Article

Homepage Article Desain Fesyen Sejarah Singkat Pakaian…

Sejarah Singkat Pakaian Taekwondo dan Nilai Filosofis Yang Tersembunyi Di Dalamnya

Tahu seni bela diri taekwondo?. Sahabat Fitinline pasti tahukan kalau taekwondo yang dieja “Tae Kwon Do” atau “Taekwon-Do” merupakan seni bela diri asal Korea yang juga menjadi olahraga nasional terpopuler di Korea bahkan dunia dan dipertandingkan di Olimpiade.

Pakaian Taekwondo

Sumber : https://www.indiamart.com/

Dalam berlatih taekwondo keberadaan seragam yang disebut disebut “dobok” atau “doh-bok” menjadi salah satu hal yang sangat penting. Model pakaian yang dikenakan untuk taekwondo sendiri konon terinspirasi dari pakaian tradisional Korea ” Han Dobok ” atau “Han-bok” yang sudah dimodifikasi dengan mengedepankan sisi fleksibilitas.

Pakaian Taekwondo

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Bentuk dobok yang digunakan untuk taekwondo sendiri umumnya memiliki 3 pola yang khas yakni:

  • Lingkaran (won) yang melambangkan surga.
  • Persegi (bang) yang melambangkan alun-alun atau areal yang luas (bumi).
  • Segitiga (kak) yang melambangkan manusia.

Ketiga simbol yang diintegrasikan kedalam satu desain pakaian tersebut adalah dasar dari alam semesta (samilshingo) menurut tradisi Korea.

Pola lingkaran terwujud kedalam bentuk bagian pinggang yang melingkar, pola persegi terwujud pada ujung lengan celana yang persegi, dan pola segitiga terwujud pada bagian pinggul yang berbentuk triangul araes atau segitiga.

Pakaian Taekwondo

Sumber : https://www.ebay.com/

Dalam teori yin-yang (keseimbangan) celana untuk taekwondo biasa disebut “yin” mewakili bumi sedangkan blus atau pakaian penutup tubuh bagian atas pada dobok disebut “yang” mewakili langit. Untuk sabuk yang mengikat keduanya (celana dan baju) mewakili “manusia” itu sendiri, mengambarkan jati diri pemakainya.

Pakaian Taekwondo

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Seiring berjalannya waktu dobok mengalami banyak perkembangan dalam variasi aksesorisnya meski tetap mempertahankan bentuk 3 dasarnya. Variasi tersebut seringkali terletak pada kerah yang berbentuk V dan memiliki warna sesuai tingkatan sabuk pemakainya.

  • Kerah putih digunakan untuk peserta penyandang sabuk warna putih hingga merah strip dua.
  • Kerah hitam-merah digunakan untuk peserta penyandang sabuk poom. Tingkat poom adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi masih junior usianya.
  • Kerah hitam digunakan untuk peserta penyandang sabuk hitam.

Pakaian Taekwondo

Sumber : https://www.asports.id/

Dari segi komposisi bahan dobok juga mengalami banyak perubahan. Kini dobok banyak dibuat dari campuran polyester dan katun. Komposisi polyester dan katun yang terdapat pada dobok, diyakini merupakan kombinasi terbaik untuk menciptakan pakaian yang mampu menyerap keringat tetapi juga ringan ketika dipakai.

Hal ini sesuai dengan sifat bahan polyester yang ringan tetapi kurang bisa menyerap keringat dan sifat bahan katun yang cepat menyerap keringat tetapi lebih berat.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.