Article

Train Skirt

Train skirt merupakan model pakaian bawah wanita berbentuk rok yang dipanjangkan pada bagian belakangnya sehingga tampak seperti diseret sepanjang lantai ketika digunakan untuk berjalan. Desain baju dan potongannya yang elegan seringkali difungsikan untuk menambah dan menyempurnakan bentuk tubuh pemakainya agar terkesan sedikit lebih tinggi. Selain itu, model busana wanita yang sudah dikenal sejak masa Medieval pada abad ke-12 dalam bentuk gaun terusan yang memanjang pada bagian belakangnya ini juga dapat dikenakan mulai dari bagian atas pundak.

Train Skirt

Sumber : http://www.foxgown.com

Ketentuan berbusana di istana Burgundian yang begitu ketat menyebutkan bahwa semakin panjang train sebuah busana maka semakin besar kekuasaan pemakainya. Pada masa itu bahkan kaum pria juga memakai gaun dengan train yang disebut Houppelande.

Train Skirt

Sumber : http://www.fashionmate.in

Berdasarkan cerita yang berkembang, konon busana wanita dengan train terbesar pernah digunakan dalam penobatan Czarina Catherine dari Rusia. Dengan train sepanjang 70 meter dan lebar 7 meter tidak mengherankan jika gaun tersebut harus dipanggul oleh 50 pengiring pada saat acara penobatan berlangsung. Namun sayangnya keberadaan gaun train pada masa Baroque mulai menghilang karena dianggap tidak sesuai dengan kostum di zaman tersebut.

Train Skirt

Sumber : http://www.dhgate.com

Popularitas train kembali terangkat dengan berkembangnya model rok bawah yang dikerut jauh diatas punggung. Model gaun yang mengadaptasi bentuk train skirt diantaranya berupa Bouffantes yang dipakai pada tahun 1680, the cut de Paris yang dikenakan pada abad ke 18, serta Bustle yang ditemukan seratus tahun kemudian.

Train Skirt

Sumber : http://www.fashionmate.in

Sepanjang abad ke-19, train skirt banyak diadaptasi oleh para fashion designer sebagai busana malam dan untuk terakhir kalinya dikenakan pada tahun 1900 sebagai pakaian sehari-hari. Meski tidak sepopuler jenis rok lainnya, sampai saat ini train skirt masih banyak digunakan sebagai busana pesta hingga busana pengantin lengkap dengan berbagai variasinya.

Train Skirt

Sumber : http://www.weddingdressmall.co.uk

Semoga bermanfaat.

Tags : busana wanita, designer indonesia, gaun batik pesta, kebaya batik, gaun pesta batik, baju bagus, desain baju, design baju batik, fashion designer, desainer baju

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.