Article

Homepage Article Fashion Design 12 Pakaian Olahraga Yang…

12 Pakaian Olahraga Yang Cocok Digunakan Untuk Pelengkap Gaya Casual Hingga Formal

Trend dunia mode tidak hanya terbatas pada gaun malam dan pakaian ready to wear yang berdesain eksklusif baik dari segi desain, ukuran hingga bahan. Namun dengan semakin bergesernya perkembangan fashion, kini ada pula trend pakaian olahraga yang dapat dikenakan untuk tampil lebih fashionable.

Mau tahu apa saja jenis-jenis pakain olahraga yang bisa dipakai sebagai pelengkap gaya penampilan sehari-hari?. Untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut kami bagikan pembahasan selengkapnya hanya untuk anda.

Sweatshirt

Sweatshirt yang memiliki potongan agak longgar merupakan pakaian yang awalnya didesain untuk membuat tubuh pemakainya berkeringat. Selain fungsi utamanya memang untuk olahraga, sweatshirt juga bisa dikenakan untuk memberikan kesan sporty pada penampilan anda sehari-hari. 

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.patagonia.ca/

Sweatpants

Berikutnya ada sweatpants, celana super nyaman yang biasa digunakan saat berolahraga. Ditinjau dari segi bentuk dan desain dasarnya, sweat pants sendiri secara umum memiliki potongan yang longgar dan tidak ketat sehingga mampu memberikan rasa nyaman saat dikenakan untuk beraktivitas.

Ciri paling khas yang membedakan sweat pants dengan model celana lainnya yaitu adanya tali karet di bagian pinggang yang memungkinkan sweat pants untuk dipakai dan dilepas dengan mudah. Beberapa model sweatpants ada juga yang dilengkapi tali karet di bagian pergelangan kaki.

Jika kebanyakan sweatpants dulunya lebih sering dipakai untuk olahraga, kini sweat pants yang banyak diciptakan dari bahan kain cotton dan kain fleece pada perkembangannya juga menjelma menjadi salah satu item fashion yang populer sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari yang trendy.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www2.hm.com/

Crop Top

Crop top merupakan jenis pakaian yang memiliki model menggantung tepat di atas pusar. Jika dulu model busana yang sangat identik dengan gaya casual ini lebih sering digunakan untuk joging atau ke gym, sekarang crop top juga bisa dikenakan untuk memberikan kesan feminim pada pemakainya.

Khusus untuk anda yang berhijab anda tidak perlu khawatir karena crop top ini juga bisa dimanfaatkan sebagai outwear atau pakaian luar.  Dengan memadupadankan crop top sebagai outwear dan kaos panjang sebagai dalamannya anda bisa tampil lebih sopan dan tetap menutup aurat.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Jumper Hoodie

Jumper hoodie merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan model pakaian pria dan wanita yang memiliki tudung bertali namun tidak memiliki ritsleting. Pakaian olahraga yang satu ini juga menjadi salah satu fashion item yang cocok dipakai untuk bergaya athleisure dalam setiap kesempatan lho.

  • Ketika siang hari jumper hoodie dapat dimanfaatkan sebagai pelindung kulit dari sengatan sinar ultraviolet.
  • Sementara pada saat malam hari jumper hoodie dapat digunakan sebagai pelindung tubuh dari cuaca dan udara malam yang ekstrim.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://shopee.co.id/

Berencana untuk membeli jumper hoodie namun masih bingung bagaimana cara memilihnya?. Sahabat Fitinline bisa menerapkan tips berikut ini.

  1. Pilih model dan potongan hoodie yang sesuai dengan bentuk tubuh. Sahabat Fitinline bebas memilih jumper hoodie dengan lengan raglan atau lengan biasa.
  2. Sesuaikan ukuran jumper atau jaket hoodie dengan ukuran badan anda.
  3. Untuk alasan kenyamanan pilih bahan hoodie yang berkualitas seperti bahan cotton fleece.
  4. Dalam memilih jumper hoodie sesuaikan warnanya dengan dengan warna kulit.
    • Warna kulit gelap sangat cocok jika menggunakan warna jaket yang lebih cerah.
    • Sebaliknya jika warna kulit cerah disarankan untuk mengggunakan warna jaket lebih gelap.

Lebih tertarik untuk membuat jumper hoodie sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola hoodie jumper untuk pria maupun wanita dari kami. Berikut beberapa pilihan pola yang bisa anda pakai.

Windbreaker Jacket

Windbreaker jacket dengan bahan yang ringan dan adem menjadi item fashion berikutnya yang sangat cocok jika dipakai untuk melakukan aktivitas olahraga ringan seperti jogging namun juga bisa dikenakan sebagai pelengkap gaya penampilan pria maupun wanita supaya makin keren. 

