Article

Homepage Article Kain 10 Kelebihan Baju Daster…

10 Kelebihan Baju Daster Yang Dibuat Dari Kain Rayon

Mencari alternatif pakaian wanita yang keren dan nyaman dipakai untuk berbagai macam keperluan seperti tidur, bersantai di rumah dan juga hangout?. Untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana, maka anda bisa memilih daster dari bahan rayon yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga menawarkan banyak keunggulan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini antara lain:

Pengertian Baju Daster

Daster dapat dikategorikan ke dalam jenis busana terusan berpotongan longgar yang banyak dibuat dalam berbagai ukuran panjang, mulai dari sebatas lutut, betis hingga sebatas mata kaki. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita daster sendiri dapat dibuat tanpa tambahan lengan namun bisa juga dilengkapi dengan lengan pendek.

Baju Daster

Sumber : https://fitinline.com/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, baju daster umumnya dapat dibuat dari berbagai macam bahan kain asal memiliki karakteristik adem, nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Salah satu bahan kain yang memenuhi syarat tersebut yakni berupa kain rayon.

Baju Daster

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Kain Rayon Untuk Daster

Kain rayon merupakan sejenis kain yang dihasilkan dari regenerasi serat selulosa, sejenis material alami yang diambil dari dinding sel tumbuhan atau pulp kayu yang dilarutkan. Karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya, jadi kain rayon ini biasa disebut sebagai serat semisintesis.

Beberapa karakteristik paling khas dari kain rayon yang mudah untuk dikenali diantaranya:

  • Kain rayon memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun.
  • Tekstur dan permukaan kain rayon cenderung halus dan lembut di kulit.
  • Kain rayon sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai.
  • Tampilan bahan kain rayon umumnya juga sangat cerah.
  • Kilau alami kain rayon terbilang cukup tinggi dan cenderung licin menyerupai sutra.

Sebagai bahan dasar pembuatan daster yang cukup banyak diminati para wanita, kain rayon sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa contoh bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain Rayon Viscose

Kain rayon viscose menjadi salah satu jenis kain favorit para wanita karena dari segi kualitas sangat bagus, pilihan warna rayon viscose banyak dan harganya juga cukup terjangkau.

  • Daster yang dibuat dari kain rayon viscose umumnya memiliki karakteristik yang halus dan licin menyerupai sutra serta memiliki daya serap keringat yang baik seperti kain katun.
  • Daster yang dibuat dari kain rayon viscose biasanya juga terlihat berkilau dan tidak mudah kusut, jadi cara perawatannya sangatlah mudah.
  • Kain Rayon Spandek

Kain rayon spandek termasuk kedalam salah satu jenis bahan kain yang dibuat dari campuran serat rayon dan spandek. Kain ini secara umum memiliki ciri-ciri yang sangat khas yakni berwarna cerah, lembut, fleksibel dan mudah direnggangkan.

  • Kain rayon spandek memiliki warna yang terlihat cerah.
  • Kain rayon spandek jika dipakai akan membentuk lekuk badan.  
  • Kain rayon spandek teksturnya lembut dan bahannya juga fleksiblel.
  • Karena bahannya yang fleksible, kain ini jadi bersifat strechable alias mudah melar.
  • Kain Rayon Jersey

Kain rayon jersey merupakan sejenis kain yang dihasilkan dari campuran antara benang serat rayon dan serat jersey. Dibandingkan dengan bahan rayon lainnya, kain rayon jersey ini umunya bersifat lebih elastis dan harganya lebih ekonomis.

Kain Rayon Crinkle

Kain rayon crinkle merupakan sejenis bahan rayon yang tekstur permukaannya tidak rata, tapi justru berkerut seperti kulit jeruk.

  • Kain rayon crinkle memiliki ciri khas berkerut yang memanjang terhadap bagian lajur benang.
  • Kain rayon crinkle jika dipegang terasa lembut meski memiliki tekstur yang berkerut.
  • Kain rayon crinkle sangat nyaman dan adem jika digunakan sebagai bahan pakaian.

Kelebihan Daster Rayon

Sama halnya dengan baju daster yang dibuat dari kain katun ataupun bahan lainnya, baju daster yang dibuat dari kain rayon pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan dari baju daster berbahan rayon yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Nyaman Dipakai Seharian

Baju daster yang dibuat dari kain rayon diketahui sangat nyaman dipakai karena memiliki tampilan yang ringan dan sangat lembut di kulit. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian unik tidak heran jika kemudian banyak orang yang tertarik untuk menjadikannya sebagai pakaian sehari-hari.

