Article

Homepage Article Desain Fesyen 8 Tips Memilih Jaket Anak…

8 Tips Memilih Jaket Anak Baik Dari Segi Bahan, Ukuran dan Kualitas Jahitan

Jaket untuk anak dapat dikategorikan sebagai item fashion yang memiliki manfaat  sangat besar, salah satunya yakni memberi perlindungan menyeluruh pada anak terutama ketika cuaca sedang dingin. Meski bisa dipilih secara bebas namun ada juga lho beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih jaket anak.

Pilih Bahan Yang Tepat

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan ketika memilih jaket anak yaitu perhatikan model jaket dan bahan kainnya. Sebisa mungkin pilih bahan jaket yang bisa membuat anak nyaman dalam cuaca apapun, bisa menyerap keringat dengan baik dan memiliki proteksi yang maksimal untuk menghangatkan tubuh saat dingin.

  1. Bahan kain seperti wol halus, fleece, baby kanvas dan baby terry merupakan beberapa bahan yang terkenal aman dan mudah menyerap keringat untuk membuat jaket anak.
  2. Kalau ingin mendapatkan jaket anti air yang bisa dikenakan di luar ruangan pada saat musim hujan maka anda bisa memilih jaket yang dibuat dari bahan taslan dan parasut.

Khusus untuk anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang keunggulan dan kekurangan dari masing-masing bahan kain yang sudah disebutkan di atas anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Kain Fleece

Kain fleece yang memiliki karakteristik lumayan tebal, lembut, hangat dan berbulu di bagian dalam sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket anak karena menawarkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang ditawarkan kain fleece diantaranya:

  • Kain fleece dapat bekerja dengan baik sebagai insulator tubuh sekalipun dalam kondisi basah.
  • Kain fleece cenderung lebih cepat kering.
  • Kain fleece memiliki kemampuan breathability yang cukup baik sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara pada saat digunakan.
  • Bahan fleece cenderung bersifat elastis.
  • Harga kain fleece umumnya relatif murah.
  • Kain fleece termasuk ke dalam kategori kain ramah lingkungan karena dapat diproduksi dari limbah daur ulang (recycled waste) contohnya plastik bekas.

Dibalik keunggulan yang ditawarkannya kain fleece sebenarnya juga memiliki sejumlah kekurangan diantaranya:

  • Kain fleece kurang sesuai jika digunakan pada daerah yang bersuhu ekstrim (minus derajat celcius).
  • Bagian serat terluar dari kain fleece mudah mengelupas.
  • Kain fleece termasuk kedalam jenis kain tekstil yang sangat mudah kotor.
  • Semakin sering dicuci warna dari kain fleece akan semakin memudar.
  • Kain fleece memiliki warmth-to-weight ratio yang lebih sehingga umumnya lebih berat.

Jaket Anak

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Kain Baby Kanvas

Kain baby kanvas merupakan bahan jaket anak yang mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku dibanding kain kanvas lainnya. Pori-pori kainnya yang kecil dan terlihat halus juga menjadikan bahan baby canvas sangat cocok dipilih untuk pembuatan berbagai model jaket anak.

Jaket Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kain baby kanvas bisa dibilang sebagai kain kanvas yang paling lembut dan lentur sehingga nyaman digunakan untuk membuat apa pun. Walaupun lembut dan lentur, kain ini cukup kuat dan tahan lama jadi anda tak perlu khawatir akan kualitas dari produk yang dihasilkan.

3. Kain Baby Terry

Kain baby terry termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki sifat dan tekstur lembut, berbulu, serta memberikan efek rasa hangat dan nyaman ketika dikenakan. Bulu-bulu halus di balik kain inilah yang berfungsi untuk menahan suhu tubuh sehingga para pemakainya akan tetap merasa hangat walau dingin.

  • Baby terry teksturnya sangat lembut dan juga halus namun tidak berbulu. Kalaupun ada hanya berupa bulu-bulu yang sangat halus.
  • Memiliki daya serap yang tinggi namun tidak memberikan kesan panas.
  • Mampu menahan suhu tubuh sehingga bila digunakan pada musim dingin
  • Rajutan bagian dalam bahan babyterry tampak seperti bulatan-bulatan.
  • Beberapa bahan babyterry mirip seperti kaos, namun sedikit lebih tebal.

Sebagai bahan pembuatan jaket anak, kain baby terry umumnya cenderung mudah menyerap air, tebal dan cenderung dingin tapi sayangnya tidak tahan air karena biasanya serat kain terbuat dari katun. Bahan ini juga cenderung lebih tipis bila dibandingkan dengan bahan fleece.

4. Kain Parasut

Kain parasut termasuk ke dalam jenis kain yang dibuat dari bahan baku sejenis polyester. Bahan ini umumnya berasal dari serat sintetis atau buatan dari hasil pengolahan minyak bumi yang kemudian diproses menjadi serat fiber poly.

