Article

Homepage Article Desain Fesyen Tips Tampil Fashionable…

Tips Tampil Fashionable Dengan Celana Palazzo Untuk Gaya Casual Hingga Formal

Butuh celana panjang yang nyaman namun tetap terlihat stylish saat dikenakan pada acara casual maupun acara formal?. Bila anda ingin mencari celana yang cenderung berpotongan longgar mungkin anda bisa menjatuhkan pilihan pada celana palazzo wanita yang belakangan kembali menjadi primadona bagi para pecinta fashion.

Pengertian Celana Palazzo

Celana palazzo yang dikenal juga dengan nama palazzo pants dapat didefinisikan sebagai celana wanita berpotongan longgar yang didesain lurus pada bagian atas dan melebar dibagian bawah. Modelnya yang lebar membuat celana palazzo tetap terkesan sopan dan tidak seksi ketika dikenakan oleh wanita berhijab sekalipun.

Celana Palazzo

Sumber :  https://global.rakuten.com/

Sebagai salah satu jenis celana wanita yang nyaris seperti celana kulot versi panjang, celana palazzo sendiri konon mulai muncul pada tahun 60-an sebagai pelengkap busana pesta. Dengan modelnya yang super wide-leg, loose dan flowing celana palazzo secara umum juga menawarkan banyak keunggulan lho.

  1. Celana palazzo menjadi salah satu celana super nyaman yang dapat memberi ilusi kaki lebih panjang, elegan dan fashionable.
  2. Celana palazzo bersifat sangat versatile sehingga sangat mudah dipadupadankan dengan pakaian lain dan bisa dipakai untuk kesempatan apapun.
  3. Celana palazzo bahkan masih menjadi celana wanita yang terlihat stylish dengan gaya floral bohemian untuk dipakai ke festival musik.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.idntimes.com/

Mau tampil lebih gaya dan trendy saat hangout, kuliah maupun ke kantor dengan celana palazzo tapi masih bingung harus memilih bahan, warna dan motif celana yang seperti apa?. Untuk menghindari kesan salah kostum ada baiknya bila anda menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai tips memilih celana palazzo wanita berikut ini.

Pilih Bahan Yang Tepat

Untuk alasan kenyamanan sebaiknya pilih bahan celana tepat. Seperti halnya celana kulot maupun jenis celana wanita yang lainnya, celana palazzo pada prinsipnya juga dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda karena itulah anda harus benar-benar memperhatikan kesesuaian bahannya dengan kebutuhan anda.

1. Untuk Acara Formal

Bila anda ingin menghadiri sebuah acara yang bersifat lebih formal maka anda bisa menggunakan celana palazzo yang terbuat dari bahan kain katun, kain linen maupun kain drill.

a. Kain Katun

Kain katun merupakan bahan celana yang terbuat dari serat alami yakni serat cotton sehingga terasa dingin di kulit saat dikenakan. Beberapa ciri lain dari kain katun yang membuatnya layak untuk dijadikan bahan palazzo diantaranya:

  • Kain katun memiliki tekstur yang halus, lembut serta kuat dan tahan lama.
  • Kain katun akan selalu terasa nyaman di badan dan tidak panas.
  • Kain katun dapat menyerap keringat dengan baik dan mudah kering.
  • Kain katun tidak luntur untuk bahan berwarna.
  • Kain katun lebih mudah dirawat dan tidak membuat alergi.

Celana Palazzo

Sumber : http://www.restuanggraini.com/

b. Kain Linen

Kain linen terkenal sebagai salah satu jenis kain yang mahal dan memiliki karakteristik cukup istimewa sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai pakaian termasuk celana palazzo wanita. Beberapa ciri paling khas dari kain linen diantaranya:

  • Linen yang berkualitas tinggi memiliki permukaan yang sangat halus dan rapi.
  • Kain linen sangat identik dengan warna putih, sedikit pucat dan natural.
  • Kain linen termasuk kedalam golongan serat nabati terkuat jika dibandingkan dengan serat alami jenis lain.
  • Permukaan kain linen terlihat berkilau dan memiliki ketebalan yang konsisten.
  • Kain linen memiliki elastisitas yang buruk sehingga sangat mudah mengkerut dan mudah kusut.
  • Pakaian yang terbuat dari bahan linen tidak hanya halus, mengkilap tapi juga tidak mudah kotor.
  • Bahan linen akan terasa sangat sejuk saat dikenakan didaerah yang bersuhu panas dan akan bersifat menghangatkan ketika cuaca dingin.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.etsy.com/

c. Kain Drill

Bahan kain selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk celana palazzo yakni berupa bahan drill yang memiliki permukaan miring atau diagonal dengan jalinan benang yang amat kuat dan menawarkan banyak keunggulan. 

  • Kain drill bersifat sangat lembut, kuat, tahan kusut dan warnanya juga tidak mudah pudar.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.rickis.com/

2. Untuk Acara Casual

Sementara kalau anda ingin memakai celana palazzo untuk acara yang sifatnya lebih santai anda bisa mengunakan celana berbahan spandek, kain plisket maupun kain brokat.

a. Kain Spandek

Bahan spandek merupakan sejenis bahan kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis. Bahan yang saatu ini umumnya cenderung bersifat elastis dan memiliki kemampuan merenggang sangat tinggi hingga mencapai 5 kali dari ukuran aslinya.

  • Bahan kain spandek umumnya cenderung bersifat licin.
  • Bahan kain spandek ada yang tebal dan ada yang tipis. Meskipun tipis namun bahan kain ini masih tergolong kuat dan lebih awet.
  • Bahan spandek cenderung lebih ketat dan bahan kainnya agak panas apabila mengandung polyurethane dalam jumlah tinggi.
  • Bahan spandek juga memiliki sifat elastis yang tinggi dan tidak membatasi ruang gerak bagi yang memakainya.
  • Bahan spandek mampu mempertahankan ukuran aslinya, sehingga jika direnggangkan tidak akan cepat rusak.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.kime.com.my/

b. Kain Plisket

Kain plisket merupakan kain yang bertekstur lipit-lipit permanen yang dibuat dengan obat khusus yaitu obat plisket. Pola yang berlipat-lipat pada kain ini secara umum dapat memberikan kesan bold dan edgy.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.aliexpress.com/

c. Kain Brokat

Dari yang awalnya banyak dipakai untuk gaun dan kebaya, kain brokat juga mulai dijadikan sebagai bahan utama celana palazzo tentunya dengan penambahan furing pada bagian dalamnya agar tidak menerawang.

Celana Palazzo

Sumber : https://blog.my-baju.net/

Pilih Warna Yang Anda Suka

Untuk memberikan kesan ceria sahabat Fitinline bisa memilih celana palazzo yang diciptakan dari bahan kain yang berwarna cerah agar terlihat lebih stylish. Namun jika anda ingin terlihat lebih natural dan jauh dari kesan berlebihan sebaiknya hindari pencampuran warna yang terlalu banyak.

  1. Warna-warna pastel yang lembut bisa dijadikan alternatif pilihan yang tepat untuk menonjolkan sisi anggun dan feminim dari diri anda.
  2. Celana palazzo wanita yang diciptakan dari bahan kain berwarna putih, hitam, coklat dan biru dongker sangat identik dengan situasi formal.

Pilih Motif Yang Tepat

Bila anda ingin mendapatkan tampilan yang sedikit lebih casual anda bisa menggunakan celana palazzo bermotif yang dipadukan dengan blus, kaos maupun busana penutup tubuh bagian atas lainnya yang polos atau tidak bermotif.

  1. Sangat disarankan bagi anda untuk memilih celana palazzo yang memiliki motif atau pattern dengan pola vertikal.
  2. Celana palazzo yang longgar akan terlihat semakin lebar jika anda menggunakan motif horizontal.
  3. Sebaliknya celana palazzo wanita dengan pola vertikal akan membuat anda terlihat lebih tinggi dan jenjang.
  4. Khusus untuk anda yang ingin memakai celana wanita dengan motif bunga-bunga, pilihlah motif dengan pola bunga kecil agar bentuk tubuh anda tidak semakin terlihat lebar dan menumpuk.

