Article

Homepage Article Kain Tampil Lebih Modis dan Stylish…

Tampil Lebih Modis dan Stylish Dengan Busana Dari Kain BSY

Kain BSY dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang memiliki karakteristik cukup unik dan cocok digunakan untuk membuat berbagai model pakaian serta produk pelengkap kebutuhan rumah tangga lainnya. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang karakteristik dan pemanfaatan kain BSY, langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain BSY

Kain BSY (bi shrinkage yarn) yang dibaca be-es-wai, merupakan sejenis kain yang terbuat dari 100%  polyester namun tenunannya serupa dengan kain katun. Jadi walaupun terbuat dari polyester tapi kain BSY ini terbilang cukup halus, lembut, tidak panas dan pastinya cukup mudah untuk dijahit seperti bahan katun pada umumnya.

Kain BSY

Sumber : https://fitinline.com/

Kain BSY juga dikenal sebagai salah satu bahan yang cocok untuk printing textile karena mempunyai karakter bahan yang dapat menimbulkan hasil gambar printing (print sublim) jadi lebih jelas.

  • Bahannya yang lembut dan tidak mengkilap menjadikan kain BSY sangat cocok di gunakan sebagai bahan utama dalam print kain.
  • Hasil gambar printing (print sublim) yang dibuat pada kain BSY pun umumnya juga memiliki tampilan yang lebih jelas dan berwarna cerah.
  • Estimasi penyusutan bahan pada kain BSY biasanya sebesar 0,5 % bahkan bisa juga sampai 1-2 %.

Karakteristik Kain BSY

Sama halnya dengan bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, kain BSY sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khusus yang menjadikannya tampak begitu istimewa. Beberapa karakteristik paling khas dari kain BSY yang perlu anda ketahui diantaranya:
Kain BSY dibuat dari bahan 100% polyester dengan kualitas woven terbaik.

  • Kain BSY memiliki karakteristik halus, terkesan jatuh dan tidak kaku.
  • Kain BSY cenderung tidak mudah kusut, memiliki warna yang lebih awet dan tidak panas.
  • Kain BSY mudah untuk dijahit dan harganya relatif terjangkau.
  • Kain BSY termasuk ke dalam jenis kain yang lembut dan tidak mengkilap.
  • Kain BSY sangat cocok digunakan sebagai bahan utama untuk printing textile.
  • Kain BSY sangat mudah di padupadankan dengan hampir semua bahan lainnya.

Pemanfaatan Kain BSY

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari jadi kain BSY ini pada prinsipnya dapat digunakan pada banyak aplikasi. Khusus untuk industri fashion misalnya kain BSY biasanya lebih sering dipakau untuk membuat baju blus wanita, kemeja pria, rok wanita, tunik modern, serta kombinasi kain batik/kain polos.

1. Baju Blus Wanita

Blus termasuk ke dalam salah satu jenis busana wanita yang banyak dibuat dari kaini BSY. Meski dari segi tampilan terkesan simple dan sederhana, baju blus wanita yang diciptakan dari kain BSY justru sangat cocok dipakai dalam berbagai kesempatan, baik itu kesempatan formal maupun casual.

Kain BSY

Sumber : https://www.blibli.com/

Tertarik untuk membuat baju blus wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI dari kami.

2. Kemeja Pria

Kemeja pria juga termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang banyak dibuat dari kain BSY. Untuk urusan desain atau modelnya, kemeja pria yang diciptakan dari kain BSY inipun dapat dijumpai dalam dua macam model yakni berbentuk slim fit ataupun regular fit.

  • Kemeja slim fit dikenal sebagai salah satu model kemeja pria yang memiliki potongan pas di badan mengikuti body atau bentuk tubuh pemakainya.
  • Sementara untuk kemeja pria yang berpotongan regular atau kemeja pria standar umumnya memiliki potongan yang relatif lebih longgar.

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload kemeja pria siap pakai dari kami.

3. Rok Wanita

Produk pelengkap fashion berikutnya yang dapat dibuat dari kain BSY yakni berupa rok wanita. Dengan karakteristik bahannya yang cukup halus, lembut dan tidak panas, rok wanita yang menggukan kain BSY sebagai bahan utamanya pastinya akan sangat nyaman di gunakan di daerah yang beriklim tropis.

4. Tunik Modern

Dengan karakteristik bahannya yang halus, ringan dan tidak panas saat digunakan, kain BSY sangat  cocok jika dijadikan sebagai bahan pembuatan tunik. Beberapa contoh model tunik modern yang dapat dibuat dari kain katun oxford antara lain berupa:

  • Tunik modern berdetail peplum yang dilengkapi dengan aksen mengembang dan penuh pada bagian bawah.
  • Tunik modern dengan potongan asimetris yang bisa anda pakai sebagai pakaian lebaran, kondangan maupun pakaian harian.
  • Tunik modern dengan model dress yang memiliki bentuk seperti layaknya dress tetapi sebenarnya adalah tunik.
  • Tunik modern model abaya yang diperoleh dari perpaduan antara tunik dan abaya.

Kain BSY

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Kombinasi Kain Batik

Kain BSY bisa dijadikan sebagai kombinasi kain batik untuk sebagian orang yang kurang suka memakai baju full motif. Pemilihan warna kainnya pun bebas, tapi akan lebih baik jika disesuaikan dengan warna motif yang mendominasi kain batik.

Selain dimanfaatkan sebagai pelengkap kebutuhan fashion, kain BSY pada prinsipnya juga sangat cocok diaplikasikan untuk bahan perlengkapan rumah tangga lainnya seperti sprei anak-anak, sarung bantal guling, sarung bantal sofa, art and craft, tirai (hiasan) serta aplikasi lainnya.

Kesimpulan

Sampai di sini dulu yaa pembahasan singkat mengenai karakteristik kain BSY dan pemanfaatan kain BSY dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan material yang tepat untuk produk pakaian yang ingin anda buat. Khusus untuk anda yang ingin membeli kain BSY secara online, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain BSY (NGR) di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.