Article

Homepage Article Cara Menjahit 11 Variasi Tusuk Feston…

11 Variasi Tusuk Feston Untuk Menghias Bahan Kain

Tusuk feston termasuk ke dalam jenis tusuk jahit yang dapat digunakan untuk menyambung serta menghias bahan kain. Sama halnya dengan tusuk dasar menjahit yang lain, tusuk feston ini variasinya juga banyak lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan Tusuk Feston

Blanket stitch yang juga di kenal dengan tusuk feston adalah jenis tusuk dasar menjahit yang memiliki banyak fungsi penting dalam pembuatan pakaian, kerajinn tangan maupun lenan rumah tangga.

  • Tusuk feston paling sering digunakan untuk menjahit beraneka ragam kerajinan yang berbahan dasar kain flanel.
  • Tusuk feston digunakan untuk penyelesaian tiras seperti tiras lingkar kerung lengan atau pada pinggiran pakaian bayi.
  • Tusuk feston digunakan untuk menjahit pinggiran taplak meja, renda meja, serta selimut agar lebih menarik.
  • Tusuk feston digunakan untuk menggabungkan dua lembar kain karena hasil jahitannya relatif kuat.

Tusuk Feston

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dalam kegiatan jahit menjahit sendiri tusuk feston dapat dibuat secara manual dengan menggunakan benang dan jarum jahit tangan. Untuk membuat tusuk feston anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Masukkan benang ke dalam jarum lalu ikat menggunakan simpul mati pada bagian ujungnya.
  • Tusukkan jarum pada bahan kain lalu tarik benang sampai habis. Jika sudah tusukkan kembali benang pada bahan kain lalu keluarkan dari titik yang sama dengan tusukan sebelumnya.
  • Posisikan bagian panjang benang disebelah kanan lalu tusukkan kembali jarum pada bahan kain dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari tutukan pertama. Tarik benang melalui lingkaran yang terbentuk untuk menyelesaikan tusuk feston pertama.
  • Ulangi lagi dengan membuat jahitan serupa dari arah kiri ke kanan secara terus menerus hingga selesai.

Tusuk Feston

Sumber : https://id.pinterest.com/

Variasi Tusuk Feston

Dari bentuk dasar tesebut, tusuk feston juga dikembangkan dalam berbagai variasi jahitan yang unik dan menarik. Beberapa variasi dari tusuk feston yang sangat terkenal antara lain berupa tusuk feston bersilang, tusuk feston tertutup, tusuk feston berganda, hingga tusuk feston honeycomb.

1. Tusuk Feston Bersilang

Pertama ada tusuk feston bersilang yang memiliki bentuk saling silang. Tusuk feston bersilang ini cara pembuatannya hampir sama dengan tusuk feston biasa, hanya saja jahitan pertama dengan pola jahitan berikutnya dibuat dengan pola bersilang.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

2. Tusuk Feston Tertutup Bentuk Segitiga

Tusuk feston tertutup merupakan variasi tusuk feston yang memiliki bentuk segitiga sama kaki, dimana kakinya bertumpu pada garis yang sama.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

3. Tusuk Feston Berganda

Berikutnya ada tusuk feston kaki dua / tusuk feston berganda yang cara pembuatannya hampir sama dengan tusuk feston pada umumnya, hanya saja jumlah kakinya dibuat dua pada setiap polanya.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

4. Tusuk Feston Berkelompok Yang Diikat

Dari pengembangan tusuk feston berganda didapat pula variasi tusuk feston berkelompok yang diikat. Tusuk hias yang satu ini cara pembuatannya kurang lebih sama dengan tusuk feston berganda, hanya saja kedua kaki gandanya diberi benang secara menyilang dari bagian atas ke bawah.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

5. Tusuk Feston Berkelompok Dengan Antara

Jenis tusuk feston selanjutnya yakni berupa tusuk feston berkelompok dengan antara. Tusuk feston berkelompok dengan antara ini umumnya terdiri dari tiga, empat atau lima jahitan yang dikelompokkan menjadi satu, kemudian diberi jarak antara kelompok satu dengan kelompok lainnya.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

6. Tusuk Feston Naik Turun

Tusuk feston naik turun termasuk ke dalam jenis tusuk hias yang unik karena didesain dengan variasi naik turun. Dalam proses pembuatannya tusuk ini dapat dibuat dengan bagian atas dan bawah tanpa diputus terlebih dahulu.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

7. Tusuk Feston Dengan Sisipan

Tusuk feston dengan sisipan merupakan variasi tusuk dasar menjahit yang sama seperti tusuk feston pada umumnya, namun diselipi jahitan secara zig-zag.

  • Untuk membuat tusuk feston dengan sisipan, mula-mula buat dua baris tusuk feston yang saling berhadapan.
  • Setelahnya sisipkan benang dengan pola zig-zag di antara kedua tusuk feston yang anda buat tanpa menusuk bahan kain.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

8. Tusuk Feston Dengan Buhulan

Selanjutnya ada juga variasi tusuk feston dengan buhulan. Dengan membuat sengkelit yang melingkari ibu jari anda bisa dengan mudah membuat buhulan pada ujung kaki tusuk feston.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

9. Tusuk Feston Yang Dililit

Tusuk feston yang dililit dapat dibuat dari tusuk feston biasa kemudian ditambahkan lilitan di sepanjang jahitannya, biasa dari arah kiri ke kanan.

Lilitan benang dari kiri ke arah kanan yang terbentuk pada tusuk feston akan memberi kesan yang lebih menarik dari pada anda membuat lilitan benang dari arah kanan ke kiri.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

10. Tusuk Feston Sebagai Pengisi

Sebagai pengisi bidang tutuk feston letaknya dapat dibuat bebas dan dikerjakan setiap baris dengan cara dibolak-balik. Pada baris pertama setiap tusuk feston menyangkut sedikit kain dasar, pada baris-baris berikutnya hanya pada permulaan dan pada ujungnya atau akhir saja.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

11. Tusuk Feston Honeycomb

Tusuk feston honeycomb merupakan merupakan variasi tusuk feston yang cara pembuatannya sama dengan tusuk feston biasa hanya saja susunannya dibuat dalam pola heksagonal menyerupai sarang lebah.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.embroidery.rocksea.org/

Untuk menghias bahan kain tusuk feston ini bisa juga dikombinasikan dengan tusuk lain seperti tusuk jelujur. Caranya buat dulu jahitan jelujur sesuai pola yang anda inginkan lalu bungkus dengan tusuk feston yang sedikit rapat.

Tusuk Feston

Sumber : https://www.embroidery.rocksea.org/

Tusuk Feston

Sumber : https://www.embroidery.rocksea.org/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai variasi tusuk feston yang dapat anda pakai untuk menjahit serta menghias bahan kain. Buat anda yang suka membuat kerajinan tangan dari bahan kain flanel, kemampuan dasar menjahit dengan tusuk feston ini juga sangat penting untuk anda kuasai lho.

Pembahasan lengkapnya bisa anda lihat pada artikel Menjahit Dengan Tusuk Feston.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik yang dapat diterapkan untuk menjahit dan menghias bahan kain, maka anda bisa mendownload E-Book Seni Menghias Bahan Kain dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.