Article

Homepage Article Fashion Design Pentingnya Keberadaan Mood…

Pentingnya Keberadaan Mood Board Fashion Untuk Para Desainer

Pada dasarnya mood board merupakan analisis tren visual yang dibuat para desainer dari komposisi gambar-gambar berupa foto, kliping, atau sketsa yang memuat suasana, warna dan tema yang nantinya akan diwujudkan menjadi suatu karya. Tujuan dari pembuatan mood board yaitu menentukan tujuan, arah serta panduan dalam proses kreativitas sehingga karya yang dibuat tidak menyimpang dari tema yang telah ditentukan. Sebuah mood board dapat digunakan pada berbagai bidang desain, seperti desain fashion dan desain interior. Dalam dunia fashion istilah mood board dapat diartikan sebagai suatu alat yang digunakan oleh designer untuk mendapatkan ide yang akan dipakai sebagai referensi desain. 

Mood Board

Sumber : http://www.fashionportfolioacademy.com/

Mood Board

Sumber : https://sampleboard.wordpress.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Secara umum mood board berfungsi sebagai media pembelajaran yang memberikan gambaran mengenai tujuan dan manfaat yang akan diperoleh dari karya yang hendak dibuat. Dapat juga dijadikan sebagai media perencanaan dalam pelaksanaan industri busana dan kriya tekstil seperti garmen dan butik, serta merumuskan berbagai macam ide dan gagasan yang semula bersifat abstrak menjadi sebuah karya yang bersifat konkret.

Mood Board

Sumber : http://stylesizzle.com/

Mood Board

Sumber : http://arnoldandbird.wordpress.com/

Media yang digunakan untuk pembuatan mood board yaitu berupa kertas berukuran 40 cm x 40 cm atau 30 cm x 50 cm (landscape) yang didalamnya memuat tema dan karakter yang akan diangkat dalam sebuah karya desain, image style, komposisi warna dalam pembuatan desain busana serta corak bahan yang diciptakan pada koleksi yang akan dibuat. 

Mood Board

Sumber : http://alicebodkin.wordpress.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Beberapa tema yang dapat dijadikan sebagai sumber ide/gagasan dalam proses kreatifitas seorang fashion desiner, yaitu berupa kebudayaan tradisional, modern, etnik ataupun budaya kontemporer yang mengacu pada tren yang berkembang pada masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. 

Mood Board

Sumber : http://littlemissfashionblog.wordpress.com/

Tahapan kegiatan yang dilakukan dalam pembuatan mood board diantaranya:
a. Menentukan tema desain busana yang akan dibuat.
b. Mengumpulkan materi berupa gambar yang akan dijadikan sebagai elemen penyusun mood board.
c. Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti kertas berukuran 40 cm x 40 cm atau 30 cm x 50 cm, lem kertas, alat tulis dan alat mengambar, gunting kertas, serta potongan gambar yang memiliki keterkaitan satu sama lain dalam satu tema
d. Langkah selanjutnya susun elemen pembuatan mood board berdasarkan tema yang telah ditentukan

Mood Board

Sumber : http://www.x-tige.com/

Mood Board

Sumber : http://laurencarande.blogspot.com/

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan sahabat Fitinline. Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 1

Leave a Comment
1
artikel yang sangat menarik

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.