Article

Homepage Article Kain Tampil Cantik Meski Cuaca…

Tampil Cantik Meski Cuaca Panas Dengan Outfit Berbahan Kain Shantung

Mencari bahan kain berkulitas tinggi yang bagus dipakai untuk membuat baju daster, gamis wanita, tunik dan berbagai model busana wanita lainnya?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang memiliki karakteristik ringan, halus, lembut dan mudah menyerap keringat mungkin anda bisa menjatuhkan pilihan pada bahan kain shantung/katun rayon.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Shantung

Kain shantung termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang memiliki tekstur halus, lembut dan juga dingin. Ditinjau dari sejarahnya istilah shantung yang dipakai untuk menyebutkan bahan kain tersebut konon diambil dari nama salah satu wilayah di negara China, yaitu Shandong yang pertama kali membuat kain santung dari serat ulat sutra liar.

Dari yang awalnya di produksi menggunakan 100% pintalan asli benang sutra, lambat laun kain shantung mulai di produksi dengan campuran beberapa bahan baku sintetis seperti serat polyester atau fiber dengan tenunan polos atau plain wave. Dan untuk saat ini istilah shantung pun lebih identik dengan jenis kain yang dibuat dari serat rayon.

Khusus untuk kain shantung yang ada di Fitinline, kain ini secara umum dibuat dari kombinasi serat katun dan serat rayon. Karena memiliki kandungan katun dan juga rayon di dalamnya maka beberapa orang juga sering menyebutnya dengan nama lain katun rayon. 

Kain Shantung

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Shantung

Tidak jauh berbeda dengan bahan lain yang biasa dipakai untuk membuat pakaian, kain shantung/katun rayon sebenarnya juga memiliki sejumlah karakteristik khusus yang menjadikannya begitu istimewa. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain shantung/katun rayon diantaranya:

1. Licin dan Ringan

Karakteristik paling khas yang membedakan kain shantung/katun rayon dengan bahan katun biasa adalah tekstur bahannya agak licin, ringan dan terkesan jatuh sehingga sangat nyaman dipakai untuk berbagai keperluan.

2. Mudah Menyerap Keringat

Kain shantung yang ada di Fitinline termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki kemapuan menyerap keringat sangat baik dan dapat mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembab.

3. Lembut dan Halus

Kelebihan lain dari kain kain shantung adalah teksturnya lebih lembut dan halus di kulit dibandingkan bahan katun biasa.

4. Bahannya Lebih Awet

Daya tahan kain shantung atau kain katun rayon lebih baik sehingga lebih awet dibandingkan dengan katun biasa. Warna dari kain shantung inipun juga tahan lama meskipun sering terkena paparan sinar matahari.

5. Tidak Menerawang

Kain shantung tidak tipis dan tidak menerawang, jadi sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pakaian tanpa perlu lagi menambahkan furing sebagai dalamannya.

6. Cocok Untuk Iklim Tropis

Kain shantung  cocok digunakan sebagai bahan pakaian untuk orang-orang yang tinggal di berbagai negara tropis seperti Indonesia karena kain ini dikenal cukup adem dan tidak panas di tubuh.

Pemanfaatan Kain Shantung

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri sandang kain shantung yang ada di Fitinline secara umum dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebut saja sebagai bahan dasar pembuatan gamis wanita, baju blus wanita, rok wanita, dress wanita, piyama wanita, baju daster dan juga tunik modern.

1. Gamis Wanita

Sebagai pelengkap gaya berhijab kain shantung/katun rayon dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama gamis wanita. Beberapa contoh model gamis wanita yang dapat dibuat dari kain katun flanel antara lain berupa:

  • Gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle.
  • Gamis wanita model lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan.
  • Gamis wanita full kancing yang didesain seperti layaknya blus tapi lebih panjang.

Kain Shantung

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Ingin membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola gamis dari kami.

2. Baju Blus Wanita

Baju blus wanita belakangan banyak yang dibuat dari kain kain shantung/katun rayon. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, baju blus wanita sendiri dapat dibuat dalam bentuk lengan panjang, lengan pendek bahkan tanpa lengan sama sekali.

Kain Shantung

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Ingin membuat baju blus wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI dari kami.

3. Rok Wanita

Rok wanita juga termasuk ke dalam jenis item fashion yang bisa dibuat dari kain shantung/katun rayon. Tidak hanya terbatas pada rok wanita yang dipakai untuk kesempatan casual, tapi kini banyak juga rok formal yang menggunakan kain shantung/katun rayon sebagai bahan utamanya.

Kain Shantung

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Dress Wanita

Buat anda yang ingin tampil lebih fenimin dalam balutan dress, mengenakan dress wanita yang dibuat dari kain shantung menjadi pilihan yang paling tepat. Terlebih lagi model dress wanita yang dibuat dari kain shantung inipun cukup bervariasi, sebut saja: 

  • Wrap dress berpotongan klasik yang dilengkapi dengan tali pada bagian pinggang.
  • Apron dress yang didesain menyerupai celemek.
  • Jumper dress yang didesain tanpa kerah dan lengan.
  • A-Line dress yang memiliki potongan sangat khas seperti huruf A.

Kain Shantung

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Piyama Wanita

Piyama merupakan salah satu produk pelengkap fashion wanita yang biasa dipakai untuk baju tidur. Bentuk paling standar dari baju tidur ini yaitu berupa baju berkancing depan yang dibuat dengan atau tanpa kerah, sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana.

Kain Shantung

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat piyama wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Piyama Wanita siap pakai dari kami.

6. Baju Daster

Baju daster juga termasuk ke dalam jenis busana wanita yang banyak diciptakan dari kain shantung/katun rayon. Baju daster yang dibuat dari kain shantung/katun rayon inipun tersedia dalam berbagai macam pilihan model yang sangat menarik, beberapa diantaranya:

  • Baju daster model sleeveless yang dibuat tanpa tambahan lengan.
  • Baju daster model loose yang memiliki bagian lengan lebih lebar dibandingkan dress biasa.
  • Baju daster model vintage yang biasa dihias dengan aksen kerut pada bagian lengannya sehingga terlihat bak busana kerajaan.
  • Baju daster model shirtdress yang dilengkapi dengan kerah dan biasanya dibuat dari bahan kain yang ringan.

Kain Shantung

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat daster sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Daster siap pakai dari kami.

7. Tunik Modern

Dengan karakteristik bahannya yang ringan, halus, lembut dan tidak menerawang kain shantung/katun rayon sangat cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan berbagai model tunik modern, sebut saja:

  • Tunik modern berdetail peplum yang dilengkapi dengan aksen mengembang dan penuh pada bagian bawah.
  • Tunik modern dengan potongan asimetris yang bisa anda pakai sebagai pakaian harian.
  • Tunik modern dengan model dress yang memiliki bentuk seperti layaknya dress tetapi sebenarnya adalah tunik.

Kain Shantung

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain shantung/katun rayon dan pemanfaatannya dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan kain shantung/katun rayon yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Butuh kain shantung/katun rayon berkualitas untuk membuat berbagai jenis pakaian wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Santung/Katun Rayon (NGR) kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.