Article

Homepage Article Fashion Design Sejarah Singkat Cufflink

Sejarah Singkat Cufflink

Cuff atau manset merupakan salah satu bagian penting dari lengan baju yang letaknya berdekatan dengan pergelangan tangan. Untuk mengencangkan manset tersebut orang-orang Eropa pada abad ke-17 biasa menggunakan karet, tali atau semacam pita yang terkesan simple namun terkesan kurang elegan. Melihat kenyataan tersebut para perancang busana pada masa itu kemudian berpikir keras buat untuk mencari bahan yang sesuai untuk menggantikan karet dan tali tersebut. 

Cufflink

Sumber : http://blog.hucklebury.com/

Pada awalnya mereka mulai menggunakan dua buah kancing dari bahan emas dan perak lengkap dengan aneka batu permata yang dilengkapi dengan rantai kecil. Bentuk dasar inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai cikal bakal terciptanya model cufflink modern yang bisa kita jumpai sampai saat ini. 

Cufflink

Sumber : http://www.wisegeek.com/

Seiring berjalannya waktu penggunaan cufflink tersebut mulai populer di kalangan bangsawan Perancis maupun Inggris. Meskipun pada perkembangannya banyak sekali model cufflink yang dibuat dari material yang berbeda dalam jumlah besar sehingga harganya jauh lebih terjangkau dan dapat digunakan oleh banyak orang.

Cufflink

Sumber : http://inspirationfeed.com/

Bentuk dan variasinya sendiri bermacam-macam dan dapat digunakan sesuai kemeja yang anda kenakan. Sesuai desain dan tujuan pemakaiannya, cufflink tersebut sebetulnya dirancang khusus untuk digunakan pada kemeja yang dilengkapi dengan french cuff.

Cufflink

Sumber : http://www.livestrong.com/

French cuff sendiri memiliki ukuran jauh lebih panjang dari manset kemeja pada umumnya dan harus dikenakan dengan cara dilipat agar dapat dipasangi cufflink. Kemeja jenis ini sangat sesuai jika dipakai pada acara resmi dan dapat dipadukan dengan jas atau blazer.

Cufflink

Sumber : http:// www.ebay.co.uk

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.