Article

Homepage Article Tenun/Lurik Kreasi Lurik Gendong

Kreasi Lurik Gendong

Lurik merupakan salah satu kain tradisional Yogyakarta kini namanya makin populer. Lurik tak hanya dihadirkan berupa selembar kain, namun bisa menjadi pakaian siap pakai untuk aktivitas sehari-hari. Untuk lurik gendong biasanya digunakan oleh ibu-ibu buruh gendong di pasar tradisional. Kain bertekstur kasar dan sedikit panas ini bisa naik kelas berkat kreasi designer Philip Irwardono. Rancangannya terinspirasi dari simbok buruh gendong yang kemudian ditampilkan dalam karya bertema Wonder Woman. Rancangan tersebut telah dipamerakan selama bulan Februari di Corridor Museum Lounge The Poenix Hotel Yogyakarta. Acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap dunia seni dan budaya.

Pameran tersebut menghadirkan sebuah koleksi busana siap pakai yang mengangkat kearifan lokal yang terinspirasi dari buruh gendong. Penggambaran perempuan yang kuat, mandiri, berenergi pria dan survival. Koleksi busana ini memiliki daya jual tinggi, berdaya pakai tinggi dengan gaya dan kemasan modern. Ciri khas yang ditonjolkan adalah global, androgini dan tanpa batas.

Rancangan Philip Irwardono

Rancangan Philip Irwardono

(Sumber: http://www.tribunnews.com)

Rancangannya berupa busana kasual dan semi cocktail yang nyaman. Rancangan pertama, lurik dibuat simpel sackdress, busana two-piece yang memadukan atasan lurik dengan sackdress di atas lutut. Rancangan kedua, lurik drapping skirt with sleeveless top. Rancangan ketiga lurik dipadukan dengan mini skirt with sleeveless tank top. Busana yang ditampilkan kebanyakan lurik model two-piece, bisa dipakai untuk santai atau resmi. Philip juga menghadirkan koleksi busana semi-cocktail wear yang terdiri atas tiga outfit, yakni tenun ikat troso nehru cocktail sackdress, dan dua koleksi lainnya adalah tenun ikat troso sackdress.

Rancangan Philip Irwardono

Rancangan Philip Irwardono

(Sumber: http://jogjanews.com)

Rancangan Philip Irwardono

(Sumber: http://jogjanews.com)

Meskipun materialnya menggunakan lurik gendong yang diaplikasikan menggunakan lining sehingga nyaman saat dikenakan. Lurik gendong memang terkenal kasar dan tidak wearable, tapi dengan tambahan puring menjadi lembut dan dingin. Sebagai padupadan lurik diaplikasikan dengan rok dan celana yang akan memberi kesan feminin atau androgini. Untuk garis potongan mengutamakan teknik klasik dan etnik. Kemudian untuk warnanya, tetap menggunakan warna asli dari lurik. Tidak ada dominasi warna khusus kecuali coklat, abu- bau dan biru tua. Karena sebenarnya ketiga warna tersebut merupakan warna asli dari lurik.

Untuk Sahabat Fitinline yang tertarik dengan lurik untuk menambah koleksi busana anda, silakan buka https://fitinline.com/product/readytowear?coll=6. Selain busana santai, kami juga menawarkan busana kerja yang unik dan stylish.

Semoga bermanfaat.

Koleksi Fitinline

Lurik Fitinline

(Sumber: https://fitinline.com)

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.