Pilih Ukuran Yang Pas

Saat membeli celana palazzo, pastikan ukurannya memang pas dengan tubuh anda dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan. Kalau celana yang anda pilih ukurannya kurang pas pasti jatuhnya tidak akan nyaman dipakai dan membuat penampilan jadi kurang bagus.

  1. Pastikan lingkar kaki dan area lingkar perut dari celana palazzo yang anda pilih memang benar-benar sesuai dengan ukuran badan anda.
  2. Selain itu anda juga harus melihat apakah celana wanita tersebut terlihat bagus jika dilihat dari bagian samping maupun dari bagian belakang.

Masukkan Baju ke Celana

Agar tubuh tidak tampak seperti tenggelam di dalam baju yang anda kenakan, sangatlah penting memasukkan ujung pakaian ke dalam celana saat anda memakai kaos ataupun blus wanita yang cenderung panjang. Selain membuat penampilan jadi lebih seimbang cara ini juga akan memberi siluet tubuh lebih ramping.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.robertoverino.com/

Padupadankan Dengan Crop Top

Memadukan celana palazzo wanita dengan crop top menjadi cara paling unik yang dapat dilakukan untuk menonjolkan bentuk tubuh wanita meski tersembunyi di balik celana palazzo yang modelnya super wide dan loose.

  1. Crop top sendiri merupakan busana kekinian yang memiliki ciri khas menggantung tepat di atas pusar.
  2. Panjang crop top biasanya hanya berkisar antara 40-50 cm saja atau hanya sebatas lingkar pinggang.
  3. Busana crop top yang sangat identik dengan gaya casual akan memberikan kesan feminim pada tampilan wanita yang menggunakannya.

Celana Palazzo

Sumber : https://m.gocolors.co.in/

Tambahkan Long Outer

Khusus untuk anda yang merasa kurang percaya diri bila hanya memakai crop top saja, anda bisa juga menambahkan long outer dengan model vest maupu cardigan setelah menggunakan crop top.  Disamping berfungsi untuk menutup bagian panggul, outer yang panjang juga akan menambah gaya penampilan jadi makin modis.

  1. Sedikit berbeda dengan vest pada umumnya, long vest secara keseluruhan memiliki ukuran yang lebih panjang hingga melewati pinggang. Beberapa dilengkapi dengan kancing depan namun ada juga yang bermodel slouchy atau longgar.
  2. Selain vest ada pula long cardigan yang cocok untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan. Desain dan potongannya yang simple menjadikan long cardigan terkesan begitu classy dan santai dalam satu waktu yang sama.

Celana Palazzo

Sumber : https://umma.id/

Tampil Casual Dengan Jaket Denim

Kalau anda lebih menyukai tampilan sporty anda bisa memadukan palazzo dengan jaket denim yang terkenal sangat tangguh pada segala kondisi dan sneakers. Dipilihnya jaket denim sebagai pelengkap celana palazzo sebenarnya juga bukan tanpa alasan lho.

  1. Jaket denim memiliki tingkat ketebalan yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai alat pelindung tubuh dari angin, dingin, bahkan hujan sekalipun.
  2. Jaket denim sangat cocok digunakan sebagai fashion statement untuk memberikan kesan kasual dan trendi.
  3. Selain unggul dari segi durability jaket denim juga menunjukkan gaya klasik yang keren.

Celana Palazzo

Sumber : http://www.shannmholt.com/

Tertarik untuk membuat jaket denim sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mendownload Pola Jaket Denim siap pakai dari kami.

Tampil Lebih Formal Dengan Blazer

Celana palazzo memang memiliki tampilan yang terkesan santai, namun bukan berarti celana ini tidak bisa digunakan untuk menampilkan look yang lebih professional. Sebagai pelengkap gaya penampilan saat kuliah atau bekerja misalnya anda bisa menambahkan blazer sebagai outer dari blus yang anda kenakan.