  • Jaket anak dari bahan kain parasut umumnya dikenal tahan angin. Hal inilah yang membuat jaket ini sangat unggul dari segi bahannya.
  • Selain tahan angin, jaket anak yang dilengkapi dengan fitur waterproof juga sanggup melindungi pemakainya dari hujan.
  • Dengan sifatnya yang menolak air jaket, parasut ini bisa dipakai sebagai alat perlindungan tubuh dari kemungkinan basah saat hujan.

Simak juga pembahasan mengenai Jenis-Jenis Kain Parasut Untuk Jaket Lengkap Dengan Cara Perawatannya kalau anda mau tahu lebih banyak lagi nama-nama kain parasut yang bagus untuk membuat berbagai macam model jaket. 

Jaket Anak

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Kain Taslan

Kain taslan merupakan sejenis kain yang memiliki karakteristik seperti parasut, akan tetapi teksturnya terkesan lebih tebal, lembut, ringan dan kuat. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik jaket anak dari bahan kain taslan sangat cocok digunakan untuk aktifitas outdoor.

Sebagai bahan jaket anak, kain taslan juga terkenal paling eksklusif karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air, walau tidak semuanya. Kain taslan yang bagus untuk membuat jaket bomber yaitu berupa kain taslan salur, taslan milky, taslan bening, taslan ripstop MG dan taslan GN.

  • Kain taslan salur merupakan salah satu varian kain taslan yang biasa digunakan untuk membuat produk pelengkap sandang seperti halnya jaket.
  • Kain taslan milky merupakan jenis kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu) pada bagian dalamnya.
  • Kain taslan bening merupakan varian kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan.
  • Kain taslan risptop MG merupakan jenis kain yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) dengan coating bening yang anti air (water repellent).  
  • Kain taslan GN merupakan kain jenis kain taslan tahan air yang kuat dengan tekstur yang lembut.

Pilih Ukuran Yang Pas

Pastikan jaket anak yang anda pilih memiliki ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuhnya, dalam artian tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jaket yang terlalu kecil biasanya akan membuat anak merasa tidak nyaman bahkan menjadi sulit bergerak, begitu juga sebaliknya bila jaket yang dipakai terlalu kebesaran.

Untuk memudahkan anda dalam memilih jaket anak yang tepat berikut kami bagikan tips mengukur jaket anak yang benar. Beberapa bagian tubuh yang perlu diukur untuk menentukan kesesuaian jaket dengan badan anak diantaranya:

1. Lingkar Dada

Untuk mendapatkan jaket anak yang tepat minta kepada anak untuk berdiri tegak dengan posisi kedua tangan terbuka hingga ke samping.

  • Ukur bagian terbesar dari lingkaran dada anak bila anda ingin mendapatkan ukuran yang pas untuk jaket anak.
  • Gunakan pita sebagai alat ukur namun perhatikan juga pita yang digunakan sebaiknya nyaman dan tidak terlalu ketat.

2. Ukuran Pinggang

Untuk mengukur bagian pinggang minta buah hati untuk berdiri tegak dengan sikap sempurna dengan kedua tangan berada di samping.

3. Ukuran Pinggul

Untuk mengetahui ukuran pinggul anak, posisikan badan anak dalam keadaan berdiri nyaman kemudian ambil ukuran terbesar pinggulnya.

4. Ukuran Lengan

Untuk mendapatkan panjang lengan yang pas lakukan pengukuran dari puncak lengan sampai ke titik nadi.

Kalau anda ingin sedikit lebih berhemat tidak masalah juga bila membeli jaket yang sedikit lebih besar. Jadi kalau badan anak bertambah besar anda tidak harus cepat-cepat membeli jaket baru lagi. Tetapi ingat jangan karena anda ingin berhemat lalu memberikan anak jaket yang kelewat besar.

  1. Jangan membeli jaket yang ketat karena akan menyusahkan anak bernapas dan menghambat aktivitas sehari-hari.
  2. Jangan membeli jaket yang sempit atau terlalu pas pada bagian seperti leher, ketiak, lengan dan perut bila anda tidak ingin membuat anak tersiksa.
  3. Jangan membeli jaket dengan kerutan di dada yang sempit karena hal ini bisa membuatnya sesak nafas.
  4. Lebih baik belilah jaket yang longgar untuk anak, karena pada usia pertumbuhan anak biasanya akan terus berkembang, bertambah tinggi dan cepat besar.

Pilih Jaket Yang Memiliki Hoodie

Saat memilih jaket penghangat tubuh untuk anda perhatikan aksesoris yang menempel pada jaket tersebut. Salah satu diantaranya yaitu pilih jaket anak yang dilengkapi dengan penutup kepala atau hoodie untuk melindungi kepala anak agar tetap hangat dan tidak basah apabila terkena air hujan. 

