Article

Homepage Article Desain Fesyen Simple Tapi Berkelas, Berikut…

Simple Tapi Berkelas, Berikut 10 Jenis Pakaian Wanita Nan Elegan Yang Cocok Dipakai Saat Kondangan

Butuh pakaian yang simple namun tetap terlihat keren untuk acara kondangan?. Khusus bagi anda para wanita yang mau tampil lebih gaya dan trendy saat menghadiri acara pesta pernikahan teman atau keluarga berikut kami rekomendasikan beberapa pakaian kondangan wanita yang bisa anda pilih untuk menyempurnakan penampilan.

Kaftan

Pakaian pertama yang bisa anda pilih untuk kondangan yakni berupa kaftan yang memiliki potongan longgar dan cukup panjang hingga mata kaki. Meski kerap diidentikkan dengan busana muslim wanita kaftan sendiri sebenarnya juga sangat cocok dikenakan untuk menghadiri acara formal seperti pesta pernikahan teman maupun saudara.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://www.hipwee.com/

Beberapa ciri paling menonjol yang membedakan kaftan dengan jenis pakaian wanita lainnya yaitu:

  1. Kaftan merupakan variasi dari jenis baju tunik wanita.
  2. Busana bergaya timur tengah ini sebagian besar diciptakan dalam warna yang lebih bervariasi dan cenderung glamour karena terdapat tambahan payet atau bordir di bagian dada, pinggang maupun garis tangannya.
  3. Berdasarkan desain dasarnya kaftan sendiri umumnya memiliki bentuk kotak tetapi ada pula yang dimodifikasi dan diberi tambahan efek kerut (draperi) pada bagian pinggang.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Tidak hanya dibuat dengan satu model saja tapi kaftan yang dipakai untuk kondangan umumnya juga tersedia dalam berbagai macam varian yang berbeda, beberapa diantaranya:

  1. Jika model kaftan jaman dulu kebanyakan dibuat lurus sekarang ada juga model kaftan modern yang dilengkapi dengan ikat pinggang.
  2. Untuk menciptakan variasi yang berbeda, beberapa model kaftan modern ada yang bagian lengannya dibuat lebih lebar alias besar.
  3. Kaftan dengan variasi hiasan manik-manik menjadi model kaftan berikutnya yang disukai banyak wanita.
  4. Manik-manik pada kaftan biasanya dapat diaplikasikan secara penuh dari leher hingga area dada.
  5. Selain itu ada juga model kaftan yang dilengkapi hiasan manik-manik di bagian perut atau pinggang.
  6. Bentuk lain dari variasi kaftan bisa dilihat dengan adanya tambahan kain yang memiliki tekstur atau motif berbeda pada bagian tiap ujung kaftan.
  7. Sebagai referensi hiasan lainnya beberapa jenis kaftan ada juga yang dihias dengan bordir. Warna bordir ini tentu harus dibuat berbeda dengan bahan dasar kaftan.

Buat anda yang tertarik untuk membuat kaftan sendiri tapi masih bingung bagaimana menggabar polanya anda bisa mendownload pola kaftan siap pakai dari kami lho.

  1. Pola Baju Kaftan Ala Sandra Dewi
  2. Pola Baju Kaftan Ala Dian Sastro

Gamis

Selain kaftan berikutnya ada baju gamis terusan panjang yang berpotongan lurus dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Jika di masa lalu model baju gamis itu hanya dibuat sederhana kini ada juga gamis modern yang dilengkapi dengan detail tertentu untuk mempercantik tampilannya.

Mencari gamis wanita yang cocok dipakai untuk menghadiri acara pernikahan tapi belum menemukan model dan ukuran yang tepat?. Kalau anda ingin membuat baju gamis modern secara custom maka perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut.

