Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik dan Menarik…

7 Fakta Unik dan Menarik Tentang Trench Coat

Jadi salah satu fashion item yang cocok diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan saat musim dingin, trench coat yang biasa didesain dalam ukuran panjang dan berkerah lebar ternyata juga menyimpan sejumlah fakta unik yang menarik untuk ditelusuri.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Trench Coat

Trench coat dapat dikategorikan ke dajam jenis outer yang memiliki ciri dan karakteristik sangat khas yakni biasa dilengkapi dengan kerah yang lebar, bagian bawahnya dibuat panjang, serta memiliki beberapa buah kancing yang jumlahnya lumayan banyak.

Fakta Tentang Trench Coat

Seperti layaknya fashion item lain yang didesain untuk pria dan wanita, trench coat pada prinsipnya juga memiliki cerita tersendiri yang menarik untuk ditelusuri lho.

1. Asal Mula Trench Coat

Dilihat dari sejarahnya, asal mula penemuan trench coat konon diperkirakan sudah berawal sejak lama tepatnya sebelum Perang Dunia Pertama. Dimana pada masa itu coat dibuat sebagai pakaian luar (outerwear) baik untuk laki-laki maupun.

Dua sosok penting yang dianggap sebagai penemu alias inventor trench coat sekaligus tokoh yang mengembangkan trench coat di Inggris yakni John Emary sang pendiri Aquascutum dan Thomas Burberry sang pendiri Burberry.

2. Desain Awal Trench Coat

Ketika pertama kali ditemukan, trench coat memang kebanyakan dibuat dalam warna khaki dan memiliki ikat pinggang untuk menyamarkan bentuk tubuh yang lurus supaya terkesan lebih berlekuk. Ciri khas lainnya yang membedakan trench coat klasik dengan model coat lain yaitu:

  • Trench coat memiliki desain dasar berupa jas dengan potongan longgar dan double breasted, yang divariasikan dengan lengan raglan.
  • Tench coat memiliki ukuran kerah yang lebar, kantong atau saku dibagian depan, serta 10 kancing aplikasi pemanisnya.
  • Trench coat biasa dilengkapi pula tali pengaman di sekitar pergelangan tangan, tali bahu yang dihiasi sejumlah kancing sebagai fitur tambahan.

Trench Coat

Sumber : https://www.farfetch.com/

3. Jadi Fashion Item Berkelas

Selama perang dunia pertama, trench coat diketahui kerap digunakan oleh kalangan atas. Hal inilah yang kemungkinan menjadi alasan mengapa trench coat juga dikenal sebagai pelengkap gaya penampilan yang berkelas.

Trench Coat

Sumber : https://revistatemalivre.com/

Dalam hal ini desain trench coat sedikit dimodifikasi dengan menyertakan “shoulder straps” alias tali bahu dan juga D-rings.

  • Shoulder straps atau tali bahu pada trench coat digunakan untuk manambahkan lencana peringkat militer lainnya.
  • Sementara D-rings digunakan untuk tempat peta dan pedang atau peralatan lainnya untuk sabuk.

Barulah pada perang dunia kedua, negara lain mulai mengadaptasi desain trench coat dan membuat banyak penyesuaian desain mulai dari segi bahan dan segala printilan lain yang memungkinkan penggunanya lebih mudah bergerak bebas.

4. Perubahan Desain Trench Coat

Meski tetap mempertahankan desain lamanya, trench coat yang berkembang saat ini kebanyakan sudah mengalami perubahan dan modifikasi dari awalnya semula. Warnanya pun tidak selalu harus khaki, tetapi bisa juga menggunakan warna-warna lain yang lebih gelap ataupun lebih terang.

Trench Coat

Sumber : https://www.gobicashmere.com/

Selain warnanya banyak mengalami perubahan, cutting dan model trench coat pun juga mulai berkembang menjadi lebih sleek dan sexy (ketat membentuk badan) bahkan ada juga yang membuat lengannya menjadi lebih lebar atau lebih pendek.

Trench Coat

Sumber : https://www.hsn.com/

Dari segi ukuran panjangnya pun, trench coat pun juga dapat dijumpai dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda, mulai dari sebatas lutut hingga betis sehingga tampilannya hampir menyerupai dress.

5. Banyak Pilihan Bahannya

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, trench coat sebenarnya juga dapat dibuat dari berbagai jenis material yang beragam. Untuk pilihan bahannya, beberapa jenis bahan yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain cashmere yang terbuat dari serat binatang asli yaitu binatang domba.
  • Kain wool yang memberikan tampilan lebih mewah dan kehangatan ekstra untuk cuaca dingin.
  • Kain drill yang bertekstur miring atau diagonal memiliki jalinan benang yang cukup kuat.
  • Kain twill yang memiliki kemiripan dengan drill yakni teksturnya sama-sama miring tapi sedikit lebih besar.
  • Kain gabardin yang memiliki karakteristik halus dan biasa terbuat dari wol atau campuran serat sintetis.
  • Kain tweed yang permukaannya cenderung kasar karena terbuat dari benang wol setengah jadi dan ditenun menggunakan anyaman twill (kepar).  
  • Bahan kulit untuk memberikan sentuhan gaya yang berbeda pada trench coat.

6. Pemanfaatan Trench Coat

Khusus di negara-negara empat musim seperti Kanada, Eropa, Amerika, Jepang, Korea dan China trench coat biasa difungsikan sebagai penghangat badan di musim dingin. Namun dengan berkembangnya dunia mode, trench coat juga bisa dipakai saat musim panas ataupun musim hujan.

Trench Coat

Sumber : https://observer.com/

7. Popularitas Trench Coat

Popularitas trench coat semakin meningkat tajam sejak digunakan olah model, aktor dan aktris ternama yang bermain di film Hollywood. Beberapa model, aktor dan aktris yang turut berperan dalam mempopulerkan trench coat yaitu:

  • Jude Law sebagai Watson dalam film “Sherlock Holmes” sebuah film laga misteri yang dirilis pada tahun 2009.
  • Blake Lively dalam film bergenre epik romantik fantasi “the Age of Adaline” yang diproduksi tahun 2015.
  • Emma Watson ketika menjadi model collection trench coat Burberry pada tahun 2009.

Trench Coat

Sumber : https://www.ebay.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang trench coat yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang trench coat ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat trench coat dan berbagai model outer lainnya yang tidak kalah menarik?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain Seragam terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.