Article

Homepage Article Fashion Design Unsur Desain Fashion: Unsur…

Unsur Desain Fashion: Unsur Warna (Bagian III)

Artikel kali ini masih membahas tentang unsur warna. Warna sebagai suatu kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata. Dari berbagai warna yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, kemungkinan belum ditemui warna yang diinginkan. Oleh sebab itu, warna bisa dikombinasikan. Setiap warna akan indah dipandang jika digunakan sesuai dengan tujuan, dan akan bertambah keindahannya jika dikombinasikan dengan warna yang cocok. Mengkombinasikan warna berarti meletakkan dua warna atau lebih secara berjejer atau bersebelahan. Jenis-jenis kombinasi warna dapat dikelompokkan menjadi kombinasi monokromatis, kombinasi analogus, kombinasi warna komplementer, kombinasi warna split komplementer, kombinasi warna double komplementer, kombinasi warna segitiga.

Kombinasi warna monokromatis dan kombinasi warna analogus disebut kombinasi warna harmonis. Kombinasi harmonis adalah kombinasi warna dengan cara memadukan warna-warna pokok dengan warna sekunder yang mengandung warna pokok tersebut. Kombinasi harmonis dapat menghasilkan paduan warna lebih menarik, misalnya dengan variasi tint atau shade, kesannya akan terasa lebih luwes. Variasi tins merupakan warna yang dihasilkan dari percampuran suatu warna dengan warna putih. Cirinya berwarna memutih dan memucat sehingga berkesan lembut, misal tint merah (merah muda). Variasi shade merupakan warna yang dihasilkan dari percampuran suatu warna dengan warna hitam. Cirinya berwarna menghitam dan kusam kesannya berat, misal hijau botol. Sedangkan kombinasi warna komplementer, split komplementer, double komplementer dan segitiga disebut juga kombinasi warna kontras. Kombinasi kontras adalah perpaduan dua corak warna yang didapat dari warna yang mempunyai sifat lain.

Variasi Tint

Variasi Tint

Sumber: http://www.color-wheel-artist.com

Variasi Shade

Variasi Shade

Sumber: http://www.color-wheel-artist.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Kombinasi Monokromatis atau kombinasi satu warna yaitu kombinasi warna dengan cara memadukan dua warna atau lebih yang mempunyai perbedaan sedikit kroma (mengacu pada kemurnian suatu warna), bisa juga kombinasi satu warna dengan value yang berbeda. Kombinasi ini juga biasa disebut kombinasi nuans dan terlihat selalu menarik serta berkesan selaras dan lembut. Misalnya tint merah dengan merah, tint hijau dengan hijau tua, ungu tua dengan tint ungu, dan lain sebagainya.

Kombinasi Analogus yaitu kombinasi warna yang berdekatan letaknya dalam lingkaran warna. Seperti ungu dengan ungu kemerahan dan ungu kebiruan, merah dengan merah kejinggaan dan merah keunguan, dan lain sebagainya.

Kombinasi Analogus

Kombinasi Analogus

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Kombinasi Split Komplementer yaitu kombinasi warna yang bertentangan letaknya dalam lingkaran warna, seperti merah dengan hijau, biru dengan orange dan kuning dengan ungu.

Kombinasi Split Komplementer

Kombinasi Split Komplementer

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Kombinasi Komplementer yaitu kombinasi warna yang terletak pada semua titik yang membentuk huruf Y pada lingkaran warna. Misalnya kuning dengan merah keunguan dan biru keunguan, biru dengan merah keorangenan dan kuning keorangenan, dan lain-lain.

Kombinasi Double Komplementer yaitu kombinasi sepasang warna yang berdampingan dengan sepasang komplementernya. Misalnya kuning orange dan biru ungu.

Kombinasi Segitiga atau warna triadik yaitu kombinasi warna yang membentuk segitiga dalam lingkaran warna. Misalnya merah-kuning-biru, orange-hijau-ungu, merah-hijau-orange, dan lain sebagainya.

Lingkaran Warna

Lingkaran Warna

Sumber: http://www.gardening.cornell.edu

Kombinasi Polikromatis adalah kombinasi dari beberapa warna yang mempunyai tingkatan nilai gelap dan terang. Contoh merah-merah muda-merah lebih muda, hijau-hijau muda-hijau lebih muda, cokelat-cokelat muda-cokelat lebih muda, dan lain-lain.

Kombinasi Netral adalah memadukan suatu warna pilihan dengan warna netral. Warna apapun jika dikombinasikan dengan warna netral, akan tampak selaras, dan menarik. Alasan inilah yang menyebabkan aksesori busana umumnya berwarna netral, seperti hitam, putih, abu-abu, emas, perak, dan cokelat.

Warna sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Mengkombinasikan antara warna yang satu dengan warna lain agar terlihat harmonis bisa dilatih. Namun yang terpenting adalah kepercayaan diri seseorang ketika sedang mengenakan warna tertentu.
Semoga bermanfaat.

Tags: model baju batik, model baju lurik, model baju batik wanita dan pria, model baju kerja batik, model baju batik modern, model batik, model baju wanita, model busana wanita, model baju terkini

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.