Article

Homepage Article Kain Tekstil Selvage Denim (Selvedge…

Selvage Denim (Selvedge Denim)

Pernah mendengar kata selvage denim atau selvedge denim sebelumnya?. Ditinjau dari asal bahasanya, kata selvage sebutan dalam bahasa US English dan kata selvedge sebutan dalam bahasa British English sebenarnya sama-sama memiliki kesamaan arti.

Selvedge Denim

Sumber : https://www.jackthreads.com/

Keduanya merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mendefinisikan finishing tepian kain denim yang bertuliskan kode merk atau motif dari sebuah produk kain. Dimana arti dari selvedge atau selvege itu sendiri adalah "sebuah tepi tenun yang dianyam". 

Selvedge Denim

Sumber : http://www.bananarepublic.eu/

Dibandingkan dengan jenis kain denim yang lainnya, kain selvage denim atau selvedge denim pada dasarnya termasuk kedalam jenis kain berkualitas unggul. Karena kain denim yang dibuat dengan teknik penyelesaian semacam ini biasanya memiliki hasil tenunan yang lebih rapat dan lebih berat sehingga jahitan yang dihasilkan menjadi tampak rapi.

Selvedge Denim

Sumber : https://www.jackthreads.com/

Selvedge denim yang diciptakan oleh para produsen denim Amerika pada awalnya dibuat dengan menggunakan mesin tenun kuno yang dikenal dengan nama “shuttle loom”. Mesin shuttle looms ini mampu menghasilkan strip tenunan denim yang rapat dan erat, dengan tepian yang teranyam sempurna sehingga lebih rapi dan kuat. 

Selvedge Denim

Sumber : http://www.aandhmag.com/

Karena tenunan kain menjadi lebih rapat dan lebih berat maka kain yang dihasilkan dengan mesin shuttle loom ini juga menjadi lebih sempit, tidak selebar denim non-selvedge. Bahkan untuk membuat sebuah celana jeans diperlukan selvedge denim sepanjang 3 yard.

Selvedge Denim

Sumber : http://brooklynclothing.com.previewdns.com/

Meningkatnya permintaan denim pada tahun 1950 mau tidak mau memaksa produsen kain untuk beralih menggunakan mesin tenun "projectile loom" yang lebih modern dan lebih cepat untuk memproduksi denim yang berukuran lebih lebar.

Selvedge Denim

Sumber : https://www.pinterest.com/

Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk membuat produk denim cenderung lebih cepat dan kain yang dihasilkan sedikit lebih lebar namun sayangnya kain yang dihasilkan dengan mesin projectile loom ini memiliki tampilan yang kurang rapi tidak seperti selvedge denim yang dibuat dengan mesin shuttle loom.

Selvedge Denim

Sumber : http://www.styleforum.net/

Sebab tepian kain denim yang dihasilkan dengan mesin projectile loom ini umumnya menjadi tidak teranyam dan tampak seperti benang berumbai. Sejak saat itulah mulai muncul istilah selvedge denim yang digunakan untuk menyatakan tepian kain yang ditenun dan non-selvage denim yang digunakan untuk menyebutkan tepian kain yang tidak ditenun.

Selvedge Denim

Sumber : http://www.primermagazine.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.