  1. Untuk masalah model atau desain gamis modern sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Usahakan untuk membuat desain model baju gamis modern yang cocok dengan usia anda agar tidak terlihat terlalu tua atau bahkan kekanak-kanakan.
  3. Buat baju gamis modern sesuai dengan bentuk tubuh, baik itu dari segi ukuran panjangnya, lingkar lengannya maupun lingkar badannya.
  4. Untuk alasan kenyamanan gunakan bahan gamis modern yang memiliki karakteristik lembut dan tidak panas ketika digunakan untuk waktu lama.
  5. Pilih penjahit baju gamis yang sudah terpercaya untuk menjahit gamis pesanan anda.
  6. Bila anda masih bingung ketika menentukan model gamisnya maka sebagai bahan pertimbangan anda bisa memilih model gamis ruffle, gamis lengan lonceng, gamis busui, gamis full kancing, gamis peplum, gamis cape, gamis ikat ataupun gamis layering.

Selain memesannya di penjahit anda juga bisa bereksperimen dengan membuat baju gamis modern sendiri menggunakan pola siap pakai dari Fitinline lho. Beberapa contoh pola gamis modern yang bisa anda jadikan sebagai acuan dalam menjahit pakaian kondangan wanita diantaranya:

  1. Pola Baju Gamis Ala Dian Sastro
  2. Pola Baju Gamis Wanita Model Lurus
  3. Pola Baju Gamis Wanita Model Berpinggang

Blus Brokat

Hadirkan pesona mewah dan elegan, blus wanita yang dibuat dari bahan kain brokat sangat cocok dikenakan untuk keperluan pesta ataupun kondangan. Tanpa harus menambahkan banyak detail yang ramai bahkan penampilan anda akan selalu terkesan mempesona walau hanya memakai pakaian kondangan wanita yang satu ini.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Buat anda yang ingin memakai blus brokat tapi masih bingung menentukan padupadannya maka anda bisa mencontek tips berikut.

  1. Blus brokat dengan kain batik memang menjadi perpaduan sempurna untuk menghadiri kondangan.
  2. Selain batik, kain songket juga menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk tampil gaya dan trendy ketika menghadiri acara pernikahan.
  3. Bagi anda para wanita muslim yang berhijab anda juga bisa bergaya simple dengan blus brokat yang dikombinasikan dengan rok plisket.
  4. Untuk menciptakan efek layering yang lebih modern, tidak ada salahnya bila sesekali mencoba untuk memadupadankan blus brokat dengan yang namanya kain lilit.
  5. Praktis dan nyaman, anda juga bisa memadukan pakaian kondangan wanita dengan model blus modern dari bahan brokat dan celana palazzo.
  6. Untuk pelengkap gaya penampilan, penggunaan kain jumputan yang variatif menjadi daya tarik tersendiri ketika dipadukan dengan blus brokat favorit.

Berencana untuk menghadiri acara kondangan tapi belum menemukan blus yang ukurannya tepat dan kalaupun ada modelnya kurang sesuai dengan yang keinginan anda?. Untuk mengatasi masalah tersebut mungkin ide menjahit blus brokat sendiri bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba.

Kalau mau tahu cara yang lebih mudah dan praktis untuk membuat pakaian kondangan wanita dengan model blus brokat maka anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Blus Brokat Yang Bisa Anda Coba. Untuk polanya anda bisa mendownload Pola Blus Brokat Ala Raisa.

Tunik

Biasa diidentikkan sebagai pakaian muslim wanita yang dipakai untuk kesempatan lebaran, busana wanita dengan model tunik yang berpotongan longgar dengan panjang hingga sebatas pinggul maupun paja juga bisa dijadikan outfit yang sempurna untuk menghadiri acara pernikahan teman maupun saudara.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://store.alvindayu.com/

Tapi ingat kalau mau memakai baju tunik wanita untuk keperluan kondangan pastikan pemilihan bahan, model dan ukurannya juga sudah sesuai dengan kebutuhan ya.

