Article

Homepage Article Cara Menjahit Tehnik Lipat Tindas (Bagian…

Tehnik Lipat Tindas (Bagian 2 - Habis)

Di bagian ini kita akan bahas lipat tindas yang lebih advance baik dengan mesin maupun dengan tangan. Yang kita bahas di sini adalah dasar-dasar teknik lipat tindas, untuk pengaplikasiannya bisa dilakukan improvisasi.

Lipat tindas dengan mesin

Tersedia alat khusus untuk melipat tindas yang bisa dipasang pada mesin jahit. Setel alatnya dengan lebar lipatan yang dikehendaki. Usahakan bahan terletak pada lajur lurus saat membuat lipat tindas.

Lipat tindas dengan mesin jahit

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Lipat tindas kerang atau engkolan

Tindasan dilipat, kemudian tandai dengan titik-titik kecil sebagai tanda tempat dimana nantinya kita akan aplikasikan jimpitan, dengan selang yang rata jaraknya. Jahit tindasan dengan tangan, setiap sampai pada tanda titik yang kita buat tadi, dijimpit lalu ditarik erat untuk membentuk kerang dan engkolan (shell/scallop).

Lipat tindas kerang

Lipat tindas bersimpangan

Jenis lipat tindas ini harus dikerjakan sebelum memotong kainnya. Jahitkan semua lipat tindas, pertama-tama sepanjang satu arah. Setrika rebah ke satu sisi. Jahit tindas berikutnya secara melintang, seperti tanda (+) atau persimpangan, hingga membentuk siku pada setiap sudutnya, dan seterusnya. Setrika rebah ke satu sisi.

Lipat tindas bersimpangan

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Lipat tindas kelompok

Jahitkan satu rangkaian/seri dari lipat tindas yang saling berdekatan. Lakukan pressing satu arah. Pada selang yang dibuat sama rata jaraknya, jahit lipat tindas menyilang. Mulai dulu dengan satu deret lipat tindas ke arah kiri misalnya. Pada deret berikutnya lipatan ditindas ke arah sebaliknya, dan seterusnya.

Lipat tindas berkelompok

Lipat tindas dengan tali sumbu

Tandai posisi untuk lipat tindas di atas bahan sebelum memotong kain pada pola. Letakkan bahan di atas tali, bagian baik di luar. Jahitkan dengan stik tangan yang halus berdekatan dengan tali tersebut atau jahit saja dengan mesin menggunakan sepatu mesin khusus, atau bisa juga memakai sepatu jahit untuk zipper.

Lipat tindas dengan tali sumbu

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.