  • Daster rayon memiliki karakteristik lembut ketika menyentuh kulit jadi tidak berpotensi menimbulkan luka pada kulit pemakainya.
  • Khusus untuk anda yang memiliki kecenderungan mudah berkeringat sangat cocok memakai daster kekinian yang dibuat dari kain rayon.

Baju Daster

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Tekstur Kainnya Sangat Lembut

Kelebihan lain yang dimiliki daster rayon adalah tekstur kainnya terasa sangat lembut ketika bersentuhan dengan permukaan kulit.

  • Dengan memanfaatkan kain rayon sebagai bahan utamanya daster yang dihasilkan akan memiliki permukaan yang bertekstur halus dan lembut.
  • Tekstur kain rayon yang halus dan lembut akan memberikan rasa nyaman dan tidak gatal saat dikenakan untuk beraktifitas.

3. Adem dan Tidak Panas

Baju daster yang dibuat dari kain rayon umumnya terasa lebih adem dan tidak panas ketika dipakai saat malam maupun siang hari, karena kain rayon sendiri diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh.

  • Saat musim kemarau daster akan melindungi kulit dari panas akibat meningkatnya suhu sekitar.
  • Sementara pada saat musim penghujan daster rayon bisa juga dipakai untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Baju Daster

Sumber : https://www.bukalapak.com/

4. Mudah Menyerap Keringat

Baju daster yang dibuat dari kain rayon sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia karena memiliki daya serap keringat dan terasa dingin di kulit.

  • Sesuai dengan karakteristik bahannya yang mudah menyerap keringat, baju daster dapat dijadikan sebagai outfit andalan saat musim panas.
  • Menggunakan daster rayon di musim panas juga dapat mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembab.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Baju daster wanita yang dibuat dari bahan dasar kain rayon cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh meski bahannya bisa dikatakan agak tipis. Penggunaan kain furing pada baju daster berbahan rayon pun sifatnya juga tidak wajib (bisa memakai kain furing namun bisa juga tidak).

  • Serat benang yang menyusun setiap lembar kain rayon terjalin dengan sangat rapat sehingga permukaannya menjadi sedikit licin dan bersifat tidak menerawang.
  • Karena tidak menerawang, kain rayon tidak lagi membutuhkan tambahan furing sebagai pelapis ketika dijadikan sebagai bahan daster maupun pakaian lainnya.

Baju Daster

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. Aman Untuk Kulit Sensitif

Dari segi kesehatan, daster rayon juga cenderung aman digunakan oleh para wanita yang memiliki kulit sensitif. Jadi dengan menggunakan baju daster berbahan rayon maka kemungkinan terjadinya iritasi maupun alergi pada kulit bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

  • Kain rayon benar-benar lembut dan aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif.
  • Kain rayon yang terbuat dari serat alami juga mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.

7. Banyak Pilihan Warnanya

Baju daster berbahan rayon mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna yang cukup beragam. Banyaknya pilihan warna yang ditawarkan membuat para wanita jadi lebih leluasa untuk memilih baju daster yang sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

  • Kain rayon memiliki sifat mudah untuk menyerap warna, sehingga hadir dengan wana-warna yang cerah.
  • Karena mudah diwarnai maka koleksi warna yang ditawarkan juga sangat banyak dan lebih bervariasi.
  • Disamping pilihan warnanya cukup banyak, daster rayon umumnya juga memiliki kualitas warna yang cukup baik jadi tidak mudah luntur dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. 

Baju Daster

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Pilihan Motifnya Beragam

Daster rayon bisa dijumpai dalam berbagai macam motif yang cukup beragam meski banyak juga yang dibuat dari kain rayon polos. Tidak hanya terbatas pada motif-motif geometris saja namun terdapat pula daster rayon yang dibuat dalam motif-motif lain yang tidak kalah menarik.

Beberapa contoh motif kain yang banyak diadaptasi sebagai motif daster rayon diantaranya:

  • Motif geometris yang memiliki bentuk terukur, seperti misalnya segitiga, oval, lingkaran atau kotak.
  • Motif floral yang berhiaskan tumbuhan atau bunga-bunga. Kecantikan motif kain yang berasal dari Asia ini menjadi salah satu simbol keanggunan yang banyak digemari oleh wanita.
  • Motif jumputan yang dibentuk melalui proses celup rintang yakni dengan menutupi bagian-bagian kain yang ingin dibiarkan polos dengan bahan tertentu.
  • Motif polkadot yang terdiri dari lingkaran berukuran sama, dengan jarak antar lingkaran yang juga sama.

