Article

Homepage Article Kain Sejarah Awal Ditemukannya…

Sejarah Awal Ditemukannya Ukuran Sepatu

Terbayang tidak apa jadinya jika sampai hari ini nomor ukuran sepatu belum juga ditemukan?. Pasti sahabat Fitinline akan sangat kesulitan untuk menemukan ukuran sepatu yang pas dengan kaki anda.

Hal ini tidak lain karena kebanyakan produsen sepatu pasti akan membuat sepatu sesuai ukuran yang mereka sukai tanpa mempedulikan standar baku, seperti yang terjadi di masa lalu. Di mana pada saat itu setiap jenis sepatu umumnya dibuat dalam 150 jenis ukuran karena standar baku ukuran sepatu belum ditemukan. 

Sejarah Ukuran Sepatu

Sumber : https://www.pexels.com/

Secara massal sepatu memang baru mulai dibuat tahun 1628 oleh Thomas Beard di Amerika. Sedangkan di Inggris pabrik sepatu baru didirikan tahun 1650, itupun proses pembuatannya juga masih dilakukan dengan cara manual. Sementara pabrik sepatu yang menggunakan peralatan mekanik baru berdiri tahun 1760 di Lynn, Massachussetts. 

Sejarah Ukuran Sepatu

Sumber : https://asphaltgold.de/

Pada sekitar tahun 1324 lalu Raja Edward II dari Inggris memang sempat membuat ukuran sepatu dengan membandingkan panjang helai jewawut (makanan sejenis sereal). Angka 10 yang digunakan untuk menyatakan nomor sepatu identik dengan panjang sepuluh helai jewawut yang dijajarkan.

Sejarah Ukuran Sepatu

Sumber : http://www.adidas.co.uk/

Untuk dapat digunakan sebagai ukuran yang lebih baku, pada perkembangannya ukuran satu helai jewawut tersebut kemudian disamakan dengan 1/3 inchi. Saat Goodyear mulai membangun pabrik sepatu di Inggris tahun 1871, ukuran berdasarkan perbandingan tersebut diadopsi dan dibakukan menjadi ukuran sepatu.

Sejarah Ukuran Sepatu

Sumber : http://hiphoptrending.com/

Berawal dari itulah, ukuran dari sebuah sepatu kemudian mulai dikembangkan dan dibuat standar sesuai dasar perhitungan di masing-masing wilayah. Sebab ada ukuran yang hanya mewakili panjang sepatu, tapi adapula ukuran yang dibuat untuk mewakili perbandingan panjang dan lebarnya.

Karena alasan itulah perhitungan ukuran sepatu di Amerika berbeda dengan di Inggris, berbeda pula dengan ukuran sepati di Jepang, Australia, dan juga Eropa.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat sepatu?. Sahabat Fitinline bisa mencoba menggunakan kain kanvas motif yang pasti sangat pas untuk anda.

Kain Kanvas Motif

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.