Article

Homepage Article Fashion Design Tampil Lebih Sopan dan Tertutup…

Tampil Lebih Sopan dan Tertutup Dengan Kebaya Labuh

Mencari referensi model kebaya yang memiliki desain cukup tertutup dan cocok untuk dikenakan sebagai pelengkap gaya berhijab?. Khusus untuk anda yang lebih suka berpenampilan simple maka anda bisa mencoba untuk mengenakan kebaya labuh yang juga banyak dipakai oleh masyarakat suku Melayu.

Beberapa poin penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kebaya Labuh

Kebaya labuh dapat dikategorikan ke dalam jenis busana kurung yang banyak dipakai oleh masyarakat suku Melayu seperti halnya di Riau. Busana ini sebenarnya merupakan salah satu warisan kebudayaan yang berasal dari masa kejayaan Islam, namun seiring dengan berjalannya waktu juga menjadi bagian dari pakaian adat dari Kepulauan Riau.

Kebaya labuh sendiri konon menjadi jenis baju kurung tertua yang masih ada hingga saat ini. Penggunaannya pun tidak hanya terbatas pada saat upacara adat saja, namun kabaya labuh juga kerap digunakan oleh para wanita untuk  menghadiri acara-acara yang bersifat resmi termasuk upacara pernikahan.

  • Pada awalnya, baju kurung atau kebaya kabuh kerap digunakan untuk upacara kebesaran Melayu. Di kala itu biasanya kaum perempuanlah di lingkungan kerajaan yang bisa menggunakan baju tersebut.
  • Kebaya labuh juga biasa digunakan sebagai pakaian mempelai perempuan ketika melangsungkan akad nikah, dengan tambahan kembang goyang sebagai aksesors sanggul atau bisa juga menggunakan kerudung.
  • Dari yang semula hanya digunakan di lingkungan kerajaan dan acara pernikahan, baju kurung lambat laun juga banyak dipakai oleh masyarakat biasa tanpa disertakan pernak-pernik yang terkesan mewah.

Kebaya Labuh

Sumber : https://www.lazada.com.my/

Sesuai dengan kebudayaan masyarakat Melayu yang memeluk agama Islam, banyak perempuan yang menggunakan kebaya labuh dengan penutup kepala seperti halnya jilbab. Meski demikian ada juga yang tidak menggunakannnya bersamaan dengan jilbab.

Kebaya Labuh

Sumber : https://www.giofabrics.com.my/

Karakteristik Kebaya Labuh

Dilihat dari segi desain atau bentuk dasarnya kebaya labuh sekilas memang hampir sama seperti baju kebaya pada umumnya, akan tetapi bagian bawah kebaya labuh ini dibuat menjuntai sampai menutupi bagian lutut penggunanya.

  • Ciri paling khas yang membedakan kebaya labuh dengan kebaya lain yaitu desainnya cenderung longgar pada lubang lengan, perut dan dada.
  • Kebaya labuh desainnya cenderung tertutup dan sopan namun tetap terkesan elegan.
  • Pada saat dikenakan ujung bagian bawah kebaya labuh berada pada posisi sejajar dengan pangkal paha, namun tidak jarang ada pula yang memanjang hingga sejajar dengan lutut.
  • Kebaya labuh memiliki model kerah yang dilipat keluar dengan kelepak kerah yang memanjang dari bagian leher hingga ujung kebaya. Beberapa bagiannya sering dihiasi sulaman berwarna keemasan.
  • Tidak ada kutu baru atau kain tambahan di tengah kebaya yang menghubungkan bagian kiri dan kanan kebaya.
  • Kedua sisi depan kebaya labuh biasanya dikaitkan dengan 3 kancing (pada jaman dahulu menggunakan peniti) sehingga tampak terbuka dan melebar.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kebaya labuh umumnya banyak dibuat dengan menggunakan kain sutra cina dan kain brokat, sedangkan untuk sarungnya bisa menggunakan kain songket.