  1. Saat olahraga dipagi hari misalnya windbreaker jacket dapat melindungi diri anda dari semilir angin dan gerimis saat beraktivitas.
  2. Sementara saat hangout windbreaker jaket ini bisa dimanfaatkan untuk membuat penampilan jadi makin modis dan stylish.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.independenttradingco.com/

Berencana untuk membeli windbreaker jaket untuk keperluan sehari-hari?. Mungkin beberapa tips berikut ini bisa bermanfaat untuk anda.

  1. Perhatikan fitur-fitur ekstra dalam sebuah windbreaker, biasanya semakin banyak detail semakin berat pula jaket windbreaker tersebut.
  2. Pastikan lengan windbreaker cukup panjang untuk menutupi pergelangan tangan anda.
  3. Jika windbreaker menawarkan hoodie, pastikan ukurannya sesuai dan terasa nyaman di kepala anda.
  4. Pilih ukuran windbreaker jaket yang pas, dalam artian jangan terlalu sempit tapi jangan juga terlalu longgar.
  5. Khusus untuk bagian ritsleting, pastikan bagian dalamnya memiliki lapisan penutup.
  6. Windbreaker yang bagus seharusnya tidak memiliki sekat-sekat juga memberikan kemudahan pemakainya dalam menyesuaikan diri terhadap cuaca yang berubah-ubah.

Polo Shirt

Polo shirt bisa dikategorikan ke dalam jenis pakaian yang awalnya memang didesain untuk pakaian olahraga. Sebab tujuan awal pembuatan kaos polo pada masa itu sebenarnya adalah untuk menggantikan pakaian tenis yang sudah ada sebelumnya karena dianggap terlalu ketat, tertutup dan kurang nyaman.

Dari yang awalnya hanya dipakai untuk olahraga polo shirt selanjutnya mulai dikembangkan sebagai item pelengkap fashion yang trendy dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan formal maupun semi formal. Sebagai contoh untuk acara perusahaan, event dinas, promosi dan civitas akademika.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

Ingin mendapatkan bahan kain kaos berkualitas dengan harga murah untuk membuat polo shirt?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog kain kaos kami Di Sini.

Legging

Celana legging merupakan salah satu jenis celana yang biasanya dipakai untuk melakukan aktifitas olahraga yang ringan seperti halnya senam, yoga dan juga joging. Kehadiran berbagai macam model legging yang dijual dipasaran kini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wanita yang gemar mengoleksi legging.

  1. Ingin mengenakan leging sebagai celana andalan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah?. Untuk menjauhkan anda dari kesan salah kostum sahabat Fitinline bisa menerapkan tips berikut ini.
  2. Pahami betul tipe tubuh anda sebelum memutuskan untuk memilih legging.
  3. Pilih legging yang berbahan tebal supaya awet dan tidak mudah rusak meski sering dipakai dan dicuci berulang kali.
  4. Untuk alasan kenyamanan anda bisa memilih legging yang memiliki elastisitas cukup tinggi, seperti legging yang dibuat dari kain spandex, sintetis, katun dan wol.
  5. Pilih legging yang nyaman bukannya yang ketat. Pada umumnya legging tidak memiliki ukuran nomor tetapi hanya menggunakan sistem simbol seperti S, M, L.
  6. Sesuaikan warna legging dengan kebutuhan anda.
    • Legging warna hitam menjadi pilihan terbaik untuk menyembunyikan tubuh anda yang kurang menarik supaya terlihat lebih langsing.
    • Jenis legging yang berwana cerah bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin tampil lebih variatif.
  7. Untuk menyembunyikan kelebihan lemak di perut anda bisa memilih beberapa legging yang memiliki ban pinggang cukup tinggi.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.mooimom.id/

Jogger Pants

Tidak jauh berbeda dengan sweatpants, jogger pants yang memiliki potongan cukup unik dan berbeda dari model celana lainnya dulu juga lebih banyak dipakai untuk berolahraga. Selain lebih nyaman dan tidak membatasi ruang gerak pemakainya model celana yang satu ini juga terbilang cukup keren.

Pada awal kemunculannya, jogger pants banyak didesain dengan ukuran panjang tiga perempat dari bahan parasut atau fleece. Seiring berjalannya waktu jogger pants tersebut kemudian dimodifikasi menjadi celana panjang dan bahan kain yang digunakan pun berevolusi menjadi cotton twill seperti bahan celana chino.

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita, joger pants sendiri bisa dujumpai dalam dua macam model. Pertama jogger pants dengan karet halus dan yang kedua jogger pants dengan karet mengkerut.

  1. Jogger pants karet halus biasanya menggunakan karet yang halus, mirip-mirip seperti bahan yang digunakan untuk sweater pada lingkar tangannya.
  2. Sementara untuk joger pants dengan karet mengkerut bagian bawahnya dijahit menggunakan karet sehingga terlihat mengkerut.

Tertarik untuk mengenakan jogger pants sebagai pakaian anda sehari-hari?.