Baju Daster

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Pilihan Modelnya Bervariasi

Baju daster yang dibuat dari bahan rayon tersedia dalam berbagai macam pilihan model yang sangat menarik jadi bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Beberapa contoh model daster yang dimaksud antara lain berupa:

  • Daster rayon model sleeveless yang dibuat tanpa tambahan lengan.
  • Daster kekinian model loose yang memiliki bagian lengan lebih lebar dibandingkan dress biasa.
  • Daster modern model vintage yang biasa dihias dengan aksen kerut pada bagian lengannya. Dengan adanya aksen kerut tampilan daster jadi terlihat bak busana kerajaan.
  • Daster modern yang diciptakan tanpa lengan sehingga akan terasa sangat sejuk bila dipakai seharian.
  • Daster kekinian model shirtdress yang dilengkapi dengan kerah dan biasanya dibuat dari bahan kain yang ringan.
  • Daster Arab yang memiliki ciri khas yaitu renda yang cantik sehingga bagus dipakai untuk busana sehari-hari maupun untuk berpergian.
  • Daster Bali yang cukup digemari oleh para wanita, karena kebanyakan dibuat dengan menggunakan kain rayon yang adem, halus, lembut dan perawatannya juga mudah.

10. Bisa Dipakai Untuk Hangout

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, daster awalnya memang didesain khusus sebagai baju rumahan, namun seiring dengan berkembangnya dunia mode kini bisa juga diandalkan sebagai pakaian hangout asal dipadupadankan dengan item fashion yang tepat.

Beberapa contoh item fashion yang bisa diandalkan sebagai pelengkap daster diantaranya berupa:

  • Manset Kaos

Untuk pelengkap gaya berhijab anda bisa memadukan daster rayon polos mapun daster rayon motif dengan manset kaos. Sebagai penyempurna akhir kenakan hijab segi empat atau pashmina yang dibiarkan menjuntai di bagian bahu.

Dalam memilih manset yang tepat dan sesuai dengan gaya busana anda terapkan tips sederhana sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan manset yang terlalu ketat agar tubuh tetap nyaman saat beraktifitas.
  • Pilih manset yang berbahan stretch, menyerap keringat dan berkualitas bagus
  • Pilih warna manset yang berwarna netral atau manset yang bersesuaian dengan warna daster yang anda kenakan.

Baju Daster

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Cardigan

Untuk pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish anda bisa mengenakan daster kekinian yang dipadukan dengan cardigan. Sebagai pemanisnya tambahkan belt berukuran kecil serta sepatu yang berwarna senada dengan keseluruhan outfit.

Baju Daster

Sumber : https://www.facebook.com/ammoshomedress/

  • Blazer

Untuk mendapatkan kesan semi formal dengan menggunakan daster, anda bisa memakai daster yang cenderung polos kemudian tambahkan blazer sebagai luarannya.

  • Sweater

Tampilan daster rayon motif floral yang terkesan sederhana bisa disulap menjadi lebih modis dan fashionable, ketika dipadupadankan dengan berbagai model sweater. Beberapa jenis sweater yang dimaksud antara lain berupa:

  • Sweater O neck atau sweater crew neck yang memiliki lubang leher bulat sehingga tampilannya terkesan sangat simple.
  • Sweater V neck yang memiliki lubang leher berbentuk huruf V dengan sudut siku di dada atas tengah.
  • Sweater turtleneck yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan.
  • Hoodie Jumper

Memadukan daster rayon dengan hoodie jumper juga menjadi salah satu alternatif pilihan paling tepat yang bisa diandalkan untuk memberi kesan sporty saat hangout.

Ingin membuat jumper hoodie tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola jumper hoodie siap pakai dari kami.

Kekurangan Daster Rayon

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya daster rayon sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan dari daster rayon antara lain berupa:

  • Daster rayon akan menjadi mudah rusak jika terlalu sering terkena sinar matahari atau basah karena karakteristik bahannya tidak sekuat rami atau katun alami.
  • Faktor-faktor lain seperti asam, jamur dan setrika juga dikhawatirkan dapat merusak daster yang dibuat dari kain rayon.

Tertarik untuk membuat daster sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Daster dari kami.

Pola daster yang ada di Fitinline merupakan pola baju santai wanita lengan pendek dan lengan panjang yang biasanya dipakai sehari-hari di rumah. Standar ukuran untuk daster di Fitinline adalah sebagai berikut:

Ukuran Daster

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari daster yang dibuat dari kain rayon. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain memiliki tampilan yang menarik, daster rayon ternyata juga menawarkan banyak sekali keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh daster kekinian lainnya.

Semoga dengan mengetahui sejumlah keunggulan yang dimiliki daster rayon kedepannya anda bisa jadi lebih mudah untuk menemukan daster yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda. Simak terus artikel dari kami ya kalau mau tahu lebih banyak informasi penting terkait bahan kain dan desain fashion.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.