Article

Homepage Article Fashion Design Unsur Desain Fashion: Unsur…

Unsur Desain Fashion: Unsur Bentuk

Sahabat Fitinline, artikel ini masih lanjutan dari unsur-unsur dalam desain fashion yang sudah dibahas sebelumnya yaitu unsur garis dan unsur arah. Jika anda belum membacanya, ada baiknya anda baca terlebih dahulu sebelum membaca artikel ini.

Setiap benda pasti memiliki bentuk, bentuk merupakan area mandiri yang diciptakan oleh garis-garis mandiri dari bentuk geometris atau teratur/seimbang yang membentuk dan terhubung menjadi sebuah objek. Bentuk adalah hasil hubungan dari beberapa garis yang mempunyai area atau bidang dua dimensi (shape). Apabila bidang tersebut disusun dalam suatu ruang, maka terjadilah bentuk tiga dimensi atau bentuk plastis (form). Bentuk dua dimensi adalah bentuk perencanaan secara lengkap untuk benda atau barang datar, biasanya digunakan untuk benda yang memiliki ukuran panjang dan lebar, sedangkan tiga dimensi adalah yang memiliki panjang, lebar dan tinggi.

Berdasarkan jenisnya, bentuk terdiri atas bentuk naturalis atau bentuk organik, bentuk geometris, bentuk dekoratif dan bentuk abstrak. Bentuk naturalis adalah bentuk yang berasal dari bentuk-bentuk alam seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, batu-baruan, pemandangan alam, dan bentuk-bentuk alam lainnya.

Bentuk Naturalis

Bentuk Naturalis

Sumber: http://id.scribd.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Bentuk geometris adalah bentuk yang dapat diukur dengan alat pegukur dan mempunyai bentuk yang teratur, contohnya bentuk segi empat, segi tiga, bujur sangkar, kerucut, lingkaran, dan lain sebagainya. Bentuk-bentuk geometris ini banyak diterapkan pada pakaian.

Bentuk Geometris

Bentuk Geometris

Sumber: http://id.scribd.com

Bentuk dekoratif merupakan bentuk yang sudah diubah dari bentuk asli melalui proses stilasi atau stilir yang masih ada ciri khas bentuk aslinya. Bentuk dekoratif bisa berupa ragam hias pada sulaman atau hiasan lainnya yang mana bentuknya sudah tidak seperti bentuk sebenarnya. Bentuk ini lebih banyak digunakan untuk menghias bidang atau benda tertentu.

Bentuk Dekoratif

Bentuk Dekoratif

Sumber: http://m.vemale.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Bentuk abstrak merupakan bentuk yang tidak terikat pada bentuk apa pun, tetapi tetap mempertimbangkan prinsip-prinsip desain.

Bentuk Abstrak

Bentuk Abstrak

Sumber: http://asiknyaberfashion.blogspot.com

Pembuatan desain, tak hanya berlandaskan ide, tetapi juga harus memiliki konsep rancangan bentuk dasar yang mudah dipahami. Konsep rancangan bentuk dasar ini dituangkan kedalam bentuk pola rancangan, sehingga akan mudah diwujudkan ke bentuk pakaian yang sebenarnya. Dari berbagai bentuk tersebut, anda bisa memanfaatkan motif kain tradisional yang memiliki berbagai bentuk motif yang khas dan unik, misalnya kain batik atau kain tenun.
Semoga bermanfaat.

Tags: model baju batik, model baju lurik, model baju batik wanita dan pria, model baju kerja batik, model baju batik modern, model batik, model baju wanita, model busana wanita, model baju terkini

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.