  1. Untuk acara yang sifatnya sangat formal anda bisa mengenakan model celana yang satu ini dengan kemeja dan sepatu pantofel.
  2. Bila anda ingin tampil sedikit semi formal padukan saja joger pants dengan polo shirt, kaos, sampai jaket.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Side Striped Pants

Mulai bosan jika harus mengenakan celana jeans berbahan kain denim untuk tampil stylish sepanjang waktu?. Untuk memperbaharui penampilan anda agar terlihat sedikit beda tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memakai side stripe pants yang memang terkenal sebagai pakaian olahraga.

Sekalipun dari segi desain lebih terkesan seperti model celana olahraga tapi dengan padupadan yang tepat anda juga bisa tampil keren dalam balutan side striped pants lho. Berikut beberapa tips padupadan side striped pants yang bisa anda coba.

  1. Cara paling aman yang bisa anda coba untuk tampil keren dengan side stripe pants yaitu padupadankan dengan koleksi busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan basic seperti t-shirt atau crop top.
  2. Untuk mendapatkan look yang menarik padukan side stripe pants dengan sweatshirt atau blus cantik kesayangan anda.
  3. Sentuhan outerwear juga bisa dijadikan andalan yang tepat untuk padu padan koleksi statement pants.
  4. Kalau anda mau tampil lebih sporty tinggal tambahkan sebagai alas kakinya. Tapi kalau anda ingin mendapatkan kesan yang lebih anggun pakai saja high heels.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.justfab.com/

Setelan Baju Olahraga

Setelan baju olahraga termasuk ke dalam model pakaian two piece yang biasa dibuat dari bahan yang sama antara atas dan bawahnya. Bagian atas dari setelan baju olahraga ini biasanya dapat dibuat menyerupai bentuk kaos sementara untuk penutup tubuh bagian bawahnya bisa berupa celana.

Pada dasarnya setelan baju olahraga memang sangat identik dengan tampilan sporty. Namun kini anda juga bisa mengkombinasikannya dengan high heels untuk tampil lebih feminim lho.

  1. Untuk menjamin rasa nyaman saat mengenakan setelan baju olahraga pastikan untuk selalu memilih jenis pakaian yang terbuat dari bahan kain berkualitas tinggi.
  2. Sebisa mungkin pilih bahan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik dan memiliki pori-pori longgar.
  3. Memakai setelan baju olahraga dengan warna favorit juga bisa menambah semangat dan kenyamanan anda dalam beraktifitas.
  4. Jangan memaksakan diri untuk memakai setelan baju olahraga yang ketat. Selain tidak nyaman model baju yang terlalu ketat juga berbahaya untuk kesehatan.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Topi Baseball

Topi baseball sampai saat ini masih menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Dari segi fungsi, topi baseball ini sudah bukan lagi sekedar pelindung dari sinar matahari namun juga dapat digunakan untuk menyempurnakan tampilan pemakainya.

Berdasarkan desain dasarnya topi baseball sendiri setidaknya dapat dijumpai dalam tiga model dan varian yakni dalam bentuk tipe standard, tipe straight dan short brim.

  1. Topi baseball tipe standar merupakan jenis topi yang memiliki lidah berbentuk melengkung dan panjang. Model topi semacam ini merupakan bentuk pertama yang dikenal sebagai topi baseball.
  2. Topi baseball tipe straight merupakan jenis topi yang memiliki lidah berbentuk lurus dan kaku. Model topi semacam ini banyak digunakan oleh para penyuka hiphop baik dancer, rapper, maupun disc jockey.
  3. Topi baseball tipe short brim merupakan jenis topi yang memiliki bentuk lidah cukup pendek. Model topi semacam ini sangat cocok digunakan untuk anda yang sudah bosan dengan bentuk topi konvensional.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://shopee.sg/

Sneakers

Sneakers merupakan jenis sepatu dengan sol fleksibel dari bahan karet atau bahan sintetis yang bagian atasnya terbuat dari kulit atau kanvas. Dengan bentuknya yang sedemikian unik sepatu sneakers ini memang sangat cocok dikenakan untuk berolahraga maupun digunakan untuk pelengkap gaya casual. 

Pakaian Olahraga

Sumber :  https://www.myntra.com/

Berkeinginan untuk membeli sneakers dalam waktu dekat?. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih sneakers simak dulu yuk beberapa tips sedehana yang bisa anda coba.

  1. Opsi terbaik untuk membeli sneakers yakni dengan datang langsung ke toko, tapi jika anda memutuskan untuk membeli secara online pastikan untuk memesannya pada store yang terpercaya.
  2. Selalu pilih ukuran sneakers pas dengan kaki anda karena ini adalah kunci penting yang mempengaruhi tingkat kenyamanan sepatu saat dikenakan.
  3. Pilih sneakers yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi agar sepatu yang anda miliki jadi lebih awet dan tahan lama.
  4. Bila anda ingin membeli sneakers dari brand ternama pastikan keaslian produknya.
  5. Jangan sampai mengorbankan tabungan anda untuk membeli sneakers yang melampaui batas kemampuan anda.

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis pakaian olahraga serta pakaian dengan tema sporty yang juga bisa anda pakai untuk aktifitas sehari-hari. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang info seputar desain fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.