Article

Homepage Article Cara Menjahit Tehnik Lipat Tindas (Bagian…

Tehnik Lipat Tindas (Bagian 1)

Lipat tindas (tucks) dipergunakan untuk membantu pengepasan busana atau sebagai detil tambahan yang sifatnya dekoratif. Seperti pada lipit, lipat tindas harus benar-benar diukur dan dijahit secara akurat untuk mencegah kelebihan atau kekurangan bahan. Perbedaannya dengan lipit adalah lipat tindas dijahit sepanjang lipatan tepi, baik dengan mesin maupun dengan tangan.

Lipat tindas diciptakan mengikuti arah serat kain. Pressing memegang peran penting untuk mencapai hasil yang sempurna. Lipat tindas tegak lurus (vertical) arah lipatannya berlawanan (menjauhi) garis tengah bagian depan atau belakang busana, sedangkan lipat tindas datar (horizontal) dilipat ke arah bawah.

Cara mengukur dan menandai lipat tindas:

1. Buatlah alat pengukur dari kertas karton, gunting takik (notch) sehingga mendapatkan 2 celah sebagai tanda petunjuk luas jarak di antara lipat tindas.

Buat notch

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

2. Lipat, kemudian lakukan pressing pada bahannya dengan mempergunakan alat pengukur dari karton tadi. Jaga lipatan tetap pada lajurnya. Bisa juga melakukan jelujur halus sepanjang jalur lipatan sebelum dijahit dengan mesin.

Lipat dan presss

3. Bila lipat tindas dilipat dan dijahit ke arah dalam, tandailah lajur lipat sesuai pola pada bagian buruk kain. Sebaliknya, saat lipat tindas digunakan untuk dekorasi luar, tandailah lajur lipat pada bagian baik kain

Lipat tindas jarum (Pin tucks)

Lipat atau lakukan pressing sepanjang tanda-tanda yang sudah dibuat untuk tindasan. Buatlah stik jahit dengan tangan atau dengan mesin sangat dekat dengan garis lipatan.

Pintucks

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Untuk bahan yang tipis dan halus (sheer fabric) tarik satu benang dan lipat pada garis lolosan benangnya.

Pintucks pada sheer fabric

Bersambung ...

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.