Article

Homepage Article Kain 2 Cara Menata Display Kain…

2 Cara Menata Display Kain Sesuai Karakteristik Bahannya

Mengatur letak dan display barang dengan cara yang tepat menjadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ketika membuka sebuah toko kain. Karena alasan itu pula, untuk membuat display di toko kain jadi lebih atraktif berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Display

Display dapat didefinisikan sebagai suatu cara mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang yang ditawarnya, kemudian memunculkan keinginan pada mereka untuk memiliki dan membeli barang tersebut melalui daya tarik penglihatan langsung (direct visual appeal).

  • Display dibuat untuk menarik minat konsumen.
  • Display dibuat untuk memancing perhatian terhadap barang barang yang dijual ditoko.
  • Display dibuat untuk menimbulakan impulse buying (dorongan seketika).
  • Display dibuat untuk menimbulkan daya tarik terhadap keseluruhan suasana toko.
  • Display dibuat untuk menyatakan kualitas barang yang baik dan ciri khas toko tersebut.

Tidak hanya berlaku untuk produk-produk siap pakai saja (misal busana wanita, busana pria dan busana anak), prinsip-prinsip penataan display hendaknya juga diterapkan untuk menata produk-produk di toko kain.

Display Produk Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Display Toko Kain

Bergantung pada jenis ataupun teksturnya, teknik penataan bahan kain sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi dua yaitu penataan kain bertekstur lembut dan penataan kain bertekstur tebal dan kaku.

1. Display Kain Bertekstur Lembut

Penataan kain yang bertekstur lembut dan terkesan jatuh dapat dilakukan dengan menggunakan boneka (Manekin). Caranya yaitu kain dirapihkan pada boneka dengan bantuan jarum pentul.

Display Produk Pakaian

Sumber : https://www.raystitch.co.uk/

Selain menggunakan manekin, penataan kain yang bertekstur lembut dapat juga dilakukan dengan teknik menggantung. Caranya yaitu kain digantungkan pada penyangga kemudian dirapihkan atau dilangsaikan ke bawah yakni ke dasar tempat display.

Display Produk Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa contoh bahan kain yang dapat ditata dengan cara di atas antara lain berupa:

  • Kain Sutra yang diperoleh dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Kain ini umumnya mampu menyerap kelembapan sekitar sepertiga dari beratnya sendiri tanpa meninggalkan efek berat serta basah.
  • Kain Katun yang diperoleh dari pengolahan buah tanaman kapas yang mempunyai nama latin Gossypium. Selain lembut kain ini juga memiliki ciri yang sangat khas yakni bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas.
  • Kain Linen yang biasa dibuat dengan menggunakan serat linen, sejenis serat yang biasa diambil dari batang tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum).
  • Kain Rayon yang dihasilkan dari regenerasi serat selulosa, sejenis material alami yang diambil dari dinding sel tumbuhan atau pulp kayu yang dilarutkan.
  • Kain Satin yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester. Tujuan utamanya yaitu untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.
  • Kain Batik yang pembuatannya secara khusus dengan menambahkan bahan perintang (lilin batik / malam) pada kain, kemudian baru diproses lebih lanjut lagi dengan pewarnaan.

2. Display Kain Bertekstur Tebal dan Kaku

Sedikit berbeda dengan bahan kain yang bertektur lembut, penataan kain yang bertekstur tebal dan kaku umumnya banyak dilakukan dengan cara dilipat rapi kemudian dilengkapi dengan gambar-gambar yang berhubungan dengan kain yang ditata.

Display Produk Pakaian

Sumber : https://mall.shopee.co.id/

Selain dilipat, bahan kain yang tebal dan kaku dapat juga ditata pada boneka (paspop / dress form) menyerupai busana yang sesungguhnya.

  • Paspop atau dress form merupakan sejenis patung torso manusia yang didesain dari bahu hingga panggul dan tidak memiliki lengan serta kaki.
  • Paspop atau dress form dapat juga disebut sebagai perwujudan tiga dimensi dari ukuran-ukuran standar tubuh manusia.

Alternatif lain, anda bisa menata bahan kain yang tebal dan kaku dengan cara menyusun gulungannya pada rak-rak display yang di tempel di dinding. 

Display Produk Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa contoh bahan kain yang dapat ditata dengan cara di atas antara lain berupa:

  • Kain Wool dengan karakteristik tebal dan terkesan mewah yang biasanya digunakan sebagai bahan jaket, sweater hingga scarf.
  • Kain Denim yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Berdasarkan sejarahnya, nama denim ini awalnya disebut Serge de Nimes kemudian dipersingkat menjadi denim (de Nims yang artinya from Nimes).
  • Kain Drill yang memiliki tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang sangat kuat. Kain ini biasanya paling banyak digunakan oleh produsen pakaian untuk membuat kemeja dan berbagai jenis baju seragam.
  • Kain Twill yang berserat garis-garis miring (diagonal) seperti halnya drill tapi cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan kain drill. Selain tebal, jalinan benang yang menyusun kain twill pada prinsipnya juga terbilang cukup kuat dan tahan lama.
  • Kain Corduroy yang memiliki tekstur sangat khas yakni berupa pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya.
  • Permukaan kain corduroy sekilas lebih terlihat seperti dibuat dari sambungan garis parallel “cord” yang dipisahkan oleh sebuah jalur.
  • Jalur yang memisahkan tiap-tiap cord tersebut berperan juga sebagai alas dasar atau base.
  • Bahan Tweed yang teksturnya menyerupai katun tapi cenderung kasar dan biasanya terbuat dari wool yang halus dengan tambahan polyester. Karena itulah bahan tweed yang dihasilkan jadi memiliki karakteristik yang lebih tebal dan berat.

Butuh paspop / dress form untuk keperluan display produk kain?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat dulu koleksi Dress Form Pria dan Dress Form Wanita yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai dua cara sederhana yang bisa anda lakukan dalam menata display kain sesuai karakteristik yang dimilikinya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menata display produk di toko kain supaya tampak menarik dan mendapat perhatian dari banyak calon konsumen.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai produk pakaian dan lenan rumah tangga?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.