Article

Homepage Article Jahit Menjahit Membuat Tote Bag Kanvas

Membuat Tote Bag Kanvas

Tote bag termasuk dalam kategori tas jinjing yang dapat digunakan untuk membawa buku, kosmetik, maupun peralatan penting lainnya. Karena sering digunakan untuk membawa beragam keperluan inilah untuk membuat tote bag dibutuhkan bahan kain yang kokoh dan kuat seperti kanvas, katun, corduroy, atau semacam kain polyester yang tebal.

Totebag Tutorial

Sumber : http://www.notonthehighstreet.com/

Seperti kita ketahui, bahan kanvas memang terkenal sangat kuat dan bisa digunakan untuk membawa barang-barang belanjaan di samping harga bahan kain kanvas yang terkenal lebih murah. Tertarik untuk membuat sebuah tote bag dari bahan kanvas? Setidaknya sahabat Fitinline harus menguasai keterampilan dasar dalam menjahit terlebih dahulu. 

Totebag Tutorial

Sumber : http://www.designsponge.com/

Mempersiapkan Bahan Kain Kanvas

Mula-mula persiapkan mesin jahit, jarum jahit, benang jahit, pensil atau kapus jahit, gunting, penggaris, bahan kain, serta perlengkapan lain yang akan digunakan untuk membuat tote bag. 

Totebag Tutorial

Sumber : http://brokelyn.com/

Tentukan seberapa besar ukuran tote bag yang akan anda buat. Untuk ide pembuatan tote bag, sahabat Fitinline bisa mencoba beberapa ukuran berikut ini:
-    30 x 35 cm untuk tote berukuran sangat kecil.
-    35 x 40 cm untuk tote berukuran sedang.
-    60 x 50 cm untuk tote berukuran besar. 

Totebag Tutorial

Sumber : http://www.danamadeit.com/

Memotong Bahan Kain

Selanjutnya potong kain sesuai ukuran yang telah anda tetapkan, hingga diperoleh dua lembar kain berbentuk segi empat dengan ukuran yang sama. 

Totebag Tutorial

Sumber : http://www.brit.co/

Menjahit Tote Bag

Untuk membuat badan tote bag, gabungkan dua buah potongan kain persegi empat menjadi satu dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.

Totebag Tutorial

Sumber : http://www.thegirlcreative.com/

Jahit bagian sisi kiri, kanan, dan bawahnya dengan menggunakan jahitan lurus, hingga menyisakan celah yang terbuka di bagian atasnya. Obras sepanjang tepi kain agar serat-seratnya tidak mudah terurai.

Totebag Tutorial

Sumber : http://brokelyn.com/

Balikkan badan tote bag tersebut hingga bagian baiknya berada di luar. Rapikan celah bagian atas tote bag dengan cara melipatnya kearah dalam kemudian tindas dengan menggunakan pola jahitan berbentuk lurus. 

Totebag Tutorial

Sumber : http://brokelyn.com/

Memasang Gantungan Tote Bag

Lipat badan tote bag ke dalam tiga bagian secara memanjang, kemudian tandai bagian lipatannya menggunakan pensil atau kapur jahit. Lipatan ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menempatkan gantungan tas.

Totebag Tutorial

Sumber : http://brokelyn.com/

Pasangkan gantungan tote bag pada bagian yang telah di tandai sebelumnya. Jahit gantungan tas dan badan tote bag tersebut secara bersamaan lalu rapikan. 

Totebag Tutorial

Sumber : http://brokelyn.com/

Hasilnya akan diperoleh tote bag yang cantik dan menarik seperti gambar berikut ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Totebag Tutorial

Sumber : http://www.mochithings.com

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk berbelanja Bahan Tas? Sahabat Fitinline bisa melihat koleksinya Di Sini.

Kain Kanvas

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.