  • Kain Sutra

Kain sutra merupakan sejenis kain yang diperoleh dari serat alami berupa filamen yang dihasilkan dari kepompong ulat sutra murbei. Kain ini umumnya memiliki karakteristik halus, ringan, berkilau dan dapat menyerap keringat.

  • Kain sutra terkenal sangat kuat dan tidak mudah putus.
  • Kain sutra memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik.
  • Kain sutra bisa difungsikan sebagai tabir surya yang melindungi kulit  dari paparan sinar matahari.
  • Kain sutra terasa sangat lembut saat menyentuh kulit karena memiliki kandungan asam amino pada benang sutranya.
  • Kain sutra tampak berkilau seperti mutiara karena terdapat lapisan-lapisan fibroin (protein yang dihasilkan ulat sutra).
  • Kain Brokat

Kain brokat termasuk ke dalam jenis kain yang kaya akan dekorasi.  Kemewahan dan pesona yang melekat pada kain brokat menjadikannya sebagai kain spesial yang sangat cocok dipakai untuk membuat baju kebaya.

Selain dibuat dari kain sutra dan kain brokat, dengan semakin berkembangnya industri fashion kini terdapat pula kebaya labuh yang dibuat dari bahan lain. Bahan yang dimaksud antara lain berupa kain satin, kain tile, kain organza dan kain chiffon yang menawarkan banyak keunggulan berbeda satu sama lain.

Variasi Kebaya Labuh

Sebagai jenis pakaian tertua, kebaya labuh pada dasarnya juga mempunyai beberapa nama dan variasi yang dikenal luas oleh masyarakat. Busana yang dimaksud yakni berupa kebaya labuh nyonya dan kebaya labuh pendek.

  • Kebaya Labuh Nyonya

Kebaya labuh nyonya dipopulerkan oleh perempuan etnik Cina yang berada di kawasan Melayu. Bentuk dan bahannya tidak jauh berbeda dengan kebaya labuh, hanya saja pada bagian depan baju kebaya ini terkadang disematkan sapu tangan.

Kebaya Labuh

Sumber : https://www.inhanna.com/

  • Kabaya Labuh Pendek

Kebaya labuh pendek merupakan variasi dari kebaya labuh yang bagian bawahnya lebih pendek yaitu tidak sampai menutupi bagian lutut, tetapi panjangnya hanya sampai sebatas pinggul.

  • Kebaya pendek yang tersebar hampir di seluruh bagian barat Indonesia juga merupakan variasi dari kebaya labuh.
  • Kebaya labuh pendek bagian bawahnya hanya bisa menutupi bagian pinggul pemakainya.
  • Kebaya labuh pendek awalnya juga dipakai oleh keturunan Cina, namun pada perkembangannya juga meluas dari segi pengguna maupun dari motifnya.

Kebaya Labuh

Sumber : https://www.inhanna.com/

Selain diciptakan dalam dua model di atas, kini variasi kebaya labuh semakin banyak terutama dari segi penggunaan maupun motifnya, sehingga muncul istilah kebaya labuh modern yang juga dikenal dengan kebarung.

Padupadan Kebaya Labuh

Tertarik untuk mengenakan kebaya labuh sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mencoba tips berikut.

  • Untuk acara-acara formal  anda bisa memadukan kebaya labuh dengan kain songket sebagai sarungnya lalu tambahkan aneka perhiasan emas, sebuah tas ataupun kipas sebagai pelengkapnya.
  • Untuk alternatif lain yang lebih simple anda juga bisa mengenakan kebaya labuh dengan kain batik, rok plisket batik dan juga selendang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kebaya labuh, variasi kebaya labuh, bahan kebaya labuh serta tips padupadannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda untuk lebih mudah menemukan baju kebaya yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk baju kebaya, anda bisa mendownload E-Book Serba Serbi Kebaya Sebagai Fashion Khas Indonesia yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.