  1. Untuk alasan kenyamanan pastikan anda selalu memilih baju tunik yang dibuat dari bahan berkualitas dan tidak menimbulkan efek gerah saat dikenakan.
  2. Memilih motif tunik yang menarik menjadi hal penting berikutnya yang harus diperhatikan.
  3. Dari segi warna akan lebih baik jika anda memilih baju tunik wanita yang warnanya mudah untuk dipadupadankan dengan fashion item lainnya.
  4. Pilih pakaian kondangan wanita dengan model tunik terbaru agar penampilan anda semakin modis, stylish dan jauh dari kesan kuno.
  5. Hindari memilih baju tunik wanita yang memiliki potongan sepertiga lengan, sebagai gantinya gunakan tunik yang lengan panjang menutup hingga pergelangan tangan.
  6. Untuk alasan kesopanan sebaiknya pilih baju tunik wanita yang berpotongan lurus dalam artian tidak memiliki belahan samping baik itu di bagian samping kanan dan kirinya.

Beberapa tips padupadan baju tunik wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  1. Tunik yang besar dan longgar bisa dipadupadankan dengan celana polos.
  2. Jangan ragu untuk memadukan tunik wanita dengan celana kulot yang lebar untuk menambah kesan  tinggi.
  3. Tunik polos juga sangat cantik dipadukan dengan rok lilit dengan motif apapun sesuai dengan selera anda.
  4. Bila anda memiliki tunik berbahan brokat, satin atau maxmara maka anda bisa memadupadankannya dengan celana agar gaya kondangan makin chic dan nggak monoton.
  5. Tunik juga tetap cantik jika dipadukan dengan rok span maupun yang lebih longgar. Biar lebih keren anda juga bisa menambahkan belt kecil.
  6. Legging juga sangat cocok dijadikan pilihan saat anda memakai tunik yang memang longgar dan panjang menutup ¾ bagian kaki.
  7. Padupadan tunik dan rok plisket yang jatuh dan lebar juga menjadikan tampilan anda makin modis dan bebas bergerak.

Dress Wanita

Khusus untuk sahabat Fitinline yang suka berpenampilan feminim anda juga bisa tampil cantik dengan balutan dress ketika menghadiri acara kondangan. Beberapa contoh dress wanita yang bisa dipakai untuk keperluan kondangan diantaranya:

  1. Cocktail dress berdesain simple yang biasa dipakai untuk pelengkap acara semi formal seperti pesta pernikahan dan pesta ulang tahun.
  2. Maxi dress bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan.
  3. Empire dress yang memiliki perpotongan pinggang paling tinggi yakni pada bagian dada, kadang juga digambarkan sebagai gaun berpinggang tinggi.
  4. Princess seam dress yang didesain tanpa potongan jahitan pinggang. Sebaliknya korset dan rok pada dress ini dipotong dan dijahit bersama menggunakan jahitan vertikal.
  5. A-Line dress yang memiliki potongan sangat khas seperti huruf A. Berbeda dengan model dress lainnya bagian atas dari A-Line dress biasanya cenderung dibuat menyempit tapi bagian bawahnya semakin melebar.

Jumpsuit

Jumpsuit termasuk ke dalam jenis pakaian terusan yang diperoleh dari penggabungan blus dan celana panjang. Untuk memberikan kesan yang lebih elegan saat menghadiri acara kondangan pakai saja jumpsuit berlengan lebar yang dibuat dari bahan silk maupun satin agar tubuh anda juga terlihat ramping.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://www.bytimo.no/

Beberapa hal utama yang harus anda perhatikan ketika hendak membeli pakaian kondangan wanita dengan model jumpsuit diantaranya:

  1. Pilih jumpsuit yang ukurannya pas dengan badan anda dalam artian tidak kebesaran maupun kekecilan agar jumpsuit tersebut terasa lebih nyaman saat dikenakan.
  2. Sesuaikan warna dan motif jumpsuit dengan kebutuhan anda.
    • Jika anda ingin memadukan jumpsuit dengan jenis pakaian lain sebaiknya pilih jumpsuit yang berwarna polos.
    • Jika anda tidak ingin memadukan jumpsuit dengan pakaian lain sebaiknya pilih jumpsuit yang bermotif.
  3. Perhatikan proporsi jumpsuit terutama pada potongan bagian pinggangnya. Kalau bagian pinggangnya terlalu tinggi atau rendah yang ada ilusi tubuh anda jadi tidak proporsional.
  4. Pilih potongan leher jumpsuit yang pas misal V-neck atau off shoulder.
    • Jumpsuit dengan model V-neck akan membuat tubuh anda terihat lebih panjang.
    • Sedangkan jumpsuit off shoulder akan membuat bahu dan tangan lebih panjang.
  5. Supaya lebih yakin anda bisa mencoba sebelum memutuskan untuk membeli sebuah jumpsuit.

Kebaya Kutubaru

Kebaya kutu baru termasuk ke dalam jenis kebaya tradisional yang memiliki tambahan kain di bagian tengah sebagai penghubung antara sisi kiri dan sisi kanan kebaya. Desain dan potongannya yang begitu simple namun tetap terkesan istimewa akan membuat siapa saja yang mengenakannya jadi tampak anggun dan menawan.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://prelo.co.id/

Sedikit berbeda dengan pakaian kondangan wanita yang lainnya, dalam pemakaiannya kebaya kutu baru ini biasanya selalu dikenakan bersama dengan stagen atau korset. Meski terbilang rumit, dulu kebaya ini justru banyak dipakai untuk menciptakan siluet yang lebih ramping dan feminim pada tubuh wanita lho.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tertarik untuk mengenakan kebaya kutu baru sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat kondangan?. Simak uga pembahasan mengenai 7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Kebaya Kutu Baru. Kalau mau membuat kebaya kutu baru sendiri anda juga bisa mendownload Pola Kebaya Kutubaru dari kami.

Long Outwear

Long outerwear bermotif etnik yang memiliki potongan lebih panjang hingga ke betis bahkan mata kaki juga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menyempurnakan penampilan saat ke kondangan.

  1. Bila anda ingin memakai long outwear dengan motif etnik pastikan pakaian dalamnya berwarna polos ya agar tidak terlalu ramai.
  2. Kombinasi paling ideal yaitu dengan memadukan long outwear dibagian luar busana penutup tubuh bagian atas dan bawah yang didesain dalam bentuk terpisah.

Rok Batik

Khawatir mati gaya saat pergi ke kondangan atau menghadiri acara formal yang mengharuskan anda memakai kain batik. Untuk menunjang gaya penampilan anda supaya tetap terlihat modis dan stylish anda bisa mengenakan rok batik yang dimodifikasi menjadi rok lilit atau model rok batik lainnya.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://www.bobobobo.com/

Pleated Skirt

Dengan pleated skirt yang memiliki detail berlipit-lipit anda juga bisa tampil maksimal saat kondangan asal pemilihan padupadannya juga sudah tepat. Salah satu kelebihan dari rok ini yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping pada tubuh dan menambah kesan fenimin bagi setiap wanita yang mengenakannya.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://global.rakuten.com/

Buat anda yang masih suka bingung menentukan padupadannya intip tips sederhana sebagai berikut yuk.

  • Cobalah untuk mengkombinasikan tunik atau blus dengan rok plisket yang berwarna senada. Untuk menyempurnakan penampilan anda juga bisa menambahkan ikat pinggang agar tampak lebih manis.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://www.hipwee.com/

  • Selain tunik atau blus anda dapat memakai long outer yang berpotongan panjang. Perpaduan antara long outer dan rok plisket satu ini juga akan membuat hijab style anda makin kece.

Pakaian Kondangan Wanita

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai Aplikasi Lipit Plisket Pada Pakaian Lengkap Dengan Cara Mudah Untuk Membuat dan Merawatnya.

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa jenis pakaian kondangan wanita yang bisa anda pilih untuk menyempurnakan penampilan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.