Jaket Anak

Sumber : https://www.amazon.com

Ditinjau dari asal bahasanya istilah hoodie sendiri sebenarnya diambil dari bahasa inggris “hood” yang artinya adalah tudung (penutup kepala). Desain hoodie yang kita kenal hingga saat ini konon terinspirasi dari jubah yang dikenakan oleh para biarawan serta kesatria dari abad pertengahan di Eropa.

Pilih Warna Yang Sesuai

Pertimbangkan kesesuaian warna jaket dengan warna kulit saat anda memilih jaket untuk anak. Hal ini dimaksudkan agar jaket yang anda dapatkan terlihat cocok dipakai dan tidak menimbulkan kesan kurang matching. Selain itu anda juga bisa memilih warna jaket yang sesuai dengan kesukaan anak.

  1. Untuk anak perempuan khususnya sebaiknya pilih jaket yang berwarna  cerah dan ceria. Warna cerah ini dapat menjadi simbol kebahagiaan seorang anak.
  2. Untuk anak laki-laki anda bisa memilihkan jaket yang berwarna lebih netral dan jauh dari kesan femininm tapi tetap menggambarkan kesan menyenangkan.
  3. Alternatif lain anda juga bisa memilih jaket anak yang berwarna netral agar lebih mudah dipadupadankan dengan keseluruhan outfit.

Pilih Motif Favorit Anak

Sebisa mungkin pilih jaket dengan motif yang disukai anak-anak agar tampilan buah hati anda lebih menarik dan jauh dari kesan dewasa dibandingkan dengan usia aslinya. Ketika membeli jaket bersama anak biarkan mereka memilih motif kesukaannya sendiri agar semakin senang saat memakai jaketnya.

Tanyakan motif yang dia inginkan ada di jaketnya, apakah tokoh kesukaannya atau cukup warna kegemarannya saja.

  1. Untuk anak perempuan misalnya arahkan mereka untuk memilih jaket dengan karakter princess atau bunga-bunga.
  2. Sementara untuk anak laki-laki arahkan mereka untuk memilih jaket dengan binatang, tokoh kartun, dan superhero.

Jaket Anak

Sumber : https://m.alibaba.com/

Perhatikan Kenyamanan Jaket

Sebelum anda terlanjur membayar jaket yang anda pilih pastikan dulu kenyamanan jaket saat dipakai buah hati anda. Tanyakan apakah jaket yang dikenakan sudah membuatnya merasa nyaman atau malah sebaliknya. Salah dalam memilih jaket mungkin bisa membuat si kecil kurang nyaman saat beraktifitas sepanjang hari.

Sesuaikan Dengan Budget

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga jaket anak yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan anda. Jangan hanya kerena ingin menyenangkan buah hati, lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain hanya demi sebuah jaket yang harganya sangat mahal.

  1. Biasakan untuk membeli jaket anak yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli jaket karena harganya murah.
  2. Kalau anda ingin mendapatkan jaket yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan model jaket yang sejenis.
  3. Tidak masalah bila anda anda membeli jaket anak dengan harga miring, asal kualitasnya bagus pasti pakaian tersebut akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.

Kualitas Jahitan Jaket Anak

Untuk memastikan bahwa jaket anak yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitanya. Jaket anak yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus. Pastikan pula jahitan yang terdapat pada bagian saku  atau resleting jaket benar-benar kuat.

  1. Jahitan jaket anak yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  2. Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  3. Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  4. Obrasan pada tepi jaket harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  5. Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting maupun pelengkap lainnya.
  6. Pada bagian yang tampak dari luar seperti resleting dan kerah jaket (bila ada) pemasangannya harus presisi.

Lebih tertarik untuk membuat jaket anak sendiri tapi masih suka bingung dalam menentukan standar ukurannya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa menggunakan ukuran standar jaket hoodie anak dari Fitinline atau langsung mendownload Pola Jaket Hoodie Anak dari kami Di Sini.

Pola jaket hoodie anak merupakan pola yang dapat dipakai sebagai acuan dalam membuat pakaian hangat untuk anak dengan model jaket hoodie. Jaket hoodie yang dimaksud secara umum tersedia dalam 4 ukuran berbeda, yakni ukuran S, M, L dan XL. Berikut standar ukuran jaket hoodie yang ada di Fitinline.

Ukuran Jaket Hoodie Anak

Selain menggunakan pola jaket siap pakai anda juga bisa memesan pola jaketsecara custom dari kami lho. Cara melakukan pemesanan yaitu:

  1. Klik Menu Shopping kemudian pilih Customs. Disini sistem akan menampilkan form pemesanan Kustom.
  2. Isi semua data termasuk upload data gambar. Klik Submit.
  3. Order akan di-review oleh tim internal Fitinline dan selanjutnya akan dihubungi melalui email.

Bisa juga melalui email ke cs@fitinline.com dengan menyebutkan produk yang akan dibuat. Misal anda ingin membuat jaket anak maka sebutkan model jaket, ukuran jaket, jenis material dan alamat pengiriman. 

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih jaket hoodie untuk anak yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline tahu lebih banyak tentang info seputar fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.