangat cocok dipadupadankan dengan baju gamis.

  • Untuk menyempurnakan tampilan baju gamis yang cenderung menerawang anda bisa mengenakan manset gamis yang didesain dalam ukuran panjang.
  • Bila gamis yang hendak anda pakai memiliki belahan cukup lebar di bagian depan anda bisa memadukannya dengan manset leher. Untuk memberi variasi yang lebih menarik pada gamis polos anda bisa menambahkan manset renda ataupun manset kerut.

Berkeinginan membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

7. Manset dan Kaftan

Selain dikombinasikankan dengan gamis, manset gamis sebenarnya bisa juga dikenakan dengan kaftan. Untuk mendapatkan tampilan yang menarik pastikan manset yang anda pilih memiliki warna yang serasi dengan warna kaftan.

Berkeinginan membuat kaftan sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola kaftan siap pakai dari kami.

Tidak hanya terbatas pada sejumlah item fashion yang disebutkan di atas, untuk menemukan padupadan yang tepat antara manset dengan item fashion lainnya anda juga bisa bereksperimen sesuai dengan ide dan kreatifitas anda.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis manset yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan lengkap dengan bahan yang cocok untuk membuatnya. Dengan mengetahui jenis manset yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan manset yang cocok dengan pakaian yang hendak anda kenakan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.