  1. Kalau anda ingin terlihat lebih formal dan feminin, anda bisa memadukan celana palazzo berjenis plisket dengan blus wanita dan juga blazer.
  2. Dengan mengenakan blus, celana palazzo dan blazer anda siap tampil professional dan casual dalam waktu bersamaan.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.styleoholic.com/

Belum menemukan model blazer yang tepat untuk melengkapi gaya penampilan anda ketika memakai celana palazzo. Mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa model blazer berikut ini.

  1. Work blazer yang memiliki desain cenderung formal namun bisa tetap dipakai untuk kesempatan casual seperti hangout dengan teman-teman anda.
  2. Boyfriend blazer yang bentuknya menyerupai blazer pria karena memiliki ukuran yang besar dan berpotongan lurus.
  3. Crop blazer yang memiliki potongan lebih rendah dari blazer-blazer pada umumnya. Crop blazer dapat memberikan kesan lebih jenjang bagi pemakainya.
  4. Denim blazer yang dibuat dari material denim. Blazer wanita jenis ini termasuk ke dalam kategori pakaian informal yang sangat cocok dipakai untuk keperluan harian.
  5. Trendy blazer yang dirancang dengan beberapa hiasan seperti pita dan hadir dalam warna yang indah.
  6. Cape blazer yang memiliki bentuk cenderung mengembang dan banyak digunakan pada trend fashion korea.
  7. Peplum blazer dengan bentuk mengembang di bagian pinggang. Blazer wanita ini sebenarnya juga diadopsi dari gaya fashion Korea yang memiliki konsep yang girly.

Tambahkan Chic Belt

Memadupadankan celana palazzo dengan belt juga menjadi salah satu ide brilian yang bisa anda coba untuk mendapatkan tampilan yang lebih fashionable. Tapi ingat pemilihan bahan dan ukuran ikat pinggangnya juga harus tepat ya.

  1. Salah satu kunci agar ikat pinggang terlihat keren adalah pilih yang ukurannya sesuai dengan kebutuan anda dalam artian tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek.
  2. Pemilihan ikat pinggang yang disesuaikan warna busana juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat penampilan tampak lebih cantik dan menawan.
  3. Untuk keperluan formal akan lebih baik bila anda memilih ikat pinggang yang dibuat dengan bahan kulit asli, misal lapisan atas kulit (top grain leather) atau bahkan full grain leather.
  4. Untuk pelengkap gaya casual dan fashion belt sebaiknya cari bahan yang lebih murah dan bervariasi seperti bahan canvas dan suede.

Celana Palazzo

Sumber : https://www.hauteandrebellious.com/

Kenakan High Heels

Hindari penggunaan flat shoes ketika anda ingin mengenakan celana palazzo. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih fashionable sebagai gantinya anda bisa memakai high heels yang dilengkapi dengan hak dibagian bawahnya.

  1. Celana palazzo yang lebar dan panjang akan sangat bagus jika dipadukan dengan high heels.
  2. Selain membuat kaki jadi terlihat lebih jenjang dan anggun, anda juga akan lebih mudah dalam berjalan dan tidak perlu khawatir menginjak ujung bagian bawah celananya.
  3. Sebagai pelengkap gaya penampilan high heels sendiri pada prinsipnya dapat dibedakan menjadi tiga macam kategori, yakni berupa sepatu hak tinggi, sepatu hak sedang dan sepatu hak rendah.
  4. Model sepatu wanita yang dimasukkan dalam kategori hak tinggi yaitu cone heels dan stiletto.
  5. Model sepatu eanita dengan hak sedang terdiri dari sepatu wedges.
  6. Sedangkan untuk sepatu model hak rendah ada kitten heels.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips memilih dan memadupadankan celana palazzo untuk gaya casual hingga formal yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan dunia desain fashion simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.