Article

Homepage Article Batik Batik Madura 3 Dimensi

Batik Madura 3 Dimensi

Batik memiliki ciri khas yang mewakili daerah masing-masing asal batik. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh lingkungan dan karakter masyarakat setempat yang pada akhirnya akan memiliki pengaruh besar pada hasil akhir dari batikan. Batik termasuk karya seni terapan dua dimensi, tapi seiring dengan perkembangan waktu, teknik membatik mulai berkembang dan salah satu hasilnya adalah batik tiga dimensi. Kali ini kita bahas tentang Batik Madura 3 dimensi atau lebih sering disebut batik 3D (treedi).

Madura tidak hanya dikenal dengan sate ataupun karapan sapinya. Madura memiliki budaya yang lain yaitu batik. Batik Madura termasuk batik pesisiran. Coraknya lebih pada corak flora dan fauna. Berkaitan dengan batik 3D, tiga dimensi yang dimaksud adalah pada hasil pewarnaannya. Batik 3D proses membatiknya dua kali, dan pewarnaan tiga kali atau lebih. Dalam batik tiga dimensi, faktor pewarnaan menjadi amat penting dan menuntut kecermatan. Tidak semua perajin batik bisa mengerjakannya. Batik Madura dikenal dengan warna-warnanya yang mencolok mata. Pada batik 3D, terdapat 4 hingga 5 warna sekaligus dalam satu kain. Hemmm nama kerennya bisa jadi rainbow batik.... :) Warna-warna terang seperti kuning, merah, hijau, biru, orange, ataupun ungu. Dalam selembar kain, bisa muncul warna yang kontras, yang tidak mungkin ditemukan pada kain batik pedalaman ataupun pesisiran di Jawa.

Rainbow batik

(sumber gambar: http://ivangauzitaufiq.wordpress.com)

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Motif flora digambarkan seperti dedaunan, dan bunga-bungaan. Sedangkan motif fauna digambarkan seperti kepala, sayap dan ekor ayam. Penggabungan antara motif flora dan fauna juga sering dilakukan. Motif flora dan fauna terawat dengan baik, dikarenakan para perajin batik ini secara turun-temurun bermukim di kawasan pertanian. Masih terawatnya motif batik Madura yang lekat dengan flora dan fauna, boleh jadi karena budaya warisan leluhurnya. Indikasinya, lembaran batik tulis ini digarap oleh sebuah keluarga besar. Mereka terdiri dari nenek, anak bahkan cucu. Rame yaaa....dan kompak...sekeluarga membatik bersama....perlu dilestraikan :) 

Batik 3D sangat ekspresif dibanding batik Jawa pada umumnya. Teknik coletan lebih banyak digunakan. Mungkin terlalu ekspresifnya malah tampak kasar atau tidak rapi mencoletnya, karena itulah karakter batik Madura.

Motif yang ekspresif

(sumber gambar: http://bintangbatik.file.wordpress.com)

Batik dengan efek 3 dimensi ini merupakan perpaduan 2 lapis pola yang berbeda. Lapis pertama yang langsung kelihatan mata adalah red triangles dengan bunga-bunga di setiap sudutnya. Lapis kedua yang ada di bawahnya adalah pola daun-daun hitam & bintik putih. Motif yang sangat simple namun artistik. Batik 3D ini terlihat eksotik saat diaplikasikan menjadi sebuah busana ataupun gaun. Batik ini cocok sekali dipakai oleh segala usia, tua maupun muda.... hemmm batik sepanjang masa yahhh....

Perpaduan 2 lapis pola

(sumber gambar: http://mirahbiru4batikmadura.wordpress.com)

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Ciri khas Batik Madura dapat dilihat dari 2 hal, yaitu warna dan motif. Dari motif dapat dilihat dari banyaknya tarikan garis pada satu desain Batik. Ciri khas lainnya adalah banyaknya garis yang terpampang dalam satu desainnya. Tiap desain batik tersebut pun memiliki cerita masing-masing yang menggambarkan keseharian rakyat Madura. Dengan pewarnaan yang tajam dan didominasi dengan warna hitam dan merah yang kuat.
Selain dari Madura, beberapa daerah lain juga memproduksi batik 3D, misalnya daerah Malang dan Cirebon. Batik 3D ini termasuk batik 3D kontemporer. Salah satu contohnya adalah perpaduan antara motif flora dan motif spiderman dengan warna dasar merah. Batik ini berasal dari daerah Malang.

Motif spiderman

(Sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com)

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Batik Tulis Mega Mendung Tiga Dimensi Kupu Orange, batik tulis cirebon dengan motif kupu-kupu dan mega mendung wadasan. Batik ini terlihat seperti 3 dimensi karena disertai titik-titik pada motif batiknya. Batik yang unik dan menarik.

Keindahan batik madura dapat kita temui di berbagai pelosok Pulau Madura seperti Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, dan Sampang. Terutama di daerah Tanjungbumi (Bangkalan) dan di Pamekasan. Wouwww nanti kapan-kapan jalan-jalan ke Madura terus belanja batik dehhh.... :)

Pasar batik

Aktivitas jual beli batik di Pasar 17 Agustus, Pamekasan, Madura, yang buka tiap hari Kamis dan Minggu. Perajin batik tulis di Madura masih mengandalkan pasar tradisional untuk memasarkan batik. (sumber gambar: http://tanahair.kompas.com)

Ingin belajar membatik? Lihat videonya Disini.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.