Article

Homepage Article Cara Menjahit Tutorial Membuat Kerah Palsu…

Tutorial Membuat Kerah Palsu Yang Mudah Anda Ikuti

Mencari alternatif fashion item yang bisa mengubah tampilan jadi sedikit formal meski hanya mengenakan sweater, blus tanpa kerah dan baju-baju casual lainnya?. Khusus untuk anda yang lebih suka tampil simple tanpa harus ribet, maka anda bisa menambahkan yang namanya kerah palsu alias faux collar pada pakaian yang anda kenakan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kerah Palsu

Kerah palsu alias faux collar merupakan salah satu jenis item fashion yang dapat dikenakan sebagai pemanis kaos, blus tanpa kerah, sweater serta berbagai jenis pakaian casual lain agar terlihat lebih formal dan stylish. Dengan adanya kerah palsu ini anda pun tidak perlu khawatir lagi akan kegerahan ketika bergaya dengan teknik layering.

Kerah Palsu

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Dari segi desain kerah palsu sendiri sebenarnya lebih terlihat seperti kemeja tapi tidak memiliki lengan, sedangkan bagian depan dan belakangnya hanya terdiri dari lembaran kain yang tidak terlalu panjang, yang penting bisa menutupi bagian dada dan punggung belakang.

Kerah Palsu

Sumber : https://whitecollarstudio.com/

Selain itu terdapat pula kerah palsu model lepas pasang yang memiliki bentuk lebih simple dan hanya terdiri dari kerah saja tanpa tambahan kain di bagian dada dan bagian belakangnya. Kerah palsu yang satu sebenarnya sangat mirip dengan kalung, tetapi memilliki sentuhan berbeda.

Kerah Palsu

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Keistimewaan Kerah Palsu

Berbicara mengenai kerah palsu, jadi item fashion yang satu ini sebenarnya juga menawarkan banyak kelebihan dibanding pakaian lainnya. Beberapa kelebihan dari kerah palsu yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya untuk pelengkap gaya penampilan diantaranya: 

  • Kerah palsu dapat dipakai sebagai kerah untuk pakaian yang aslinya tidak memiliki kerah.
  • Kerah palsu bisa dijadikan opsi tepat untuk menyempurnakan penampilan jadi lebih formal.
  • Kerah palsu sangat cocok digunakan untuk style (korean look) yang kekinian, untuk kuliah dan untuk pekerja kantoran.
  • Kerah palsu bisa dipakai untuk menyulap penampilan jadi lebih rapi, fashionable dan anti gerah.
  • Kerah palsu cocok dipakai untuk berbagai musim, baik itu musim hujan maupun musim kemarau.
  • Kerah palsu menjadi pilihan terbaik untuk bergaya dengan teknik layering.

Kreasi Kerah Palsu

Tertarik untuk membuat kerah palsu sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Untuk membuat kerah palsu yang memiliki kemiripan desain dengan manset leher pertama-tama siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kemeja berkerah yang sudah kekecilan atau sudah tidak terpakai.
  • Mesin jahit, jarum jahit, benang jahit, gunting dan kapur jahit.
  • Hiasan kerah baju (bisa apa saja misalnya renda atau mutiara).

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai membuat kerah palsu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Letakkan Kemeja Pada Meja Kerja

Ambil kemeja berkerah yang sudah anda siapkan sebelumnya kemudian bentangkan di atas meja yang datar dengan posisi bagian depannya menghadap anda.

  • Kemeja yang dipakai untuk membuat kerah palsu bisa berupa kemeja yang polos maupun bermotif.
  • Kalau mau aman anda bisa memilih kemeja yang berwarna netral agar mudah dipadupadankan dengan fashion item lain.

2. Buat Garis Penanda Pada Kemeja

Buat garis lengkung berbentuk U mulai dari bagian bahu kiri ke arah placket kemeja kemudian dilanjutkan lagi ke bagian bahu kanan. Bentuk U ini dapat membantu agar kerah palsu terlihat nyata dan rapi.

3. Potong Kemeja Sesuai Pola

Berikutnya potong kemeja sesuai garis bantu yang anda buat dengan menggunakan gunting yang tajam.

4. Menjahit Potongan Kemeja

Jahit pinggiran kain yang anda potong dengan mesin jahit agar tampilannya jadi lebih rapi dan tidak ada sisa-sisa benang yang mengganggu.

Kerah Palsu

Sumber : https://www.igotcollared.com/

Untuk menahan lembaran kain yang menjuntai di bagian badan supaya tidak menyembul keluar saat dipakai, tambahkan karet elastis di bagian bawah ketiak yang menghubungkan badan bagian depan dan belakang.

Kerah Palsu

Sumber : https://www.amazon.in/

5. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir, anda bisa menambahan manik-manik pada bagian ujung kerah palsu supaya tampilannya jadi makin menarik. Sekarang kerah palsu yang anda buat bisa digunakan sebagai asesoris saat memakai blus tanpa kerah, sweater dan berbagai item fashion lainnya.

Kalau ada lebih tertarik untuk membuat kerah lepas pasang yang mirip dengan kalung maka anda perlu menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kemeja berkerah yang sudah kekecilan atau sudah tidak terpakai.
  • Mesin jahit, jarum jahit, benang jahit, gunting dan pendedel.
  • Kancing kait kecil atau pita untuk menghubungkan bagian belakang kerah.
  • Hiasan kerah baju (bisa apa saja misalnya renda atau mutiara).

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai membuat kerah palsu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Pisahkan Bagian Kerah Baju

Dengan menggunakan pendedel bongkar jahitan yang menghubungkan bagian kerah baju dengan bagian badan kemeja. Begitu pula kancing teratas yang ada pada bagian kerah kemeja.

2. Jahit Kerah Baju

Setelah bagian kerah baju terpisah dari bagian badan selanjutnya rapikan kembali bagian bawah kerah dengan cara melipatnya ke arah dalam kemudian jahit sepanjang tepinya dengan menggunaan mesin jahit.

Kerah Palsu

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Untuk memberikan sentuhan yang berbeda anda bisa juga memotong kerah menjadi dua bagian sama panjang kemudian jahit dan satukan kembali kerah baju dengan cara menghubungkannya menggunakan pita atau kancing kait kecil. 

Kerah Palsu

Sumber : https://www.indiamart.com/

3. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir pasang kembali kancing teratas pada kerah kemeja. Jika diperlukan anda juga bisa menambahkan mutiara pada bagian ujung kerah palsu. Sekarang kerah palsu yang anda buat bisa digunakan sebagai asesoris saat memakai t-shirt, tank top ataupun tube top.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat kerah palsu dari kemeja bekas yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membuat kreasi pakaian yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Simak juga pembahasan mengenai 20 Macam Variasi Kerah Yang Sesuai Untuk Berbagai Jenis Pakaian kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis kerah baju yang biasa digunakan paa pakaian.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.